Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Kaca Kamar Mandi Berjamur

Cara membersihkan kaca kamar mandi berjamur cukup mudah. Pintu kamar mandi kering yang terbuat dari kaca memang terlihat jernih dan cantik dipasang. Namun, sayangnya sisa sabun, minyak, kapur, buih, bahkan jamur selalu menempel di kaca kamar mandi. Apabila tidak segera dibersihkan, tentu saja kaca kamar mandi menjadi buram dan tidak bagus dipandang. Membersihkan kaca kamar mandi secara teratur merupakan cara paling efektif menghindari jamur muncul pada kaca. Selanjutnya kami akan merangkum cara membersihkan kaca kamar mandi berjamur untuk Anda. (baca juga: Pembersih Lantai Kamar Mandi Paling Ampuh dan Alami)

ads

Menghilangkan Jamur pada Kaca

Cara membersihkan kaca kamar mandi berjamur menggunakan produk pembersih siap pakai memang terasa lebih mudah menghalau jamur membandel. Namun Anda harus membaca baik-baik petunjuk pemakaian dan keselamatan pada kemasan. Sebab produk pembersih kimia termasuk keras.

Beberapa produk bisa menimbulkan sesak napas atau masalah pada kulit. Untuk lebih amannya memang tidak menunggu sampai jamur mengeras pada kaca kamar mandi.  Berikut kami sampaikan cara membersihkan kaca kamar mandi berjamur: (baca juga: Desain Interior Kamar Tidur yang Unik)

  1. Setiap kali Anda selesai mandi, kaca kamar mandi tentunya basah dan lembab. Hal ini menyebabkan jamur cepat berkembang. Cara menghindarinya adalah membiatkan pintu kaca kamar mandi tetap terbuka. Sehingga udara luar bisa masuk ke dalam kamar mandi. Hal ini membuat kaca kamar mandi yang basah bisa cepat kering dan menghindari tumbuhnya jamur. (baca juga: Desain Kamar Tidur Anak dan Dewasa)
  2. Bercak air atau lapisan sabun dan minyak yagn menempel pada kaca kamar mandi tidak bagus dilihat. Apabila sudah telanjur menumpuk, Anda bisa menggunakan produk pembersih toko untuk menggosok kaca kamar mandi secara perlahan. Sekali lagi baca baik-baik petunjuk pemakaian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (baca juga: Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Bersih)
  3. Anda juga bisa menggunakan pembersih alami yang bisa didapat di dapur. Yaitu dengna menggunakan campuran cuka dan air dengan jumlah takaran yang sama. Cuka memiliki efek asam yang bisa mengelupas kerak dan bercak sabun dan minyak yang membandel. Caranya adalah menyemprotkan campuran air dan cuka pada permukaan kaca. selanjutnya diamkan selama kurang lebih lima menit agar cuka bisa bereaksi dengan baik. Selanjutnya bilas kaca dengan air hangat. (baca juga: Cara Pasang Otomatis Pompa Air Listrik)
  4. Pembersih ampuh lain yang bisa Anda pakai untuk kaca kamar mandi adalah bulao atau bleu yang berwarna biru untuk pewarna baju. Cara adalah mencampur bulao pada air hingga menggental. Kemudian ratakan pada kaca dengan memakai koran . diamkan bulau pada kaca sampai kering. Selanjutnya setelah kering, bilas kaca kamar mandi menggunakan sikap gigi bekas. Bersihkan hingga tidak ada lagi sisa bulao menempel pada kaca. Cara ini cukup efektif untuk membuat kaca kembali jernih bebas dari jamur. (baca juga: Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana)

Membersihkan Cermin Kamar Mandi

Cermin dalam kamar mandi berfungsi penting bagi penghuninya. Sisa cipratan sabun dan air dari wastafel, bekas tangan, bekas tempelan riasan atau bedak, bila dibiarkan terlalu lama membuat cermin jadi berjamur dan buram. Oleh sebab itu, jangan lupakan kebersihan cermin dalam kamar mandi.

Produk pembersih yang sudah jadi cukup banyak di pasaran. Namun Anda juga bisa membuat pembersih kaca sendiri dari bahan disekitar Anda. Berikut ini adalah cara membersihkan kaca cermin kamar mandi berjamur dan buram: (baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dengan Efektif)


  1. Pasta gigi selain untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda, memiliki fungsi lain yaitu untuk membersihkan kaca cermin kamar mandi. Caranya cukup mudah. Oleskan pasta gigi pada permukaan cermin secara merata menggunakan sikat gigi bekas. Tunggulah sampai pasta gigi mengering. Cara ini untuk membantu zat-zat pembersih dalam pasta gigi bereaksi pada jamur dan noda pada kaca cermin kamar mandi. Setelah kering, bilaslah cermin menggunakan kain lap basah atau kertas koran. Kaca cermin kamar mandi Anda bisa kembali jernih seperti baru. (baca juga: Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Sederhana)
  2. Alkohol juga bisa menjadi pembersih alternatif untuk kaca cermin kamar mandi. Anda bisa membeli cairan alkohol yang berkadar 50-90 persen. Tuang cairan alkohol pada kain lap atau kapas lembut. Gosokkan pada bagian kaca yang terlihat kotor karena sisa sabun, minyak ataupun jamur. (baca juga: Tata Cara Jual Beli Apartemen yang Wajib Diketahui)
  3. Bubuk kaporit memiliki sifat sebagai penjernih. Oleh sebab itu bubuk kaporit juga cukup efektif untuk membersihkan kaca cermin kamar mandi Anda. caranya cukup mudah. Larutkan terlebih dahulu bubuk kaporit ke dalam air sampai rata dan kental. Selanjutnya oleskan campuran bubuk kaporit merata pada cermin dan tunggulah sampai mengering. Selanjutnya bilas dengan lap basah sambil digosok sesekali pada bagian noda yang membandel. Selain menggunakan lap basah, Anda juga bisa menggunakan kertas koran untuk mengelap kaca cermin. (baca juga: Cara Kredit Mobil Tanpa DP)
  4. Cairan pemutih pakaian juga cukup efektif untuk membuat kaca cermin menjadi bening kembali. Langkahnya pun cukup mudah. Tuang cairan pembersih pada kain lap. Baru selanjutnya gosokkan pemutih pakaina pada noda di kaca cermin secara lembut. (baca juga: Pembersih Lantai Kamar Mandi Paling Ampuh dan Alami)
  5. Bahan terakhir yang bisa Anda pakai untuk membersihkan cermin adalah face tonik atau air pembersih wajah wanita. Cairan bening ini cukup efektif seperti juga pada cairan Cara sama seperti sebelum-sebelumnya. Tuang face tonik pada kapas atau kain lap. Baru selanjutnya sapukan pada bagian kotor di cermin Anda. Bila masih terlihat bintik hitam pada permukaan cermin, artinya noda tersebut berasal dari bagian belakang cermin. Itu menandakan cermin Anda sudah cukup tua. (baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis Modern)

Selain bagian kaca dan cermin pada kamar mandi, sebenarnya ada bagian yang tidak boleh juga dilupakan. Yaitu tirai kamar mandi. Cipratan sabun, shampo, minyak dan air cukup membuat tirai kamar mandi berjamur. (baca juga: Cara Memasang Meteran Listrik Rumah dengan Aman)


Membersihkan Tirai Shower

Apabila Anda masih menggunakan tirai untuk kamar mandi Anda, jangan lupa menggantinya setiap satu bulan sekali. Cuci bersih tirai shower kamar mandi agar tidak menimbulkan jamur hitam yang mengganggu pemandangan. Berikut cara membersihkan tirai shower: (baca juga: Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu Sederhana)

  1. Rendam tirai kamar mandi dalam air deterjen semalam. Gosok bagian-bagian yang paling sering terkena cipratan sabun dengan sikat. (baca juga: Cara Menjahit Gorden Pita dengan Sederhana)
  2. Apabila Anda menggunakan mesin cuci, masukkan dua handuk bersama tirai shower kedalam mesin cuci. Fungsi handuk tersebut untuk membantu menggosok tirai seperti sikat agar kotoran luntur dan larut bersama air. Jangan lupa baca cara pencucian tirai shower agar tidak terjadi robek atau hal lain yang tidak diinginkan. (baca juga: Cara Membuat Gorden Sendiri)
  3. Pada bilasan terakhir tuangkan cuka pada air bilasan tirai shower. Fungsinya adalah sebagai desinfektan dan menghilangkan bau-bau yang kurang sedap karena jamur. (baca juga: Tips Memilih Sofa yang Awet dan Nyaman)

Demikian cara membersihkan kaca kamar mandi berjamur, kaca cermin, dan juga shower kamar mandi  rumah Anda. Semoga bermanfaat (*)

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan