Sponsors Link

7 Cara Menata Barang Agar Terlihat Instagramable dan Ciamik

cara menata barang agar instagramableSebagai salah satu media sosial yang paling diminati saat ini, instagram kerap menjadi mini blogger dalam segi visual untuk para pengguna media sosial. Ada banyak tema niche personal blog yang ditampilkan, mulai dari mini blog kesehatan atau holistic, motivasi diri, desain illustrasi hingga yang saat ini menjadi tren adalah instagram dengan niche home décor atau dekorasi rumah seperti rumah sachi.

Setiap orang pasti memiliki rumah atau tempat tinggal, tidak terkecuali bagaimana latar belakang atau karakter mereka seperti misalnya menata rumah sempit ala Jepang. Oleh karena itu, mini blog instagram dengan niche dekorasi interior rumah dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja dengan kemampuan mereka untuk menata barang agar Instagramable atau menarik. Lalu bagaimana sih cara membuat sudut rumah menjadi foto yang menarik untuk di pajang di halaman Instagram Anda? Nah, ini dia beberapa tips menata rumah atau cara menata barang agar terlihat Instagramable dengan mudah dan murah.

1. Detail warna menarik

Warna adalah salah satu elemen visual yang dapat menarik perhatian seseorang, terlebih warna-warna cerah dan beberapa warna primer seperti merah, kuning dan biru. Untuk itu tips pertama dan yang paling utama untuk menata barang agar instagramable adalah menata barang yang memiliki warna menarik. Rangkaian warna pastel adalah salah satu yang menjadi tren saat ini. Beberapa warna pastel dapat diaplikasikan pada dinding, bantal atau aksesori yang lain seperti karpet.

Selain warna pastel, warna putih yang dikombinasikan dengan material kayu juga dapat menjadi pilihan. Terlebih kombinasi tersebut cocok untuk interior dengan tema skandinavian yang saat ini memang banyak diminati. Selain itu, penataan barang juga dapat dilakukan dengan menampilkan satu atau dua warna bold sebagai point of interest dalam ruang agar lebih menarik perhatian peminat.

2. Utamakan kerapian

Kerapian dan keteraturan adalah poin penting untuk membuat gambar visual menjadi semakin menarik, terlebih untuk penataan perabot interior. Seperti yang banyak terlihat di majalah interior atau rumah, foto-foto interior yang tampak cenderung lebih rapi. Ini juga dapat membuat ruang terasa lapang dan lega dan menarik minat viewer untuk meniru Anda. Bukan tidak mungkin menata barang dengan rapi akan membuat follower instagram Anda naik secara signifikan.

Buang semua barang yang tidak berguna, kain atau baju teronggok di kursi atau gantungan-gantungan barang di dinding yang tidak perlu. Ketahui juga cara menata ruangan kamar yang sempit atau inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil untuk penataan yang lebih rapi di luas ruang terbatas.

3. Atur hierarki ukuran

Sama halnya seperti cara menata rumah minimalis, mengatur ukuran perabot merupakan salah satu cara menata barang agar terlihat instagramable dengan mudah dan murah yang dapat dilakukan. Perhatikan ukuran perabot yang hendak ditata. Ada baiknya untuk perabot dengan ukuran lebih besar diletakkan di posisi yang lebih belakang agar tidak menutupi furnitur yang lebih kecil. Selain itu perabot berukuran besar juga memiliki fungsi ganda sebagai background foto yang menarik. beberapa perabot besar dapat berupa lemari, rak buku, rak sepatu, kabinet dapur, island table hingga meja makan.

4. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan alami atau sinar matahari adalah salah satu pencahayaan yang baik untuk membantu foto yang Anda ambil terlihat lebih bagus. Pencahayaan alami yang bagus adalah pada jam pagi sekitar jam 6 hingga jam 8. Sedangkan untuk sore hari adalah di atas jam 4 sore hingga menuju petang. Untuk mengambil foto dengan bantuan pencahayaan alami, usahakan cahaya tersebut tidak di belakang objek karena akan membuat barang terlihat lebih gelap.

Selain itu, pencahayaan buatan yang bersumber dari lampu juga dapat digunakan. Atur barang Anda agar mendapat pencahayaan lampu yang cukup agar foto instagram terlihat lebih menarik. Lampu berwarna putih lebih umum digunakan untuk pencahayaan interior. Bagian terpenting sejak awal adalah hindari kesalahan dalam desain interior agar setiap ruang dapat memiliki pencahayaan yang cukup.

5. Motif yang seimbang

Selain itu, untuk menata barang agar terlihat instagramable yang mudah adalah mengatur motif yang seimbang. Misalnya saja Anda menggunakan bantal duduk, karpet, tirai atau aksesori dekorasi yang lain. Ada baiknya untuk memperhatikan pola kain dari aksesori tersebut. Jangan mencampur motif garis, kotak-kotak atau polkadot dalam satu frame foto dengan jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan dapat membuat pusing mata orang yang melihat Instagram Anda.

Atur secara seimbang motif tersebut. Semisal Anda dapat memadukan bantal polkadot dengan karpet dan tirai yang polos atau selimut bergaris dengan sprei polos, dan sebagainya. Begitu pun pola lantai ubin atau kayu dan dinding juga dapat menjadi perhitungan pemilihan motif perabot yang hendak digunakan.

6. Tambah aksesori

Agar interior Anda tidak terlalu sepi dan semakin sedap dipandang, Anda dapat menambahkan aksesori pada pengaturan barang di dalam interior yang hendak difoto. Beberapa di antaranya seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya adalah bantal duduk, karpet semisal pada tips memilih karpet ruang tamu, lampu meja atau bahkan lampu gantung yang unik. Saat ini aksesori dekorasi yang sedang populer adalah gambar berbingkai yang biasanya berisi quote atau gambar-gambar tanaman.

Gambar tersebut dapat diletakkan secara menggantung di dinding sebagai background yang cantik. Selain itu, gambar berbingkai ini juga dapat diletakkan di atas kabinet yang bersebelahan dengan lampu meja atau aksesori lain seperti foto maupun vas.

7. Unsur hijau dalam ruang

Tak hanya aksesori, tanaman hias pun dapat menjadi elemen yang cantik untuk membuat ruangan Anda menjadi lebih instagramable. Sebagai contoh adalah  tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah dapat digunakan ataupun jenis tanaman bonsai. Tanaman hias ini dapat diletakkan di coffee table atau di kabinet. Selain itu, tanaman juga dapat digantung menggunakan tali putih yang dirajut sedemikian rupa.

Itulah tadi cara menata barang agar terlihat Instagramable dengan mudah dan murah yang dapat dilakukan oleh Anda baik yang ada di rumah sendiri, apartemen atau kos-kosan. Meskipun tidak memiliki ruang yang luas atau variasi perabot yang beragam, foto akan tampak makin indah ditambah dengan faktor angle atau kemampuan kita mengambil sudut gambar pemotretan. Selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot