Sponsors Link

10 Cara Memasang Saklar Ganda Sendiri Dirumah

Sponsors Link

Banyak dari kita kurang memahami fungsi saklar yang sebenarnya. Tidak memahami fungsi saklar dapat berakibat pada kurang nya pengetahuan dalam prosedur pemasangan saklar rumah anda. Padahal saklar merupakan komponen elektronika penting pada bagian rumah anda. Tidak hanya mengatur hidup dan matinya lampu, saklar juga dapat difungsikan untuk rangkaian listrik lain seperti mesin pompa air dll, dan hal tersebut dapat dibuat tunggal maupun serangkai dengan kebutuhan lain rumah anda seperti fungsi dari saklar ganda.

ads

Sebelum kita membahas lebih banyak tentang saklar ganda, ada baik nya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu saklar dan fungsinya. Saklar sendiri adalah komponen elektronika atau perlatakan listrik yang berperan sebagai penghubung dan memutuskan sirkit lalu mengubahnya menjadi berbeban ataupun tidak. (Baca juga: Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana

Bila saklar difungsikan dengan baik, maka pemakaian daya listrik dirumah atau bangunan lainnya akan lebih hemat. Saklar lebih sering kita kenal sebagai komponen elektronika untuk mematikan dan menghidupkan lampu dirumah. Saklar sendiri terbagi berbagai macam, tungga, double, ataupun yang berderet. Disini saya akan membahas apa itu saklar tunggal. Saklar Ganda biasanya difungsikan untuk mengatur ½ buah lampu, dimana cara kerjanya hanya menyambung dan memutus aliran listrik dari PLN ataupun mesin diesel. (Baca juga: Cara Membuat Listrik Tenaga Angin Sederhana)

Saklar ganda atau ada juga yang menyebutnya dengan “saklar seri” termasuk jenis saklar listrik yang berguna untuk mengonttrol dua buah lampu. Seperti ketika kita ingin mengatur lampu yang ada pada bagian dalam dan luar rumah, anda hanya perlu untuk membuat saklar di dalam rumah dan mengaturnya pada saklar ini saja. (Baca juga: Cara Memasang Kabel Listrik ke Steker – Pipih dan Bulat)

Sering kita lihat beberapa orang yang bertugas untuk memasang saklar ini hanya melakukan pekerjaan nya asal-asalan saja. Sebenarnya untuk pemasangan saklar perlu di perhatikan pemasangan nya dengan tata cara yang benar, karna jika tidak hal ini akan mengakibatkan kebaran akibat konsletin listrik. (Baca juga: Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Sedehana)

Untuk itu mewaspadai hal tersebut, anda dapat melakukan pemasangan dengan menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya, agar sesuai dengan standard pemasangan di indonesia. Tp jangan salah, anda juga dapat memasang nya sendiri dirumah karna hal ini terbilang tidak sulit. Berikut cara memasang saklar ganda sendiri dirumah! (Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik Rumah)

Alat dan Bahan:

Untuk memasang saklar ganda anda sendiri dirumah, tentunya di perlukan beberapa bahan untuk saklar ganda aitu sendiri. Juga perlu di perhatikan kelengkapan alat yang akan anda gunakan untuk memasang saklar dan tidak sembarangan menggunakan alat yang ada di rumah seperti pisau dapur, guntik, cutter dll. Karena hal tersebut tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang ada dan dapat membuat kerusakan dalam pemasangan saklar. (Baca juga: Cara Mernyambung Kabel Listrik Rumah

  1. Saklar yang akan di pasang, untuk ini kita akan menggunakan saklar ganda.
  2. Kabel NYM (Kawat Tembaga) ukuran 1,5 tau 2,5 mm.
  3. Fitting lampu
  4. Box saklar
  5. Pipa instalasi (berfungsi sebagai pelindung kabel)
  6. Klem pipa
  7. Obeng
  8. Tespen
  9. Tang kombinasi
  10. Lakban/solasi

(Baca juga: Cara Memasang Meteran Listrik Rumah dengan Aman)

Langkah – Langkah Pemasangan Saklar Ganda

Untuk memasang saklar ganda sendiri dirumah, pertama anda harus melengkapi segala komponen dan alat yang dibutuhkan. Jika segala nya telah di siap kan, anda dapat mulai memasang saklar ganda sendiri dirumah dan mengikuti cara berikut. (Baca juga: Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah yang Benar)

  1. Buat titik pada dinding sebagai acuan untuk pemasangan saklar lampu, jika sudah lobangi titik tersebut. Jika memungkinkan anda dapat membuat lubang sebesar box saklar dengan tinggi minimal 1,5 meter. (Baca juga: Cara Menata Rumah Agar Tampak Rapi)
  2. Masukan 3 buah kabel yang akan dihubungkan pada saklar dan lampu.
  3. Untuk bentuk rangkaian, anda dapat memperhatikan gambar berikut dan menyamakan rangkaian yang anda buat dengan ilustrasi. (Baca juga: Cara Memasang kWh Meter Prabayar dan Keuntungannya)
  4. Pada gambar tersebut, kabel yang terhubung ke saklar adalah kabek induk fuse, sedangkan kabel lain nya terhubung ke fitting lampu, seperti kabel hitam (ground). Jadi arus yang diputus adalah arus yang terjadi jika ditespen nyala, ini bertujuan agar lampu tidak berkedip-kedip saat dimatikan. Karena jika jalur fuse di non aktifkan biasanya akan menyebabkan lampu menyala sebelah. (Baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis Modern)
  5. Anda dapat melakukan tahapan penyambungan lampu dengan rapi dan tidak ada kabel yang menyeruak agar tidak terjadi konselting.
  6. Setelag proses pemasangan/penyambungan selesai, anda tinggal menata kabel yang ada agar terlihat rapi dan tidak berantakan.
  7. Jika pada tahapan awal tadi anda melakukan pengeboran atau melubangi dinding, anda dapat menutup nya kembali dengan semen dan pasir. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada binatang yang mencoba masuk ke dalam lobang yang anda buat. Apalagi jika serangga atau hewan pengerat membuat sarang dilobang tersebut dan berakibat fatal merusak komponen saklar anda. (Baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Sederhana)
  8. Jika anda tidak melakukan pengeboran atau melubangi dinding anda dapat mencobakan langsung saklar ganda yang telah anda rangkai sendiri.
  9. Kemudian Saklar Ganda anda siap digunakan dan cobakan!
  10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Nah, bagaimana? Mudah kan memasang saklar lampu anda sendiri dirumah? Yap, semoga tutorial tadi dapat membantu pekerjaan anda. Karena memasang saklar ganda tidaklah sulit, anda hanya perlu mengerti rangkaian nya. Anda daoat melakukan nya sendiri dirumah agar anda tau pasti bahwa saklar lampu rumah anda telah terpasang rapi sesuai dengan prosedur pemasangan di indonesia. (Baca juga: Cara Menghemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari)

Karena pada dasarnya kita perlu berhati-hati dalam pemasangan setiap komponen lisriik, sebab berhubungan langsung dengan arus PLN. Selain itu kerapian dalam pemasangan juga dapat anda pastikan karena anda yang memasang nya. Karena kerapian dalam memasang Saklar adalah hal yang utama karena instalasi listrik yang buruk bisa berakibat fatal nantinya! Selamat mencoba dirumah yaa! (Baca juga: Bahaya Rumah Dekat Gardu Listrik, Sutet, dan Tower

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 20:01 Oleh :
Kategori : Info Dasar