Sponsors Link

Mengenal 6 Desain Void Rumah 2 Lantai

Void merupakan sebuah ruangan kosong yang terletak di antara lantai bagian atas dengan lantai pada bagian bawah yang biasa digunakan sebagai jalur sirkulasi udara agar suhu ruangan tetap sejuk dan tidak panas. Penggunaan void juga dapat membantu mengatur sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Void sangat baik diaplikasikan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal, terutama pada rumah yang menempel dengan rumah sebelahnya. Bangunan rumah yang saling berdempet akan meminimalisir area dinding yang dapat dijadikan sebagai bukaan jendela. Untuk itu, void dapat diaplikasikan sebagai pengganti fungsi jendela tersebut.

ads

Pada bangunan rumah satu lantai, void digunakan supaya ruangan terkesan lebih luas dan lenggang. Untuk void rumah 2 lantai, aplikasi ini banyak digunakan dengan berbagai macam inovasi desain. Void banyak digunakan karena memiliki beberapa keuntungan yakni diantaranya adalah :

  • Dapat melakukan penghematan energi listrik di rumah karena void dapat dimanfaatkan menjadi jalur sinar matahari masuk ke dalam rumah. Sehingga penggunaan lampu dapat diminimalisir. Cocok sekali sebagai salah satu cara membangun rumah dengan dana minim bukan?
  • Selain penghematan penggunaan lampu, void juga dapat membantu Anda mengurangi penggunaan AC di dalam rumah karena void dapat menjaga udara tetap sejuk. Void dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi udara panas di dalam rumah.
  • Void juga diyakini membantu secara psikologis karena memiliki fungsi sosial yakni mengakrabkan penghuni rumah.

Gaya rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis memang kerap kali dihadirkan dengan elemen void di dalamnya. Karena void dipercaya memiliki magnet tersendiri yang dapat memikat para penghuni rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh desain void rumah 2 lantai, yaitu :

  1. Cahaya alami di ruang keluarga

desain void 1Dengan memberikan void seperti pada gambar di samping, maka ruang keluarga akan jauh lebih terang dengan penambahan cahaya alami. Penggunaan lampu jadi berkurang dan hanya berfokus pada area televisi. Dengan penambahan void ini, ruangan jadi terasa lebih lenggang dan luas. Selain itu, void juga berfungsi sebagai pengontrol pada bagian atas rumah.

  1. Ruang tamu yang megah dan indah

desain void 2Untuk menambah kesan mewah pada rumah, penempatan void yang besar dan megah sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu. Hal ini juga baik diterapkan pada desain rumah modern eropa. Dengan penggunaan void, maka sisi dinding dipasangi jendela penuh menambahkan kesan elegan ruangan. Serta dekorasi lampu gantung yang indah dan menawan menjadikan ruangan semakin mewah. Untuk Anda yang menginginkan cara menyulap rumah biasa menjadi mewah, penerapan void ini sangatlah disarankan.

Sponsors Link

  1. Desain void dapur yang unik

desain void 3Desain sebuah dapur tidaklah harus kaku dan monoton. Terkadang, dapur dianggap sebagai ruangan kotor di dalam sebuah rumah sehingga harus di sembunyikan. Padahal dapur memiliki daya tarik sendiri yang dapat ditonjolkan. Seperti halnya pada contoh desain pada gambar di samping. Dengan pemberian void pada area dapur, memberikan kesan elegan dan berkelas. Selain itu, dapur juga memiliki sirkulasi udara yang baik serta penerangan yang cukup. Selain itu, ruangan yang berada di atasnya juga memiliki akses untuk mengontrol aktivitas yang terjadi di dapur.

  1. Void bergaya industrial

desain void 4Tidak hanya konsep arsitektur modern tropis, konsep rumah mengusung gaya industrial juga mulai marak dalam dunia desain. Terlebih pada bangunan-bangunan di Indonesia. Gaya industrial yang sangat simple dan elegan dengan minim dekorasi memiliki daya tarik sendiri pada desain sebuah rumah. Untuk menambahkan sebuah void, Anda tentunya tidak perlu bingung. Seperti pada contoh di samping, area void rumah diberikan pada bagian tangga dan menerus pada ruang keluarga. Ide ini dapat diterapkan di berbagai rumah, termasuk rumah Anda! Terlebih jika Anda tidak memiliki banyak ruang untuk menciptakan void.

  1. Ruang kecil tidak menjadi masalah

desain void 5Jika rumah Anda tidak terlalu besar dan ingin membuat void, Anda tidak perlu khawatir! Pada dasarnya, void yang baik bukan terletak pada kecil atau besarnya void tersebut. Akan tetapi pada peletakkan void sehingga void bisa berperan dengan baik. Contohnya adalah seperti pada gambar di samping. Walaupun memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, rumah dirancang memiliki void yang cukup sebagai penerangan serta jalur sirkulasi udara dari luar. Selain itu, ruang yang kecil itu terkesan lebih lenggang dengan pemberian unsur void.

Sponsors Link

  1. Void pada rumah integrasi

desain void 6Jika rumah terlalu luas dan besar, terkadang muncul ruangan-ruangan transisi yang tidak sengaja ada. Seperti contohnya adalah ruangan transisi antara dapur dan ruang keluarga. Pemberian void dapat difungsikan sebagai penegasan zona dan privasi sebuah ruang tanpa harus memberikan sekat atau partisi tambahan sehingga ruangan menjadi sempit dan terhalang.

Demikianlah beberapa contoh dengan void rumah 2 lantai yang dapat Anda terapkan. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain