Sponsors Link

Mengetahui 6 Cara Membuat Kanopi dari Kayu

kanopi kayuBerbagai jenis kayu konstruksi nampaknya tidak pernah bosan digunakan untuk mempercantik berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Kayu merupakan salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang sangat populer. Sebab tidak hanya dapat digunakan sebagai pelapis lantai, material ini dapat menjadi cara menyulap rumah biasa menjadi mewah melalui material penutup dinding. Pemanfaatan bahan kayu dalam hunian tidak berhenti sampai situ saja. Kayu merupakan material yang digunakan untuk membuat berbagai jenis-jenis atap rumah, juga jenis-jenis kanopi rumah. Kanopi merupakan sebuah penutup sederhana yang biasa digunakan pada teras dan carport rumah. Model kanopi kayu banyak menjadi incaran pembeli karena bentuknya yang unik serta terkesan lebih alami. Material kayu secara tidak langsung memberikan dampak visual yang dramatis sehingga tampilan rumah Anda pun semakin menarik. Terlebih jika Anda memiliki jenis kayu yang tidak dimakan rayap yang berkualitas serta memiliki serat kayu yang unik.

ads

Meskipun kanopi baja ringan cukup populer di pasaran, namun kanopi kayu tetap memiliki pelanggan setianya. Atap kanopi dapat menggunakan jenis atap baja ringan atau yang dikenal dengan sebutan polycarbonate. Pembuatan kanopi ini dapat menggunakan tenaga ahli atau mencari rangka kanopi yang sudah jadi. Namun sebenarnya, Anda dapat membuat kanopi dari kayu sendiri lho! Penasaran? Berikut ini adalah langkah-langkah dari cara membuat kanopi dari kayu yang baik dan benar, simak!

  1. Perencanaan pembuatan kanopi

Sebelum hendak membuat kanopi dari kayu, ada baiknya Anda membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda perlu mengetahui besaran dimensi kanopi yang dibutuhkan. Jangan sampai kebesaran atau kekecilan, sebab akan merugikan Anda pada akhirnya. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan desain kanopi yang sesuai dengan macam-macam konsep bangunan yang digunakan. Apakah konsep arsitektur modern tropis, rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya.

  1. Merencanakan anggaran

Selain membuat rencana desain, Anda juga perlu membuat rencana anggaran pembuatan. Apabila Anda memiliki budget yang minim, jenis kayu yang digunakan harus disesuaikan kembali. Jangan sampai memberatkan Anda nantinya. Merencanakan anggaran juga membantu Anda untuk mengatur jumlah dana yang dibutuhkan selama proses pembuatan berlangsung.

  1. Membangun lantai dasar kanopi

Tahap pertama yang dilakukan pada saat proses pembuata kanopi dari kayu adalah membangun dasar kanopi terlebih dahulu. Cukup menggunakan bahan dasar berupa semen, kerikil, gamping dan juga pasir secukupnya. Alternatif lain yang dapat Anda gunakan bisa dengan menggunakan batu bata paving. Caranya adalah dengan meratakan permukaan tanah, lalu satukan paving-paving tersebut dengan menggunakan pasir.

  1. Membangun tiang dan kerangka kanopi

Setelah itu, proses pekerjaan berlanjut pada pembuatan tiang yang terbuat dari bahan dasar kayu. Pastikan kondisi kayu yang akan digunakan benar-benar dalam keadaan baik. Tidak rusak dan cacat seperti terdapat lubang-lubang pada permukaan kayu dan sebagainya.

  1. Mendirikan tiang

Proses mendirikan tiang tidak dapat dilakukan hanya dengan satu orang saja. Anda aka membutuhkan bantuan beberapa orang untuk menegakan tiang ini. Jangan lupa siapkan berbagai alat pendukung seperti tang, palu, paku, mur serta baut. Proses mendirikan tiang ini harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

  1. Proses finishing

Apabila tiang sudah dipastikan kokoh, maka Anda dapat memasang atap kanopi. Atap kanopi yang dapat digunakan banyak dan beragam, semuanya kembali pada dana yang Anda miliki. Proses finishing atap juga dapat di cat kembali dengan warna baru.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Atap