Sponsors Link

9 Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek

Sponsors Link

Menggunakan pintu geser triplek merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk menyiasati ruang yang sempit. Pintu geser membuat ruang dekat area pintu dapat digunakan secara maksimal, untuk menempatkan sofa misalnya. Dimana, model sofa untuk ruang tamu kecil dan sempit adalah pilihan yang tepat untuk ruangan yang sempit. Pintu geser disebut juga Pintu Rumah Minimalis karena sangat hemat tempat dan ruang. Setelah mempelajari cara membuat pintu geser kayu, anda akan perlu menyimak pembuatan pintu geser dari material lain yaitu triplek. Banyak kita temukan berbagai macam Jenis-Jenis Pintu dengan berbagai bahan yang digunakan. Mulai dari triplek, kayu, dan aluminium. Berikut akan di jelaskan tahapan-tahapan cara membuat pintu geser dari triplek.

ads

Bagaimana tahapannya dan apa saja peralatan yang diperlukan? Simak artikel ini mengenai cara membuat pintu geser dari triplek :

  1. Menentukan 3 ukuran utama

howtomeasureforaslidingbarndoorDalam proses membuat pintu geser triplek, anda akan membutuhkan tiga ukuran utama untuk menyusun kerangka pintu. Tiga ukuran itu yaitu yang pertama adalah ukuran lebar total dinding tempat pintu geser diletakkan. Anda dapat mengamati foto di samping sebagai contoh pengambilan ukuran. Lebar total yang dimaksud akan diukur dari ujung satu ke ujung lainnya, namun bisa juga ukuran menyesuaikan dengan seberapa jauh pintu tersebut ingin anda geser.

Paling tidak, pintu harus dapat digeser sejauh dua kali lipat ukuran lebar pintu. Lalu kedua adalah ukuran tinggi dinding dari lantai ke langit-langit. Ukuran yang terakhir yaitu lebar dari kusen pintu geser. Anda dapat menggunakan meteran rol saat proses pengukuran ini.(Baca : Cara Membuat Kusen Kayu)

  1. Membeli kayu

barn_door_instructions_1Anda telah mendapatkan ukuran yang diperlukan, selanjutnya anda perlu membeli kayu balok kecil yang akan berfungsi sebagai kerangka pintu geser triplek. Karena pintu geser triplek ini diletakkan dalam ruangan, material kayu tidak perlu yang terlalu berat. Pilihlah jenis kayu yang ringan dan lentur.

Kayu balok biasanya masih memiliki permukaan yang kasar, maka anda harus mengahluskannya dengaan amplas terlebih dahulu agar serat-serat kayu yang mencuat dapat hilang. Dengan mengasumsikan ukuran pintu sebesar 180 cm x 130 cm, berikut rincian jumlah kayu yang diperlukan untuk membuat kerangka dalam:

 

Panjang Kayu

Jumlah

180 cm

2 buah

130 cm

6 buah
40 cm

3 buah

30 cm

4 buah

Sementara untuk kerangka luar, anda akan membutuhkan 2 buah kayu sepanjang 185 cm dan dua buah kau dengan panjang 135 cm. Karena fungsi kerangka luar adalah untuk memperkokoh pinti, pilihlah jenis kayu yang lebih tebal dan kuat daripada kayu yang digunakan untuk kerangka dalam.

Balok kayu biasanya dijual dalam ukuran sepanjang 2 meter, oleh karena itu jumlah balok kayu yang akan anda perlu beli untuk kerangka dalam yaitu sebanyak 8 balok kayu yang nantinya akan dipotong sesuai ukuran panjang yang telah disebutkan pada tabel di atas.

3. Menyiapkan peralatan

howtobuildslidingbarndoorhardwareProses pembuatan pintu geser triplek membutuhkan beberapa peralatan yang kurang lebih sama dengan proses membuat pintu aluminum, pintu geser kayu atau jendela kayu. Beberapa peralatan atau Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah yang diperlukan dalam mengerjakan pintu geser kain diantaranya: gergaji kayu, mesin bor, meteran rol, amplas, sekrup, besi penyangga, pengait, cincin besi, pipa besi kecil dan pipa 90◦.

Perlengkapan seperti gambar di samping penting untuk memasang pintu geser di dinding, tepatnya saat memasang besi penyangga pintu. Cincin besi, pipa besi kecil, pipa 90◦ dan besi penyangga adalah satu kesatuan. Anda dapat menemukan perlengkapan dan peralatan tersebut di toko bangunan. Selain itu jika anda ingin mengecat triplek, maka anda akan membutuhkan juga cat kayu beserta kuasnya.

Baca :

4. Menyusun kerangka dalam

Kerangka yang akan dibuat terbagi menjadi kerangka dalam dan luar. Nantinya, kedua kerangka tersebut akan digabungkan. Kerangka yang perlu dibuat terlebih dahulu adalah kerangka dalam.

  1. Ketika semua kayu telah dipotong menjadi ukuran yang dibutuhkan, kini saatnya untuk merangkainya menjadi kerangka pintu geser. Mulailah merangkai kerangka dalam terlebih dahulu, mula-mula ambillah kayu yang berukuran 180 cm dan 130 cm. Susun kayu membentuk persegi panjang dan gunakan sekrup ulir untuk menyatukannya.
  2. Kerangka persegi panjang telah siap, kemudian mulailah untuk memasang 6 buah kayu dengan panjang 130 cm. Pasang kayu secara vertical hingga membentuk lima kolom. Tinggi kolom pertama adalah 40 cm dan kolom kedua 30 cm, ulangi hingga kolom kelima.
  3. Kini kerangka dalam telah membentuk 5 kolom, saatnya memasang kayu-kayu berukuran 40 cm dan 30 cm. Pasanglah kayu sesuai dengan kolom yang memiliki tinggi yang sama. Bilah kayu ukuran 40 cm dipasang pada kolom pertama, ketiga dan kelima. Kayu ukuran 30 cm dipasang di kolom kedua dan keempat dengan jumlah kayu pada masing-masing kolom sebanyak dua buah.
Sponsors Link

5. Memasang triplek

Kerangka dalam pun telah selesai, tahap selanjutnya adalah memasangkan triplek penutup. Anda dapat menggunakan jenis triplek apa saja, namun disarankan untuk menggunakan kain berbahan ringan untuk memudahkan pergeseran pintu geser triplek. Triplek yang diperlukan hanyalah satu lapis saja agar tidak terlalu berat. Gergajilah triplek sesuai panjang dan lebar kerangka yaitu 185 cm x 135 cm.

Pinggir triplek dapat berbahaya karena ada serat kayu yang mencuat, oleh karenanya perlu diamplas terlebih dahulu. Anda juga dapat berkreasi dengan triplek tersebut, misalnya mengetahui terlebih dahulu Cara Memilih Warna Cat yang sesuai untuk tripleks sebagai hiasan cat di pinggir sesuai selera. Adapun cara untuk memasang triplek ke kerangka adalah dengan menggunakan paku kecil khusus kayu. Menggunakan paku kayu membuat pintu semakin kokoh.

6. Memberi kerangka luar

barn_door_instructions_2Kini pintu geser yang anda buat hampir rampung. Agar pintu dapat berdiri kokoh, pasangkan kerangka luar pada kerangka dalam. Dengan adanya kerangka luar, pintu akan terbingkai rapi dan lebih kuat. Ukuran kerangka luar adalah 185 cm x 135 cm atau melebihi 5 sentimeter dari ukuran kerangka dalam.

Gabungkan kerangka luar dan dalam menggunakan sekrup yang kuat. Anda dapat mengecat kayu kerangka luar terlebih dahulu jika anda menginginkannya. Pastikan saja cat kayu yang anda gunakan telah benar-benar kering pada kayu sebelum ditempelkan dengan kerangka pintu bagian dalam.

Baca juga :

7. Menancapkan pengait besi

diylightweightslidingbarndoor3Pintu geser triplek telah terbentuk, tahap berikutnya ialah menancapkan pengait besi. Jika pada pintu konvensional terdapat engsel, pengait besi ini berguna sebagai subtitusi engsel pintu. Pengait besi berfungsi sebagai tempat besi penyangga yang akan dipasang di dinding, sehingga pintu geser dapat digantung.

Pengait besi ini ditancapkan pada kayu bagian atas pintu. Lubangi kayu terlebih dahulu menggunakan mesin bor. Proses melubangi harus dipastikan dapat mencapai kayu pada kerangka dalam. Jika kayu telah dilubangi, barulah pengait dapat dipasang. Agar seimbang, anda memerlukan dua buah pengait yang dipasang di ujung kanan dan kiri pintu geser triplek.

8. Memasang roda

Bagian terpenting dari sebuah pintu geser adalah roda, karena roda memungkinkan pergerakan pintu tersebut. Pasanglah roda sejumlah dua buah, dengan posisi di bagian kiri dan kanan pintu. Posisi roda dapat disejajarkan dengan posisi anda memasang pengait agar tumpuannya seimbang. Anda harus melubangi kayu bagian bawah untuk bisa memasang roda.

Lubangi kayu yang dalamnya mencapai lapisan kayu kerangka dalam menggunakan mesin bor, hal ini dimaksudkan agar roda tidak hanya menopang kerangka luar namun juga kerangka bagian dalam. Kemudian, pasang roda dengan sekrup. Lakukan hal serupa pada sisi lain pintu. Pastikan roda yang digunakan cukup kuat untuk menopang pintu geser triplek.

Sponsors Link

9. Memasang besi penyangga

Besi penyangga berfungsi sebagai tempat untuk menggantungkan pintu geser triplek. Panjang besi penyangga dapat disesuaikan dengan lebar dinding atau menyesuaikan panjang sejauh pintu dapat bergeser. Untuk memasang besi penyangga ke dinding anda akan membutuhkan cincin besi sebagai penghubung.

Cincin besi tersebut dipasang menggunakan sekrup ke dinding, lalu sambungkan dengan pipa besi kecil yang berfungsi menghubungkan dengan pipa 90◦. Barulah besi penyangga dapat dipasang. Jangan lupa untuk memasang pintu bersamaan dengan proses pemasangan besi penyangga. Pengait pada pintu dimasukkan dalam besi penyangga dalam posisi seperti menggantung.

Apabila anda ingin menggunakan pintu geser sebagai pintu utama rumah, pastikan pintu tersebut dapat terkunci rapat untuk mencegah rumah kemalingan. Bagi rumah dengan desain rumah minimalis, akan lebih cocok jika pintu geser terbuat dari aluminium.

Artikel Lainnya :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 13th, September 2016 / 17:11 Oleh :
Kategori : Pintu