Sponsors Link

8 Cara Membersihkan Keramik Kasar

membersihkan keramik kasarKeramik adalah salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang dapat penempatannya sangat beragam. Tidak hanya difungsikan sebagai material pelapis lantai, namun keramik juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu material penutup dinding. Pemakaian kemarik banyak sekali ditemukan pada rumah minimalis sederhana dan juga desain rumah minimalis lainnya. Hal ini disebabkan oleh harga keramik yang sangat murah dan terjangkau, jika dibandingkan dengan material-material lainnya. Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan lantai keramik, namun tidak menutup fakta bahwa bahan ini sangat marak digunakan.

ads

Salah satu jenis keramik yang biasa digunakan adalah keramik yang memiliki permukaan kasar. Jika Anda memiliki keramik yang bertekstur kasar ataupun sedikit kasar, maka perawatannya akan sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan keramik yang memiliki permukaan halus. Keramik bertekstur kasar biasanya dimanfaatkan sebagai pelapis lantai pada area basah seperti kamar mandi dan juga teras rumah. Ada beberapa tips dan trik khusus yang dapat Anda lakukan supaya proses pembersihan tidak merusak keramik tersebut. Mau tahu? Berikut ini adalah cara membersihkan keramik kasar yang dapat Anda ketahui, simak!

  1. Menyikat lantai berkala

Cara membersihkan lantai keramik kasar yang pertama adalah dengan menyikatnya secara rutin. Penyikatan ini minimal dilakukan satu hari sekali atau dapat pula 3 kali dalam waktu satu minggu. Alat kebersihan rumah yang digunakan berupa sikat berbagan nylon yang dicampur dengan bubuk pembersih maupun cairan pembersih untuk lantai. Sikatlah secara menyeluruh dan jangan sanmpai meninggalkan bagian sudut lantai keramik. Setelah selesai disikat, jangan lupa bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering sebelum menggunakannya kembali.

  1. Mengatasi noda tumpahan

Kotoran yang dapat menempel pada lantai keramik dapat beragam. bisa berasal dari sampah sehari-hari, tumpukan debu dan juga dapat berasal dari noda tumpahan. Apabila Anda melihat lantai keramik rumah terkena noda tumpahan, segera bersihkan saat itu juga. Sebab apabila ditunda, noda akan mengeras dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Menyapu lantai secara rutin

Menyapu lantai adalah salah satu aktivitas rutin yang wajib dilakukan dalam membersihkan rumah tinggal. Tips menata rumah selalu rapi adalah dengan menghilangkan segara kotoran yang ada, maka dari itu kegiatan menyapu menjadi penting. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran seperti butiran pasir yang dapat menyebabkan goresan permukaan keramik kasar.

  1. Pel lantai secara menyeluruh

Tidak hanya menyapu rumah, namun kegiatan mengepel juga penting. Sebab dengan menyapu saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel. Anda dapat menggunakan campuran air bersih dengan cairan pembersih lantai untuk mengepel. Namun masukan cairan tersebut secukupnya saja, sebab apabila kadar terlalu berlebih justru dapat meninggalkan sisa detergen yang mengakibatkan lantai menjadi lengket dan mudah terkena kotoran. Pastikan Anda menggunakan pel yang memiliki daya serap tinggi serta seluruh permukaan keramik kasar benar-benar dibasuh hingga bersih.

Sponsors Link

  1. Memilih bahan pembersih yang tepat

Dalam menggunakan cairan pembersih lantai, ternyata Anda tidak boleh memilih sembrangan produk. Anda juga perlu memerikan kandungan asam yang dimiliki produk tersebut. Jangan menggunakan cairan pembersih yang memiliki kandungan asam tinggi, sebab dapat mengakibatkan lapisan glazur keramik terkikis. Pada akhirnya keramik tidak dapat mengkilap seperti sedia kala. Jika menggunakan cairan yang mengandung asam pun, Anda juga perlu mencampurnya dengan air sebelum dipakai.

  1. Mengkilapkan lantai

Cara yang dilakukan untuk mengkilapkan kembali lantai adalah dengan menggunakan alat pembersih yang lembut. Jangan gunakan alat pembersih yang bersifat abrasive karena dapat merusak permukaan keramik. Namun apabila Anda sudah terlanjur memilikinya, gunakan alat tersebut perlahan dan tidak terlalu kasar.

  1. Pilih bagian pinggir terlebih dahulu

Mengepel yang baik dapat dimulai dari bagian pinggir terlebih dahulum baru setelah itu ke bagian sudut terjauh dengan mundur perlahan secara berkesinambungan. Jangan lupa untuk mengganti air beberapa kali apabila sudah terlihat keruh dan kotor.

Sponsors Link

  1. Mengatasi lantai berkerak

Lantai keramik yang lebih sering terkena air serta sinar matahari langsung cenderung lebih mudah terkena kotor dan juga kerak. Contohnya adalah lantai pada bagian teras rumah dan kamar mandi. Apabila lantai keramik kasar di rumah Anda terdapat kerak, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengepel. Apabila tidak bersih juga, maka kerak tersebut harus dikeruk dengan menggunakan sikat atau pun spon. Apabila kotoran berhasil dibersihkan, segera bilas lantai dengan menggunakan cairan pembersih.

Menjaga rumah tetap bersih adalah suatu keharusan untuk mewujudkan ciri-ciri rumah sehat. Cara yang dapat dilakukan yakni melalui pembersihan lantai rumah. Lantai keramik memang memiliki motif indah dan beragam, namun dapat menjadi tidak bernilai apabila lantai tersebut kotor dan tidak pernah dibersihkan. Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara membersihkan keramik kasar. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan