Sponsors Link

6 Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas yang Mudah dan Murah

Rumah dengan ukuran yang kecil mulai menarik perhatian beberapa orang di Indonesia. Hal ini dikarenakan harga rumah minimalis sederhana yang lebih terjangkau, pas di kantong keluarga muda ataupun keluarga kecil. Selain itu keterbatasan lahan rumah yang terjadi saat ini juga membuat beberapa orang mengandalkan rumah kecil sebagai solusi.

ads

Sempitnya rumah membuat pembagian ruangan di dalam juga semakin terbatas. Ada kalanya tiap ruang tersebut membuat gerak menjadi tidak leluasa, terlebih jika perabot yang digunakan juga berlebih. Selain membuat gerak menjadi terbatas, ruang sempit ternyata juga berpengaruh lho terhadap kesehatan psikologis penghuninya. Ruang sempit dan keterbatasan gerak dapat meningkatkan stress

Nah, meskipun rumah kecil ada cara untuk mengatasi ruangannya yang terasa sempit. Faktor yang memperngaruhi bisa saja warna, pemilihan perabot hingga motif ruangan yang dipilih. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa solusi desain rumah type 36 agar terlihat luas yang mudah dan biaya yang dikeluarkan pun terjangkau.

1. Perbanyak bukaan

Bukaan seperti jendela dapat membuat ruangan menjadi terasa lebih luas. Dengan bukaan berarti kesan yang didapat adalah kesatuan ruang dengan area luar ruangan. Pencahayaan alami dan udara yang masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan rasa nyaman dan lapang bagi penghuni di dalamnya. Anda juga bisa menerapkan menata dapur kecil tanpa kitchen set untuk dapur mini yang ditambah dengan banyak jendela.

2. Pilih warna terang

Memilih warna dapat mempengaruhi suasana ruang yang ingin ditampilkan, pun juga berpengaruh langsung terhadap kesan luas atau tidaknya ruang secara keseluruhan. Pertama tentu saja warna cat dinding ruangan, pemilihan warna penutup lantai dan warna plafon. Selanjutnya adalah pemilihan warna perabot dan dekorasi tambahan.

Untuk dinding, ketahui warna cat rumah agar terlihat luas. Lantai dan plafon yang memiliki luasan lebar ada baiknya untuk memilih warna terang agar ruang terasa lebih lapang. Warna yang gelap akan membuat ruangan jadi terlihat lebih sempit, terlebih lagi jika diaplikasikan pada 3 area tersebut. Warna yang menjadi solusi di antaranya adalah putih, krem, abu muda, beige, kuning pucat dan beberapa warna pastel lainnya. Sedangkan untuk furniturpun ada baiknya mengikuti. Pastikan menerapkan cat dasar tembok agar warna putih yang dihasilkan solid.

Warna gelap dapat diaplikasikan hanya sebagai aksen di beberapa tempat tertentu. Semisal sarung bantal, salah satu rak dapur atau salah satu sisi dinding agar ruangan tidak terkesan terlalu monoton. Ketahui juga tips memilih cat yang bagus untuk kamar tidur.

3. Kurangi batas

Rumah kecil type 36 akan terasa semakin luas jika tidak menggunakan banyak dinding yang dapat membuat jarak pandang menjadi semakin terbatas. Tapi bukan berarti tanpa dinding sama sekali ya. Anda dapat mengurangi dinding antara ruang makan dengan ruang keluarga misalnya salah satunya dengan cara menata ruang makan minimalis yang bisa berfungsi ganda. Selain dinding, hindari juga penggunaan partisi yang juga mengurangi jarak pandang.

Tak hanya batas yang masif seperti dinding dan partisi, perbedaan pola lantai pun juga termasuk ke dalam batas. Semisal dapur dan ruang makan menggunakan lantai berbeda yakni kayu dan keramik. Untuk membuat ruangan lebih luas, Anda dapat mengganti kedua ruangan tersebut menjadi satu pola lantai yang sama, menggunakan parket kayu saja atau keramik saja.

4. Gunakan perabot multifungsi

Perabot multifungsi merupakan ide cemerlang untuk digunakan untuk cara menata ruangan rumah  type 36 agar terasa lebih luas. Misalnya saja sofa yang juga dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Perabot ini dapat diletakkan di ruang TV dan dapat digunakan jika Anda kedatangan tamu untuk menginap.

Selain memilih perabot yang multifungsi, pastikan juga bahwa furnitur tersebut dirasa praktis dan memiliki tampilan serta berat yang ringan. Praktis di sini dilihat juga dari bentuk desainnya. Desain yang praktis cenderung sederhana, sesuai dengan fungsi, tidak menggunakan banyak ornamen, ukiran atau tambahan bagian yang tidak perlu. Sebagai contoh adalah meja bundar berkaki 4 dengan bentuk kaki tipis, tanpa laci.


Selain itu jumlah barang juga mengikuti. Sudah memilih perabot multifungsi dan praktis, namun banyak adalah kesalahan yang juga fatal. Gunakan saja barang yang memang diperlukan dan digunakan untuk sehari-hari. Hindari memilih perabot yang jarang digunakan, seperti misalnya side table untuk tempat lampu duduk. Dua-duanya tidak perlu jika di ruangan tersebut memang sudah ada lampu kan?

5. Maksimalkan sudut ruang

Sudut ruang yang tidak terisi dapat dimanfaatkan secara penuh agar tidak mubadzir. Anda dapat meletakkan rak buku yang tidak hanya digunakan untuk menyimpan buku tapi juga beberapa kebutuhan yang lain. Sudut area dapur bagian atas juga dapat ditempatkan kabinet sudut untuk menyimpan kebutuhan dapur atau rak piring kering. Dengan begitu tidak akan banyak barang yang tercecer di rumah Anda dan memakan tempat, sesuai dengan tips menata dapur agar lebih rapi dan nyaman. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sirkulasi adalah area yang memakan space terlalu banyak. Penggunaan rak pojok tentu tidak banyak memakan sirkulasi di dalam rumah dan membuat rumah terlihat semakin lapang.

6. Minimalisasi dekorasi dan aksesori ruang

Ruang yang sempit juga akan lebih luas jika tidak terlalu banyak menggunakan aksesori. Hindari kesalahan dalam desain interior dengan mengurangi penggunaan vas yang tidak perlu atau tidak terlalu berfungsi besar, foto yang terlalu banyak hingga aksesori-aksesori tertentu. Termasuk ke dalam kategori ini adalah karpet. Jika memang ingin menggunakan karpet, tidak perlu di semua ruangan. Pilih juga karpet yang tidak memiliki terlalu banyak warna dan motif agar ruangan tidak terkesan berat.

Selain itu pemilihan lampu sebagai dekorasi juga perlu dipertimbangkan bentuk dan ukurannya. Untuk ruang sempit, hindari lampu gantung yang cenderung banyak digunakan di rumah klasik yang besar. Anda dapat menggunakan lampu gantung minimalis yang praktis namun sinarnya dapat memenuhi seisi ruangan.

Itulah tadi langkah untuk 6 desain rumah type 36 agar terlihat luas yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Solusi tersebut tidak perlu diterapkan semua dalam satu ruangan, cukup pilih 2 hingga 3 ide pada setiap ruangan di rumah Anda.

Sesuaikan pula ide tersebut dengan fungsi ruangan yang dipilih agar semakin tepat penggunaannya dan ruangan menjadi semakin nyaman. Alternatif lain adalah dengan mempelajari desain rumah minimalis. Selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Desain