Sponsors Link

Cara Mengecat Dinding Rumah

Bagian dinding yang ada di dalam sebuah bangunan adalah bagian yang cukup mudah untuk direnovasi. Bukan untuk dibongkar saja, namun untuk diberi hiasan. Hiasan dinding ini bisa dengan cara diberikan wallpaper atau dicat. Untuk pemberian wallpaper pada dinding tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Sehingga kelebihan dan kekurangan wallpaper dinding ini tidak selalu bisa diaplikasikan dalam kondisi sebuah bangunan terutama rumah tinggal sendiri. Selain menggunakan wallpaper untuk menghias dinding yang ada di rumah. Anda sebagai penghuni rumah tentu perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah dinding di rumah lebih cocok untuk diberikan wallpaper sebagai hiasan atau lebih baik untuk dicat dan diberi warna baru. (Baca : Fungsi Wallpaper Rumah).

ads

Untuk pilihan dalam mengecat dinding di rumah sebenarnya bisa dilakukan dengan sederhana menggunakan cat yang memiliki warna yang diinginkan. Namun, terkadang saat pikiran dan imajinasi sedang asyik untuk berkreasi maka akan muncul banyak ide kreatif yang bisa dihasilkan. Sehingga dengan berbagai ide dari imajinasi tersebut bisa direalisasikan dengan berbagai tahapan. Tips mengecat rumah sendiri akan bisa dimanfaatkan secara langsung apabila dilakukan sendiri. Seperti berkreasi dengan warna dinding atau juga berkreasi dengan jenis – jenis tangga rumah yang bisa memberikan kesan unik. Dinding yang menjadi salah satu bagian yang sering terlihat di area rumah tentu akan lebih indah apabila diberikan warna – warna yang sesuai dengan keinginan. Sehingga Anda maupun tamu yang datang ke rumah bisa ikut merasakan suasana yang berbeda yang ditimbulkan dari kreasi warna yang dihasilkan oleh imajinasi Anda. Berikut adalah beberapa cara mengecat dinding rumah :

Pilihan Motif Dalam Mengecat Dinding

Untuk mengecat dinding rumah dengan cat berbagai macam warna memang bisa dengan mudah diaplikasikan. Berbagai desain kamar tidur tentu memiliki sesuatu yang khusus di dalamnya yang menunjukkan si pemilik kamar. Mulai dari pilihan furniture di dalam kamar hingga warna cat yang digunakan untuk menghiasi kamar tidur. (Baca : Desain Kamar Tidur Minimalis).

Untuk pilihan warna cat yang digunakan sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila sudah mulai bosan dengan cat yang hanya memiliki satu warna maka Anda bisa mengaplikasikan dua warna atau lebih pada dinding rumah Anda. Supaya terlihat lebih indah dipandang, warna – warna cat ini sebaiknya diberikan motif juga untuk menambah kesan unik. Berikut ada berbagai pilihan motif yang bisa diaplikasikan pada dinding rumah versi Rumah Lia yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

  • Motif Garis – Garis

Ada sebuah tagline iklan permen yang berbunyi ” Yang Belang Memang Lebih Enak”. Namun, rasanya hal ini bukan hanya berlaku pada permen, namun juga pada dinding. Hanya saja definisi kata “enak” yang dimaksud ini berbeda. Kalau enak di dalam tagline permen tersebut memiliki maksud enak untuk dikonsumsi beda dengan motif cat. Motif dinding yang memiliki garis – garis ini bisa memberikan kesan lebih segar karena ada variasi warna dan motif dalam satu dinding dan sama.

Cara Mengaplikasikan

Siapkan dua warna cat yang berbeda dan juga peralatan untuk mengaplikasikan catnya seperti kuas atau roller dan bak cat. Anda juga perlu menyiapkan lakban atau perekat ukuran besar yang mudah dilepaskan. Karena lakban atau perekat yang memiliki ukuran besar. Aplikasikan satu warna cat yang Anda inginkan terlebih dahulu. Lalu, untuk memberikan motif garis pada dinding, Anda bisa membuat batas di dinding dengan menggunakan lakban atau perekat.

Kemudian, Anda bisa mengaplikasikan cat pada dinding yang sudah diberi lakban bagiannya. Setelah aplikasi cat tersebut selesai, maka Anda bisa melepas lakban tersebut dan melihat motif garis – garis pada dinding Anda. Supaya garis ini terlihat simetris pada sentuhan akhir Anda sebaiknya mengukur luasnya terlebih dahulu sehingga lakban yang akan ditempel nanti tidak asal-asalan saja.

  • Motif Acak

Motif acak mungkin terdengar tidak terarah dalam mengecat rumah. Namun, yang dihasilkan dari motif acak ini bukan berarti sebuah motif berantakan yang tidak terarah. Motif acak ini bisa disesuaikan dan diatur sesuai dengan keinginan. Motif acak yang bisa dihasilkan ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan alat bantuan lainnya.

Sponsors Link

Cara Mengaplikasikan 

Selain cat dengan dua warna yang berbeda, Anda juga memerlukan alat bantu lainnya seperti spons atau tali . Untuk warna dasar bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Kemudian untuk mengaplikasikan motif acak ini Anda bisa menggunakan spons untuk mencuci kemudian Anda masukkan ke dalam cat kemudian ditepuk-tepuk pada bagian dinding.

Lakukan ini pada seluruh bagian atau coba di bagian tengah saja untuk memberikan kesan yang berbeda. Atau Anda bisa coba dengan mengikatkan tali pada roller, kemudian celupkan pada bak cat kemudian aplikasikan pada dinding hingga selesai. Anda akan melihat motif acak yang Anda hasilkan sebagai sebuah perpaduan dua warna yang berbeda pada dinding. (Baca : Desain Rumah Minimalis).

  • Motif Pemandangan

Untuk bisa mengaplikasikan motif pemandangan ini memang tidak akan mudah. Karena Anda perlu menggambarnya terlebih dahulu pada dinding dengan pensil. Dan hal ini juga tentunya akan membutuhkan konsentrasi dan juga skill. Apabila Anda kurang memiliki bakat dalam menggambar, Anda bisa meminta tolong pada orang lain untuk mengaplikasikannya. Namun, apabila Anda sudah cukup percaya diri dalam menggambar pemandangan, maka Anda bisa mulai melakukannya. (Baca : Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu).

Sponsors Link

Cara Mengaplikasikan  

Siapkan pensil dan juga penghapus yang akan digunakan untuk memberikan sketsa terlebih dahulu pada dinding. Setelah Anda yakin dengan sketsa yang Anda buat Anda bisa mulai mengecat pemandangan yang sudah Anda buat dengan pensil. Anda juga bisa menggunakan lebih dari dua warna untuk mengaplikasikan motif ini. Karena, untuk pemandangan pada umumnya tidak hanya memiliki kombinasi dua warna saja.

  • Motif Custom

Motif custom ini mungkin tidak beda jauh dengan motif acak. Hanya saja untuk motif ini bisa memanfaatkan benda seperti cetakan yang telah dibuat dari kardus. Cetakan ini bisa dibentuk dengan model apa saja yang Anda inginkan sehingga bisa diaplikasikan pada dinding Anda. Misalnya, Anda akan membuat motif bintang, maka Anda memerlukan cetakan yang berbentuk bintang. Begitu juga dengan bulan, Anda hanya perlu membuat cetakannya supaya lebih mudah. (Baca : Cara Membuat Keramik)

Cara Mengaplikasikan : Anda perlu menyiapkan kardus bekas. pensil, gunting atau cutter. Buatlah pola yang Anda inginkan di atas kardus dengan menggunakan pensil. Lalu, potong pola tersebut menggunakan gunting atau cutter. Kemudian, pola tersebut bisa Anda tempelkan di dinding kemudian diberi cat, Untuk mengecat pola memang tidak semudah dibayangkan. Setidaknya Anda perlu lebih berhati – hati supaya cat yang berada di dalam pola tidak berantakan di luar pola yang sudah dibuat.



Artikel Lainnya


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 16:39 Oleh :
Kategori : Dinding Tembok