Sponsors Link

9 Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur Paling Tepat

Sponsors Link

Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur merupakan ruang istirahat bagi kamu setelah seharian menjalani aktivitas. Kamar tidur juga sebagai tempat yang paling privat untuk diri sendiri dari pada ruang lainnya di rumah kamu. Untuk itu memilih warna yang bagus sesuai dengan kepribadian kamu adalah hal yang juga penting untuk diaplikasikan sebagaimana kamu pengantin baru yang harus memiliki peralatan rumah tangga yang penting. Yup, ternyata memilih warna yang cocok untuk ruang privasi sendiri tergantung pada sifat dan karakter masing – masing orang. Apabila kamu menyukai sesuatu yang kalem maka warna kalem juga yang cocok buat anda.

ads

Baca Juga :

Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur

Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar TidurSelain itu, warna cat kamar akan mempengaruhi kualitas istirahat kita loh. Dan hal ini jarang sekali diperhatikan oleh kita. Kualitas istirahat seseorang dipengaruhi oleh temperatur yang diciptakan oleh warna cat tembok yang mengelilingi kamu ketika tidur.

Ketika warna cat tembok hangat, maka akan menimbulkan kita tetap aktif. Namun bila warna tembok lebih terang seperti kuning atau pink maka efek yang ditimbulkan akan memberi ketenangan. Untuk itu, jangan sembarangan memilih cat tembok untuk kamar tercinta ya. Pilihlah cat tembok yang anti lembab agar kamarmu masuk pada kriteria rumah sehat.

Ternyata, warna cat tembok lah yang membuat sebuah ruangan menjadi berbeda. 60 persen penampilan arsitektur pada sebuah ruangan atau bangunan ditentukan oleh warna cat tembok. Efek dari warna tembok ini sangat sederhana namun signifikan, dalam hal fisik maupun psikologis. Maka sudah saatnya anda tidak bisa menganggap remeh dalam memilih warna cat tembok ya. Pastinya sesuaikan dengan desain kamar tidur utama. Bila kamarmu terdapat kamar mandi juga, kombinasi warna cat tembokmu tidak harus matching kok. Nah, bagaimana sih Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1.Mulailah Dari Bagian Sempit

Jika kamu belum yakin dengan warna yang kamu pilih, maka mulailah dari bagian yang terkecil. Jangan mengecat semua bagian tembok di kamarmu. Kamu bisa mencoba bereksperimen pada bagian tembok disela – sela ruangan kamar dan kamar mandi, atau kamu bisa mencoba di tembok kamar mandinya dahulu. Nah, apabila kamu melakukan pengecatan sendiri, cobalah mengecat pada bagian yang paling mudah dilihat agar sesegera mungkin bisa diperiksa apakah sesuai dengan mood anda atau tidak. Jangan khawatir, bila kamu tidak cocok dengan hasil eksperimen, bisa kok untuk diubah lagi. Kamu juga bisa cara mengelupas cat tembok loh, bila tidak cocok dengan warna yang sudah terlanjur tertempel. Lakukan pengecatan seperti perjalanan ya. Nikmati proses eksperimenmu!

Baca Juga :

2. Pertimbangkan Mood

Ketika memilih warna tembok untuk kamar, perhatikan mood dari ruangan anda ya. Apakah kamu ingin perasaan yang nyaman untuk beristirahat dan menenangkan serta intim? Warna kalem, dingin dan netral sering kali menimbulkan perasaan yang lebih tenang sedangkan warna yang lebih kuat menimbulkan efek dramatis. Sebaiknya kamu juga memperhatikan warna dan corak keramik di kamar pribadi. (Baca Juga : Tips Memilih Keramik Lantai Dapur)

Apakah kamu ingin ruangan kamar yang terasa sosialis dan menstimulus atau menimbulkan efek formal dan tenang? Warna yang lebih hangat, konstras dan beberapa warna yang lebih terang akan menambah atmosfer sosialis; Warna hijau – kebiruan yang agak dalam akan memberi nuansa yang lebih formal. Kamu juga bisa menyesuaikan warna cat dengan desain kamar tidur.

Nah, jika kamu ingin ruangan kamar anak – anak untuk menciptakan suasana aktif dan energi yang exited atau yang lebih dewasa dengan nuansa nyaman untuk istirahat? Berhati – hati lah untuk tidak terlalu menstimulasi anak – anak dengan warna warni yang terlalu cerah. Mungkin kamu belum mengetahuinya, ternyata beberapa warna cerah akan membuat anak – anak tidak bisa beristirahat dengan nyenyak dan mungkin malah akan terganggu. Pastikan juga dinding kamar terhindar dari lembab dan jamur ya.

ads

3. Perhatikan Cahaya Lampu

Beberapa alasan mengapa toko cat memiliki kotak lampu untuk mengetes cat tembok adalah:

  • Cahaya natural di siang hari menunjukkan warna sesungguhnya
  • Cahaya lampu pijar (bohlam) memberi nada hangat dan kuning
  • Cahaya lampu neon memberi nuansa biru kasar
So, warna yang kuat kemungkinan akan terlalu cerah dan berlebihan ketika digunakan pada dinding atau area yang mendekati jendela, tapi itu kana efektif apabila digunakan sebagai aksen dinding dengan pencahayaan yang tidak langsung. Jangan khawatir apabila kamu terlanjur mengecat kamar, dan ingin mengecat ulang. Perhatikan cara mengecat tembok lama.
4. Pelajari Istilah pada Warna
Mempelajari istilah pada warna membantu memahami istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan warna.
  • Corak adalah apa yang kita sebut dengan sebuah warna. Merah adalah corak; biru juga termasuk corak
  • Nilai dari corak warna adalah seberapa terang atau gelap warna itu sendiri
  • Jenuh berarti tentang seberapa dominan corak warna tersebut. Sejauh kita berpindah dari merah menuju pink, corak warna merah menjadi kurang dominan
  • Intensitas adalah kecermelangan warna. Warna polos seperti merah lebih intens dari pada warna kombinasi seperti kuning – hijau. Warna intens yang lebih kuat biasanya memiliki corak yang lebih dominan.
Bla kamu ingin ruang yang lebih aktif, perhatikan untuk mengenalkan warna yang lebih kuat dan intens. Bahkan bila kamu ingin ruang dengan cahaya terang, pilihlah yang lebih jenuh dari pada warna putih atau pastel terang. Warna yang sangat terang bisa terasa cerah dan dingin ketika dimunculkan pada setiap dinding kamar. Bagaimanapun juga, dua atau lebih warna yang lumayan cerah, yang dekat dengan warna pastel bisa menciptakan efek berkilauan ketika digunakan di ruang yang sama.
Baca Juga : 
5. Cobalah Pilihan Warna Anda

Tambahi kepedeanmu dengan mencoba warna pada papan poster atau area dinding yang luas. Jangan takut melewati zona aman anda ya. Pastikan kuat, warna yang hidup atau lembut, warna netral yang dalam seperti coklat tua atau hijau sebagai dasarnya atau warna aksen. Atau kamu bisa menambah unsur dramatis dengan warna yang lebih kuat pada plafonnya. Plafon yang di warna secara dramatis akan mengubah seluruh penampilan dari ruangan anda. Sebaiknya kamu juga mempertimbangkan pilihan cat dengan warna kasur yang ada di kamar anda.

6. Tambahkan Kedalaman Dengan Sentuhan Dekoratif

Ubahlah unsur dinding yang mentah dan pudar pada ruang yang lebih menarik dan personal dengan sederhana atau tekstur visual yang dramatis serta warna yang bertabrakan.  Bahan – bahan atau metal yang mengkilap dan lapisan yang berwarna akan menambah sentuhan yang dalam. Beberapa contoh reflektif metal yang lembut diantaranya adalah mika, tembaga, campuran timah putih dan hitam, perunggu dan tentunya silver serta emas antik. Kamu juga bisa membuat sendiri hiasan dinding untuk kamar anda.

Baca Juga :

Sponsors Link

7. Merambah Ruangan Lain

Sadarilah bahwa dinding sebagai pesawat warna, dan lihatlah bagaimana mereka berinteraksi ketika dilihat dari satu ruang yang berdekatan. Dekatilah dan anggap saja seperti sebuah komposisi kamu sedang berada di sebuah ruangan, tapi kamu sedang bepergian untuk melihat sebuah sisi dari ruangan lain melaluinya. Jadi seperti kamu memilih warna, perhatikan bagaimana hal tersebut akan berjalan dari ruang ke ruang lainnya untuk menciptakan gambaran anda.

8. Ikuti Roda Warna

Sebuah roda warna yang kecil adalah referensi yang bagus untuk memodifikasi dan mengintensifikasi dua warna atau lebih. Contohnya, merah dan hijau, yang sebenarnya adalah warna yang berlawanan, akan lebih intens bila digunakan bersamaan. Kamu mungkin akan terkejut mendengar berapa banyak kombinasi warna yang indah ketika digunakan bersamaan, dan kamu mungkin juga tertarik dengan warna baru yang dihasilkan. Lingkaran warna juga mengilustrasikan temperatur visual dari sebuah warna,. Gambarlah sebuah garis dari hijau kekuningan pada lingkaran warna turun pada warna merah-violet; kamu akan melihat semua warna di sisi kiri yang hangat dan warna di sebelah kanan terlihat lebih keren. Perhatikan pula dalam memilih cat tembok anti lembab dan tidak berjamur.

Baca Juga :

9. Bermain Dengan Nuansa Monokrom

Kamu bosan menggunakan satu warna aja? Tak ada salahnya kamu mencoba warna tebal atau variasi sederhana dalam satu grup warna dengan cat kontras. Contohnya, gunakan warna yang saling berhubungan, atau cobalah warna single pada area yang berbeda untuk dinding dan seimbangkan pada satu ruang. Kreasikan dengan dekorasi kamar yang unik dan inspiratif.

Untuk warna aksen, pilihlah yang lebih hangat (lebih kepada warna merah) atau yang lebih dingin (lebih kepada warna biru) untuk melengkapi warna dasar. Untuk penyeimbang yang lebih kalem, pastikan warnamu tidak terlalu cerah. Putih atau putih pucat bisa jadi aksen yang lebih menarik ketika digunakan sebagai garis hiasan dengan grup warna monokrom.

Baca Juga :

Demikian 9 tips tentang Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur. Pastikan kamu memperhatikan beberapa saran yang telah diberikan ya. Apabila kamu masih kesulitan bagaimana cara mengecat rumah, boleh menyimak artikel tentang cara mengecat dinding. Selamat mencoba untuk bermain warna di ruang istirahatmu.




Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 03:50 Oleh :
Kategori : Dinding Tembok