Sponsors Link

6 Desain Ruangan Rumah Agar Instagramable dan Keren

Memiliki rumah minimalis sederhana, apartemen hingga flat seperti pada tips hias rumah flat yang sedap dipandang tidak hanya kita saja yang dapat menikmatinya lho. Sekarang ini banyak blog atau media sosial yang dapat digunakan untuk sharing foto interior dari rumah yang kita miliki. Sebut saja aplikasi Instagram yang sekarang ini sedang naik daun. Instagram dapat menjadi halaman mini blog kita yang berisi gambar-gambar dari interior atau dekorasi ruangan, baik rumah atau tempat umum lain seperti misalnya cafe.

Lalu bagaimana sih caranya? Cukup dengan upload gambar dari kamera hp atau kamera yang lain. pertanyaan selanjutnya, kalau misalnya tempat tinggal kita nggak Instagramable bagaimana? Nah, tidak perlu resah dan gelisah. Berikut ini adalah beberapa solusi desain ruangan rumah agar Instagramable paling keren dan tidak membutuhkan biaya tinggi seperti pada desain rumah type 36 agar terlihat luas.

1. Manfaatkan Sudut Ruang

Ada kalanya sudut ruang merupakan tempat yang gampang-gampang susah untuk diekplorasi desainnya. Namun jika Anda berhasil memanfaatkan area sudut ini, niscaya tampilan ruang akan menjadi semakin menarik dan juga besar manfaatnya. Ada beberapa solusi desain untuk sudut ruang agar bagian ini bertambah valuenya. Di antaranya dengan memberi meja sudut, tanaman, rak buku atau bahkan sofa sudut.

Untuk ruang sudut yang memiliki jendela, dapat menjadi area yang menarik bila dijadikan foto Instagram. Terlebih lagi jendela dapat menjadi media untuk memasukkan cahaya alami yang dapat membuat foto terlihat semakin apik. Di area sudut berjendela, Anda dapat meletakkan sofa sudut dan bantalan. Pilih warna soft yang serasi dengan dinding berwarna putih. Tambahkan meja kecil dan tanaman sebagai aksesori ruang. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan area santai untuk hewan peliharaan agar sudut ini terlihat semakin nyaman.

2. Rak Dapur Terbuka

Tak hanya kabinet dengan pintu tertutup, tempat penyimpanan untuk area dapur juga dinding menggunakan rak terbuka. Rak gantung ini dapat menjadi area display untuk barang pecah belah yang Anda miliki. Tata sedemikian rupa piring, gelas hingga panci yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Tambahkan beberapa elemen dekorasi seperti tanaman hidup. Tanaman yang dipilih dapat juga tanaman yang berguna sebagai bumbu dapur, misalnya seledri, mint hingga kemangi. Dengan begitu, selain bermanfaat, rak dinding tersebut juga akan membuat area dapur menjadi lebih cantik dan semakin menarik.  Anda juga bisa menerapkan menata dapur kecil tanpa kitchen set untuk konsep ini.

3. Tambahkan Wallpaper

Untuk ruang yang tidak terlalu banyak memiliki perabot atau elemen desain yang stunning, Anda dapat menggunakan wallpaper sebagai salah satu elemen yang dapat menjadi point of interest di dalam ruangan. Beberapa gambar yang sedang populer untuk dijadikan wallpaper saat ini adalah gambar tanaman hijau, seperti misalnya tanaman pakis, daun pisang, monster, palem, sukulen hingga kaktus. Akan lebih menarik lagi jika Anda menyisipkan tanaman hidup yang sama dengan wallpaper yang Anda pilih.

Untuk teknik pemasangan, Anda dapat memasang wallpaper di dinding secara keseluruhan, mulai dari langit-langit bagian atas hingga ke bawah di bagian lantai. Atau jika tidak, Anda dapat mengkombinasikan dengan dekorasi dinding kayu di bagian bawah untuk konsep ruangan modern klasik.

4. Sudut Tanaman

Saat ini tanaman menjadi elemen dekorasi interior yang sering diperhitungkan. Setiap area kosong, baik di sudut ruang, meja makan, meja tamu, kabinet hingga rak dapur dapat diisi dengan tanaman. Tak hanya tanaman di dalam pot, tanaman di dalam vas pun dapat menjadi pilihan. Selain diletakkan begitu saja di meja atau rak, tanaman juga dapat digantung dengan menggunakan tali atau papan yang bertali. Pilihan jenis tanaman yang digunakan pun bermacam-macam, seperti pada tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah. Di antaranya tanaman jenis palem pendek, tanaman hias seperti monster, tanaman penyaring udara seperti lidah buaya atau lidah mertua hingga tanaman yang tidak memerlukan banyak air seperti kaktus dan sukulen.

5. Kamar Tidur Minimalis

Desain minimalis, seperti pada dekorasi rumah minimalis type 36, saat ini menjadi primadona di dunia desain interior. Tak hanya orang tua, bahkan anak millennial pun menyukai desain minimalis. Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang dapat menjadi solusi desain ruangan rumah agar Instagramable karena kamar adalah tempat yang paling ingin kita buat nyaman. Salah satu ide untuk ruang kamar minimalis adalah dengan menggunakan dominasi warna putih. Warna putih dapat diaplikasikan di dinding, seprei dan bedcover hingga beberapa perabot. Padukan dengan warna cat rumah agar terlihat luas dan nyaman.

Sebagai tambahan untuk cara menata ruangan rumah atau ruang tidur, Anda dapat menggunakan karpet dengan motif geometri yang juga menggunakan warna minimalis, yaitu hitam putih. Untuk kesan yang lebih kontras, Anda dapat menggunakan lantai parket kayu untuk kesan yang lebih natural. Ketahui juga tips memilih cat yang bagus untuk kamar tidur. Hindari kesalahan dalam desain interior dengan mengurangi penggunaan aksesori yang tidak perlu.

6. Ruang Belajar Artistik

Selain kamar, ruang belajar atau ruang kerja adalah salah satu ruang yang juga dapat dijadikan salah satu ruang Instagramable. Ruang belajar tidak perlu membutuhkan space yang terlalu besar. Bahkan ruang belajar ini dapat dijadikan satu dengan kamar tidur sehingga dapat menghemat waktu dan energi Anda untuk memikirkan desainnya. Tidak ada yang tahu bukan kalau misalnya saja ruang tidur dan ruang belajar atau ruang kerja Anda ada di dalam satu ruangan?

Salah satu cara untuk menata ruang belajar yang Instagramable adalah dengan meletakkan meja belajar di salah satu sudut dinding. Jika ruangan Anda berjendela, maka akan lebih baik meletakkan meja tempat di sisi jendela agar pencahayaan alami ruang menjadi lebih maksimal. Jangan lupa menambahkan kursi dengan desain chic agar tampilan terlihat lebih menarik. aksesori tambahan lain yang juga dapat dimasukkan adalah karpet, tanaman, lampu dan beberapa tumpukan buku di meja.

Itulah tadi 6 solusi desain ruangan rumah agar Instagramable paling keren yang dapat Anda aplikasikan pada ruangan rumah Anda. Niscaya dengan beberapa desain tersebut maka feed Instagram Anda akan lebih menarik. Selain itu, upload gambar secara berkala ya, agar followers juga makin bertambah. Selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Desain