Sponsors Link

7 Cara Membuat Tirai Pintu Kamar dari Kertas

tirai kertasTerdapat berbagai elemen yang dapat digunakan untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah. Biasanya orang-orang akan cenderung sibuk memilih jenis-jenis lantai rumah, material penutup dinding, material fasade bangunan dan juga warna cat rumah yang indah dan sejuk. Padahal untuk menghias rumah tinggal itu tidak hanya terpaku pada beberapa poin tersebut. Masih ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan rumah minimalis sederhana Anda, salah satunya melalui penggunaan jenis tirai jendela rumah.

Tirai tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekorasi, namun juga dapat membantu menghalau pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Tirai yang biasa digunakan pada rumah tinggal ada beragam jenisnya. Salah satunya adalah macam-macam gorden jendela pada ruangan. Namun apabila Anda memiliki dana terbatas, membeli gorden atau tirai lain bukanlah solusi yang tepat. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Adakah cara lain yang tepat untuk mengatasi hal ini? Tentu saja ada! Tirai pada rumah tinggal sebenarnya dapat Anda buat sendiri, lho! Bahkan dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana dengan budget yang sangat minim. Salah satunya adalah dengan membuat tirai pintu dari kertas.

Pembuatan tirai dari kertas ini sebenarnya sangat sederhana dan cukup mudah! Asalkan Anda mengetahui tips dan trik yang tepat, Anda juga dapat melakukannya! Sebelum Anda mengetahui cara membuat tirai pintu kamar dari kertas, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat terlebih dahulu. Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah:

  • Kertas (kertas ini dapat berupa kertas origami/ kertas kado / kertas warna / kertas karton. Anda dapat menggunakan satu jenis kertas atau memadukan dua jenis kertas).
  • Tali (berfungsi sebagai penyambung kertas, dapat menggunakan benang / tali kenur / atau jenis tali lainnya yang berukuran kecil).
  • Penggaris bentuk dengan pola bulat.
  • Lem kertas.

Setelah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan, saatnya untuk membuat tirai pintu kamar! Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam cara membuat tirai pintu kamar dari kertas, yakni:

  1. Mengukur tirai

Sebelum Anda hendak membuat tirai pintu rumah, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menghitung panjang tirai yang dibutuhkan. Terutama panjang tirai yang Anda butuhkan. Apa dari atas sampai bawah pintu, atau hanya ¾ dari ketinggian pintu. Semuanya tergantung kepada selera Anda kembali. Anda juga perlu menentukan jumlah tirai yang dibutuhkan dengan mengacu pada lebar pintu. Apakah Anda ingin membuat tirai yang jarang-jarang atau padat saja? Semuanya tergantung kepada selera Anda.

  1. Membuat garis melingkar

Pertama-tama, Anda perlu membuat garis melingkar sebagai garis bantu pada kertas. Besar kecilnya lingkaran yang dibuat dapat disesuaikan dengan penggaris yang Anda miliki, misalnya Anda menggunakan lingkaran dengan diameter 7 cm. Maka sebaiknya lingkaran yang lain juga dibuat dengan ukuran yang seragam. Buatlah lingkaran sebanyak-banyaknya.

  1. Memotong kertas secara melingkar

Setelah membuat pola kertas, selanjutnya Anda dapat memotong kertas menyesuaikan dengan alurnya. Namun pastikan potongan kertas dilakukan dengan rapi agar hasilnya indah dan bagus. Cara pertama yang Anda dapat menggunakan cutter dan secara perlahan memotong menyesuaikan dengan garis lingkaran. Atau untuk hasil yang lebih rapi, Anda dapat menggunakan gunting. Apabila Anda memotong dengan gunting, pastikan memotongnya secara menerus dan tidak berhenti di tengah jalan supaya hasil jauh lebih rapi.

  1. Menempelkan kertas

Setelah semua lingkaran selesai di potong, langkah selanjutnya adalah memberikan lem pada bagian belakang kertas kado. Lingkaran-lingkaran ini nantinya akan direkatkan dengan kertas origami berwarna-warni. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar kertas kado jauh lebih kokoh dan kuat. Selain itu, apabila Anda hendak memutar balikkan kertas, hasilnya masih aja serupa dan penuh warna.

  1. Menempelkan pada tali

Kertas kado yang sudah ditempelkan dengan kertas origami kemudian ditempelkan pada tali dibagian belakangnya. Posisi penempelan harus melintang dan benar-benar berada di tengah kertas. Proses penempelan ini harus dilakukan secara hati-hati dan usahakan Anda tidak menggunakan lem terlalu banyak, hanya secukupnya saja. Apabila menggunakan lem terlalu banyak, dikhawatirkan kertas akan menjadi lusuh.

  1. Ulangi

Proses penempelan selesai! Selanjutnya Anda dapat mengulangi proses penempelan hingga memenuhi satu panjang tali tirai. Anda dapat melakukan kembali untuk membuat beberapa tirai lainnya sampai dirasa sudah cukup.

  1. Finishing

Setelah semua tali sudah terpasang dengan lingkarang, Anda dapat mulai memasangkan tirai tersebut pada pintu rumah. entah tirai tersebut disatukan terlebih dahulu pada gagang kayu dan sebagainya. Semuanya tergantung keinginan Anda!

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat tirai pintu kamar dari kertas yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik