Sponsors Link

4 Cara Menata Kamar Kost yang Sempit

Setelah membahas mengenai cara mengurus IMB untuk renovasi rumah, maka sekarang kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menata kamar kost yang sempit sehingga akan membuat teman atau saudara yang datang ke kamar anda merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

ads

Memiliki kamar kost yang luas tentu merupakan impian setiap orang karena akan membuat kita bisa bebas meletakkan barang-barang yang kita inginkan, namun ternyata dengan kamar kost yang memiliki ruangan besar, maka biaya yang harus kita keluarkan juga tidak sedikit alias mahal.

Terlebih lagi jika mahasiswa atau orang yang menyewa kamar kost tersebut tidak memiliki banyak dana, akhirnya mau tidak mau harus mencari kamar kost yang memiliki ruangan tidak terlalu luas.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena meskipun kamar kost anda sempit, dan di sisi lain anda memiliki barang yang cukup banyak, anda masih bisa menata kamar kost anda agar tetap terlihat rapi dan indah sehingga akan membuat siapapun yang datang ke kamar anda tersebut bisa betah berlama-lama di sana.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menata kamar kost yang sempit, kami ingin membagikan informasi lainnya kepada anda yakni kesalahan dalam desain interior dan juga desain kamar tidur utama.

1. Mengatur tempat tidur

Mengatur tempat tidur

Cara menata kamar kost yang sempit adalah dengan mengatur tempat tidur anda terlebih dahulu. Kasur merupakan perabotan yang paling penting anda perhatikan karena barang inilah yang menjadi faktor utama kenyamanan anda di kamar anda tersebut.

Anda harus mulai menata kasur yang anda gunakan tersebut yakni dengan cara menyesuaikannya dengan ukuran kamar kost anda. Hal ini juga termasuk ke dalam salah satu tips menata kamar tidur yang sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu. Kami sarankan agar anda memilih kasur yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu bertumpuk atau bukan double bed karena tentu kasur tersebut malah akan memberikan kesan ruangan anda semakin sempit dan pengap. Atau untuk memberikan space atau ruangan yang lebih besar, mungkin anda bisa mulai mencoba untuk menggunakan kasur susun jika memang kamar kost anda berisi dua orang.

2. Memperhatikan peletakkan lemari

Memperhatikan peletakkan lemari

Peletakan lemari menjadi salah satu faktor yang juga harus anda perhatikan karena merupakan salah satu cara menata kamar tidur agar tidak memberikan kesan pengap meskipun sebenarnya ukuran kamar kost anda sendiri tidak terlalu besar.

Sama halnya ketika anda memilih kasur untuk kamar kost anda, anda juga harus memastikan bahwa lemari yang anda gunakan tidak memiliki ukuran yang terlalu besar karena jika memakan banyak ruang dengan kondisi kamar kost yang sempit, bisa anda bayangkan sendiri nanti kamar kost anda akan jadi seperti apa.

Lantas bagaimana jika ternyata kita memiliki banyak barang? Karena itulah penting bagi anda agar mempelajari cara menata barang di rumah sempit karena tentu anda harus memikirkan alternatif lain untuk penyimpanan barang-barang anda tersebut selain menggunakan lemari. Ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan, seperti dengan mengatur peletakkan baju dan bisa membuat alat penyimpanan sendiri dengan memanfaatkan jendela maupun bagian lain yang ada di kamar kost anda.

3. Tidak menaruh semua barang menjadi satu

Tidak menaruh semua barang menjadi satu

Cara ketiga untuk mengatur kamar kost yang memiliki ukuran sempit adalah dengan tidak menaruh semua barang menjadi satu. Kebiasaan meletakkan barang menjadi satu meskipun terkadang dilakukan oleh wanita, namun paling sering dilakukan oleh pria.

Menumpuk barang menjadi satu akan membuat ruangan di kamar kost anda menjadi sempit, pengap, dan malah akan memberikan kesan bahwa kamar kost anda tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri rumah tidak sehat yang akan membuat siapapun yang datang ke rumah anda tidak betah berlama-lama di dalam kamar kost.


Oleh sebab itu, kami tidak menyarankan agar anda meletakkan barang-barang anda menjadi satu sehingga kemudian akan membuat kamar anda semakin sempit. Namun, anda bisa meletakkan barang-barang yang sering anda gunakan di dalam lemari seperti baju, tas, maupun sepatu. Bagaimana dengan barang yang jarang dipakai? Tentu anda bisa membuat alat penyimpanan sendiri atau anda bisa meletakkan di dalam tas atau koper anda. Jika barang tersebut bisa diletakkan di luar, maka lebih baik anda letakkan di luar kamar kost anda asalkan memang kondisinya aman.

4. Memperhatikan peletakkan meja rias

Memperhatikan peletakkan meja rias

Untuk tips yang keempat ini kami rekomendasikan hanya untuk wanita yang kamar kostnya sempit, namun ia ingin meletakkan meja rias di dalamnya. Perabotan yang satu ini tentu sangat penting karena ibarat semua persenjataan mereka ada di sini.

Akan tetapi, tidak memperhatikan peletakkan meja rias atau membeli meja rias yang tidak sesuai dengan ukuran kamar, maka akan terkesan sia-sia karena akan membuat kamar kost anda semakin sempit yang akan memberikan rasa tidak nyaman bagi siapapun yang ada di kamar anda.

Bagi anda yang ingin meletakkan meja rias, maka kami sarankan agar supaya anda tidak mewujudkan impian anda tersebut. Kenapa? Karena anda masih bisa memanfaatkan lemari sebagai meja rias anda karena di pintu lemari biasanya sudah terdapat cermin atau jika belum ada, maka anda anda bisa menambahkan cermin sendiri pada bagian depan lemari anda tersebut.

Kemudian, untuk meletakkan peralatan rias anda. Ada dua opsi yang bisa anda gunakan. Anda bisa memanfaatkan rak lemari anda dengan melakukan sedikit perubahan, namun hal ini hanya boleh anda lakukan ketika anda sudah memiliki barang-barang penting yang harus diletakkan di lemari.

Opsi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli kota make-up yang bisa anda dapatkan, baik dengan melalui online maupu anda bisa membelinya langsung di toko kecantikan. Dengan membelin kota make-up, maka anda tidak perlu harus menyiapkan kaca lagi karena kaca sudah anda dapatkan dalam kota make-up yang anda beli tersebut.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara menata kamar kost yang sempit. Semoga bermanfaat di dalam membantu anda mengatur kamar kost anda sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk anda dan orang lain.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik