Sponsors Link

7 Cara Memasang Lantai Kayu yang Baik dan Benar

memasang lantai kayuTerdapat berbagai jenis-jenis lantai yang biasa digunakan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Mulai dari lantai keramik, granit, marmer, batu alam dan sebagainya. Namun salah satu jenis lantai yang cukup populer digunakan adalah lantai kayu. Kayu sendiri merupakan salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan furniture rumah. Untuk lantai kayu  sendiri, biasanya terbuat dari bahan kayu keras, padat dan memiliki tampilan yang menarik.

ads

Beberapa kelebihan dan kekurangan lantai kayu dapat dilihat dari cara merawat lantai kayu yang membutuhkan tenaga ekstra. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa kayu memiliki tampilan yang sangat menarik serta dapat meningkatkan interior ruangan Anda. Lantai kayu dipercaya dapat memberikan tampilan ruangan yang natural, alami dan indah. Lantai ini dapat menenangkan penggunanya ketika sedang berada di ruangan. Proses pemasangan lantai kayu cukup berbeda dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Pemasangan lantai ini dapat dilakukan dengan bantuan para ahli. Akan tetapi, Anda juga dapat melakukannya sendiri, lho!

Proses pemasangan lantai kayu bisa dikatakan susah-susah gampang. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa tips dan trik yang tepat! Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai cara memasang lantai kayu, yakni :

  1. Menentukan jenis kayu

Tahap pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan jenis parket yang ingin Anda gunakan. Meskipun berbahan dasar kayu, namun parket tetap memiliki desain dan corak tersendiri. Maka dari itu, Anda perlu menentukan motif mana yang sesuai dan dapat melengkapi material penutup dinding dan warna cat rumah yang indah dan sejuk di rumah. Beli jumlah parket secukupnya saja, menyesuaikan dengan luasan ruangan.

Tidak hanya motif dan desain saja yang perlu diperhatikan, namun juga material kayu yang digunakan tersendiri. Pastikan kayu parket tersebut termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan oleh rayap. Karena, kayu memang cukup rentan dengan rayap.

  1. Menentukan desain

Memasang lantai parket tidak hanya lurus saja, namun Anda juga dapat membuat semacam pola tertentu. Mulai dari bentuk lurus, diagonal dan beragam bentuk menarik lainnya. Apabila Anda menginginkan bentuk parket yang lurus saja, maka Anda dapat mengatur sisi parket menghadap kearah tengah ruangan. Berilah jarak beberapa senti antara dinding dengan lantai sebagai pembatas yang cukup baik. Selain itu, batas ini juga dilakukan untuk mengantisipasi panas kayu serta mengatur kelembabannya. Langkah selanjutnya adalah melubangi parket dengan paku sebesar ¼ inchi dari bagian sempit kayu serta ½ inchi dari bagian dinding rumah. Lanjutkan pekerjaan tersebut dengan menggunakan interval 6 inchi pada setiap panjang kayu.

  1. Membuat pola

Selanjutnya, buatlah pola sebagai jembatan awal untuk memasangkan lantai kayu di pembatas. Anda perlu mencocokan sudut dengan material yang telah Anda beli. Pada saat pemasangan parket, Anda dapat menggunakan teknologi blind-nailing, yakni metode menyembunyikan paku dengan menggunakan papan parket selanjutnya. caranya adalah dengan mndorong paku pada sudut 25 derajat, kemudian menyembunyikannya dengan alur dari papan setelahnya. Namun pastikanlah bahwa sudut awal pemasangan terletak dibawah permukaan kayu, untuk mencegah terjadinya gangguan pada sendi.

  1. Mengunci lidah

Setelah barisan pertama, pada barisan kedua, Anda perlu mengunci lidah dan alur dengan cara menekan material tersebut secara bersamaan dengan palu. Hal ini digunakan untuk mencocokan antara material dan juga papan. Apabila papan parket melebihi luasan lantai, Anda dapat menyesuaikan dengan dimensi lantai yang tersisa.

Sponsors Link

  1. Melakukan blind nail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemasangan parket ini menggunakan metode blind nail dengan melalui lidah dan ulangi proses ini sampai Anda dapat menggunakan nailer. Nailer floor ini akan membutuhkan cukup ruang untuk menggunakannya. Sehingga biasanya alat ini tidak dapat digunakan pada baris-baris tertntu. Ketika Anda hendak menggunakan alat ini, pastikan lantai rumah dilindungi terlebih dahulu.

  1. Pada baris terakhir

Apabila Anda telah mencapai ke baris terakhir, Anda perlu beralih ke metode memaku dengan menggunakan tangan. Jangan lupa untuk memotong parket menyesuaikan sisa lahan yang tersedia. Apabila ternyata pada bagian akhir Anda kekurangan 1 inchi, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan sedikit lem kayu pada lidah untuk memasukkan potongan bar serta membongkarkan kembali dan menambahkan dengan kayu bekas.

  1. Finishing

Tahap terkahir dalam proses pemasangan sebenarnya lantai sudah dapat dibersihkan dengan menggunakan alat kebersihan rumah. Lantai kayu tidak perlu di coating kembali karena Anda menggunakan teknologi yang modern. Untuk membersihkan lantai kayu yang benar, Anda dapat membaca cara membersihkan lantai kayu. Setelah bersih, Anda dapat menggunakan lantai kayu seperti biasa.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara memasang lantai kayu yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Lantai