Sponsors Link

Mengenal 6 Cara Membuat Tirai dari Sedotan

tirai dari sedotanMenyulap rumah biasanya menjadi mewah mungkin dapat dilakukan dengan banyak cara, beberapa diantaranya dapat melihat dari material penutup dinding yang digunakan, warna cat rumah elegan ataupun jenis-jenis lantai yang dipilih. Namun menghias berbagai jenis-jenis rumah tinggal dapat dilakukan dengan banyak cara, lho! Salah satunya adalah dengan menghias jenis tirai jendela yang ada di rumah dengan menggunakan sedotan. Sedotan merupakan salah satu bahan serba guna yang umumnya digunakan sebagai alat bantu menyedot minuman. Namun siapa sangka bahwa bahan sederhana ini dapat digunakan untuk membuat tirai jendela.

ads

Cara membuat tirai dari sedotan sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Namun sebelum itu, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar alat dan bahannya, simak:

  • Sedotan warna warni.
  • Benang wol secukupnya.
  • Botol minuman (bekas yang masih layak pakai).
  • Paku pin warna warni.
  • Gunting.
  • Penggaris.
  • Benang.
  • Dan lain-lainnya.

Setelah semua alat dan bahan telah selesai dikumpulkan, selanjutnya adalah proses pembuatan. Berikut ini adalah cara membuat tirai dari sedotan yang baik dan benar, yakni:

  1. Membersihkan sedotan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam membuat tirai dari sedotan adalah dengan membersihkan sedotan yang digunakan terlebih dahulu. Terlebih jika Anda menggunakan sedotan bekas, maka yang proses pembersihan harus dilakukan secara merata. Setelah dicuci dengan air bersih, sedotan dapat dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian digunakan.

  1. Memotong sesuai dengan ukuran

Selama sedotan dalam masa pengeringan, Anda dapat beralih pada benang wol. Untuk membuat tirai dari sedotan Anda perlu menyesuaikan panjang benang dengan tirai yang akan dibuat. Anda dapat mencocokan ukurannya dengan setinggi daun pintu atau bahkan hanya sebagian saja.

Sedotan yang sudah kering kemudian dapat di potong. Potonglah dengan ukuran yang seragam agar akhirnya terlihat lebih rapi dan indah. Misalnya dengan memotong sedotan kira-kira 5 cm.

  1. Memasukan sedotan

Setelah benang wol telah selesai disiapkan, begitu pula dengan sedotan, selanjutnya Anda dapat memasukan sedotan warna-warni tersebut ke dalam benang wol. Susunlah warna tersebut menjadi urutan yang indah atau dapat membentuk pola tertentu. Atau Anda juga dapat menggunakan pola acak agar tampilannya lebih menarik.

Sebagai hiasan, Anda juga dapat menambahkan dekorasi lainnya seperti manik-manik, pembatas antar sedotan dan sebagainya. Anda dapat berkreasi sesuka dan semenarik mungkin!

Sponsors Link

  1. Mengikat ujung tali

Ketika sedang memasukan sedotan ke dalam benang, jangan lupa untuk mengikat bagian ujung tali benang wol. Hal ini ditujukan agar sedotan tidak jatuh ke bawah hingga akhirnya merusak tirai yang telah selesai dibuat.

  1. Merangkai sedotan

Desain tirai sedotan sebenarnya beragam, ada yang rapat dan juga jarang-jarang atau longgar. Apabila Anda ingin membuat tirai sedotan yang rapat, maka Anda perlu menyiapkan sedotan warna-warni dalam jumlah yang cukup banyak. Sebab rangkaian sedotan yang Anda butuhkan akan lebih banyak juga supaya tampilannya terlihat lebih rapat.

  1. Menggabungkan sedotan

Sedotan yang telah tersusun dengan rapi kemudian disatukan satu sama lain. Hasil susunan ini dapat dimasukan ke dalam sebuah bilang kayu atau bambu. Ketinggian tirai bisa sama satu sama lain, atau ketinggiannya bisa Anda kreasikan kembali. Tirai ini kemudian diletakkan pada bagian atas pintu. Wala! Tirai jendela dari sedotan telah siap digunakan.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat tirai dari sedotan yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik