Sponsors Link

Mengenal Pergola Rumah, Fungsi dan Manfaatnya!

pergola rumahPergola sebenarnya merupakan bagian dari berbagai jenis-jenis rumah tinggal, yang memiliki fungsi sebagai peneduh dari panas dan silau matahari. Meskipun memiliki fungsi yang serupa dengan kanopi, namun pergola dan kanopi bukanlah dua hal yang sama. Kanopi cenderung selalu menyatu dengan bangunan rumah tinggal, sedangkan pergola tidak harus menyatu secara langsung. Apabila pada jenis-jenis kanopi rumah biasanya menggunakan bahan-bahan genteng atau yang lainnya, pergola rumah justru memanfaatkan tanaman rambat sebagai penutupnya.

ads

Memang, tujuan pembuatan kanopi dengan pergola ini memiliki beberapa perbedaan. Secara fungsionalitas, kanopi ditujukan untuk menghalau panas serta hujan. Namun bagi pergola hanya untuk melindungi dari panas saja. Selain itu, pergola juga memiliki daya tarik estetika yang membantu menyejukan halaman rumah. Memiliki pergola di halaman rumah tentunya akan semakin indah bila dihiasi dengan tanaman penuh dan berbagai jenis bunga untuk taman. Namun tidak semua jenis tanaman akan cocok digunakan pada pergola rumah. Tipe tanaman rambatlah yang paling sesuai dengan karakteristik pergola. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang dapat Anda gunakan, yakni:

  1. Flame of irian

Mucuna novo-guineensis atau Flame of Irian atau yang dikenal juga dengan sebutan Red Jade Vive ini, merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam genus Mucuna. Tanaman ini berasal dari Papua (Irian Jaya dan Papua New Guinea), namun yang berasal dari Amerika Selatan kerap kali dikenal dengan sebutan Mucuna bennerttii. Jenis tanaman pergola ini biasanya digunakan pada area taman yang luas serta meningkatkan keindahan estetika taman.

  1. Wisteria atau Glycine

Memiliki nama latin wisteria sinensis, tamanan ini dapat mengeluarkan bunga yang indah pada awal musim semi, yakni sekitar bulan april hingga bulan mei. Pada tahap awalnya, bagian yang keluar hanyalah bunga-bunga pada cabang, tanpa adanya daun sedikitpun namun hanya bunga yang menggantung. Namun setelah sekitar 10 hari berlalu, munculah daun-daun muda di sekitarnya. Jika Anda menyukai jenis ini, terdapat dua pilihan warna yang dapat digunakan, yakni warna ungu dan putih. Warna bunga ini dapat dipadukan dengan jenis rumput taman serta warna cat rumah yang indah dan sejuk yang telah diaplikasikan.

  1. Tanaman alamanda

Jika dilihat secara sekilas, memang tanaman alamanda sangat mirip dengan tanaman mandevilla. Namun sebenarnya kedua jenis tanaman ini dapat dibedakan dari bentuk kelopaknya. Tanaman alamanda memiliki pilihan warna kuning atau merah muda yang dapat tumbuh secara lebat. Biasanya tanaman ini digunakan pada pagar tanaman rumah. Namun tanaman ini sangat fleksibel dan dapat pula digunakan sebagai pergola. Pastikan struktur pergola Anda sangat kuat, karena tanaman ini sangat lebat dalam pertumbuhannya.  

  1. Shower orchid

Sebagai tanaman pergola rumah, keunggulan yang dimiliki oleh shower orchid adalah kelopak bunganya yang tidak mudah rontok. Selain itu, proses penanaman dan perawatan tanaman ini sangatlah mudah, lho! Sebab Anda hanya butuh melakukan pemupukan selama 4 bulan sekali. Meski memiliki nama orchid, ingatlah bahwa tanaman ini tidak termasuk pada jenis tanaman anggrek. Selain itu, tanaman ini sangat menyukai panas dan cocok digunakan untuk meredam sinar matahari yang datang.

Sponsors Link

  1. Hedera

Tanaman hedera dipercaya sebagai salah satu tanaman pembersih udara. Tumbuhan ini juga terdiri dari berbagai jenis spesias, yakni yang berdaun hijau mengkilap, daun agak panjang, hingga berdaun hijau yang memiliki corak putih. Sebernanya tanaman ini lebih sering digunakan sebagai tanaman gantung. Akan tetapi tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pergola rumah dan tanaman hias rambat atap.

Pembuatan kanopi sendiri dapat memanfaatkan berbagai material, namun pergola biasanya lebih dominan menggunakan jenis kayu kontruksi sebagai struktur utamanya. Selain itu material yang dipilih juga harus termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap, agar pergola dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hingga saat ini, perkembangan pergola rumah terus dilakukan. Salah satunya dapat terlihat dari variasi material pergola yang kini juga dapat memanfaatkan bahan beton atau metal. Hal terpenting dari pembangunan pergola itu sendiri adalah dapat menghasilkan nuansa yang alami meskipun pergola bukan kebutuhan utama dalam bangunan rumah tinggal.

Ketika Anda hendak membangun sebuah pergola di halaman rumah, hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara mengatur tanaman rambat hias yang baik dan benar. Jangan sampai tanaman ini terlalu rimbun, karena justru dapat menghalangi sinar matahari yang masuk ke dalam pergola. Posisi peletakkan pergola juga harus ideal agar tidak menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Sebagai dekorasi tambahan, Anda dapat menggunakan lampu-lampu yang diletakkan pada dinding atau dikaitkan di bagian samping pergola. Penambahan ini akan meningkatkan keindahan pergola rumah pada malam hari.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai pergola rumah yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik