Sponsors Link

4 Cara Membersihkan Sofa Kain dan Kulit

Cara membersihkan sofa kain dan kulit cukup mudah. Untuk sofa dengan pembungkus bahan kain yang bisa dilepas paling mudah karena tinggal memasukkannya dalam mesin cuci. Apabila pembungkus sofa permanen, memerlukan produk pembersih khusus untuk menghilangkan noda dan sisa tumpahan minuman makanan agar tidak menumpuk.  Debu yang meresap ke dalam serat bahan sofa membuat kain sofa jadi kusam atau bahkan mencetus alergi pernapasan bagi penghuninya. (baca juga: Tips Memilih Sofa yang Awet dan Nyaman)

Membersihkan sofa secara teratur bisa mengurangi penumpukan debu dan resiko alergi pernapasan. Berikut ini kami rangkum panduan cara membersihkan sofa  yang terbuat dari bahan kain dan bahan kulit. (baca juga: Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan Sempit)

Memilih Pembersih Sofa

Cara membersihkan sofa dengan pembungkus kain yang tidak bisa dilepas memerlukan pembersih khusus. Pembersih siap pakai sofa kain bisa dibeli di toko swalayan dan perlengkapan rumah tangga. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan pembersih sofa dari bahan-bahan berikut ini: (baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Sederhana)

  • Deterjen konsentrat cair cukup lembut untuk membersihkan noda pada sofa kain. Sedikit campuran deterjen cair pada air hangat dan aduk hingga busanya melimpah. Dengan menggunakan lap, gosok bagian noda pada kain sofa. Lap jangan sampai terlalu basah agar air tidak terserap terlalu banyak pada busa sofa. Sehingga kain penutup sofa bisa kering secara alami atau menggunakan kipas angin. (baca juga: Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat Wajib Anda Ketahui)
  • Cuka juga bisa menjadi pembersih noda pada sofa yang efektif. Setelah menggunakan cuka untuk pembersih, jangan lupa membilas permukaan sofa secara insentif dengan air sabun. Bau cuka yang menyengat bisa setelah beberapa lama. Sehingga Anda bisa menggunakan produk penyemprot penghilang bau. Cara lain untuk menghilangkan bau cuka dengan menaburkan soda kue di atas sofa. (baca juga: Cara Menata Rumah Sempit agar Terlihat Luas)
  • Cara paling praktis menghilangkan noda pada sofa adalah dengan menggunakan tissu basah. Bahan tissue basah yang lembut tidak akan merusak kain pembungkus sofa. Teksturnya yang kering setengah basah cukup aman bagi busa bantalan sofa. (baca juga: Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit dan Kecil)

Sebelum memakai bahan-bahan pembersih sofa, Anda perlu melakukan tes uji coba pada kain. Caranya dengan menyemprotkan atau mengoleskannya setetes pada lipatan kain sofa yang tidak terlihat. Apabila menimbulkan sisa noda kuning yang tidak bisa hilang atau malah memudarkan warna kain, sebaiknya tidak usah diteruskan. Apabila   tidak meninggalkan bekas, artinya pembersih tersebut aman bagi kain sofa Anda. (baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Ukuran Kecil dan Besar)

Merawat Sofa Kain

Untuk membersihkan sofa kain secara rutin bisa dilakukan setiap satu atau tiga bulan sekali. Tergantung seberapa sering anggota keluarga, terutama anak-anak menumpahkan  minuman dan makanan tanpa sengaja. Bila noda terlalu lama dibiarkan, malah sulit untuk dibersihkan dan menimbulkan bercak dan bau tidak sedap. Berikut panduan cara membersihkan sofa kain secara teratur: (baca juga: Cara Memasang Saklar Lampu Rumah dengan Aman)

  1. Sebelum menggunakan bahan pembersih sofa, bersihkan dahulu sofa dari sisa-sisa makanan dan debu. Pakai saja pengisap debu, lap, kemoceng, atau sikat berbulu halus untuk menjaga kelembutan sofa kain Anda.
  2. Terlebih dahulu gunakan tisu basah untuk mengelap noda-noda sisa tumpahan makanan atau minuman.
  3. Bersihkan seluruh permukaan sofa dengan deterjen lembut yang dicampur dengan air hangat. Celupkan kain lap atau kain microfiber dalam deterjen dan peras sampai tidak ada air menetes. Selanjutnya tekan-tekan kain mocrofiber pada bantalan sofa. Tunggu selama beberapa saat sampai noda pada kain sofa larut dalam kandungan deterjen. Selanjutnya bilas lagi dengan kain lap microfiber agar noda terangkat. (baca juga: Cara Over Kredit Rumah KPR)
  4. Keringkan sofa dengan cara diangin-anginkan. Bisa dengan kipas angin atau dibiarkan secara alami. Menggunakan pengering rambut kurang disarankan. Karena bisa membuat kain sofa menjadi berubah warna bila terlalu sering terkena hawa panas dari hair-dyer.
  5. Gunakan penyedot debu setiap seminggu sekali pada permukaan sofa Anda. Debu yang menumpuk terlalu lama bis a menyebabkan warna sofa menjadi kusam. (baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dengan Efektif)
  6. Apabila ada bagian sofa yang bisa dilepas, seperti penutup bantalan sofa, cuci juga secara rutin.

baca juga: Cara Membuat Listrik Tenaga Angin Sederhana

baca juga: Cara Pasang Otomatis Pompa Air Listrik

Merawat Sofa Kulit

Cara membersihkan sofa kulit lebih mudah. Sebab tumpahan noda pada sofa tidak meresap dengan cepat pada busa seperti pada sofa kain. Sehingga Anda bisa mengeringkan   tumpahan-tumpahan makanan dan minuman dengan cepat. Produk pembersih sofa kulit bisa Anda beli di toko dan swalayan.

Anda juga bisa menggunakan tisue basah. Anda juga bisa menggunakan kain microfiber yang telah direncam pada campuran deterjen cair lembut dan air hangat. Ingat, Anda perlu melakukan tes uji pembersih sofa pada lipatan tak terlihat sofa kulit Anda. Agar Anda bisa antisipasi terlebih dahulu pembersih mana yang tidak membuat kulit sofa berubah.

baca juga: Tata Cara Jual Beli Rumah yang Benar

baca juga: Cara Kredit Mobil Bekas tanpa DP Uang Muka

Menghilangkan Bau

Pada umumnya produk pembersih sofa baik kain dan kulit efektif untuk menghilangkan noda dan bau. Namun apabila Anda memiliki sofa yang sudah cukup lama, kadang kala muncul bau-bau kurang sedap, bisa karena lembab atau hal lain. cara menghilangkan bau pada sofa cukup mudah: (baca juga: Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu Sederhana)

  1. Taburkan bubuk soda kue pada permukaan sofa lama Anda pada malam hari. Biarkan selama semalam agar bau-bau yang tidak sedap diserap oleh soda kue.
  2. Pada pagi hari, gunakan penyedot debu untuk membersihkan serbuk soda kue yang ada di sofa hingga bersih. Soda kue cukup efektif untuk menghilangkan bau menyengat. Anda bisa juga menggunakan bubuk soda kue pada sudut-sudut rumah dan tempat-tempat lembab yang menyengat.

Cara lain menghilangkan bau-bau menyengat pada sofa lama adalah dengan cara menjemur dan menganginkannya di luar ruangan. (baca juga: Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis Modern dan Etnik)

Poin penting membersihkan sofa dengan pelindung kain atau kulit adalah sama. Yang pertama adalah melakukan pembersihan rutin agar tidak ada debu menumpuk. Yang kedua adalah memilih pembersih khusus untuk sofa kain dan kulit harus melalui tes uji dulu pada bagian tak terlihat sofa. Demikian panduan cara membersihkan sofa kain dan kulit untuk Anda. Semoga bermanfaat. (*)

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan