Sponsors Link

7 Desain Pintu Geser Rumah Minimalis

Keberadaan pintu rumah sangat penting dan juga vital dalam kehidupan sehari-hari. Pintu merupakan bagian depan dari rumah yang pertama kali dijumpai. Pintu sendiri adalah bagian dari tatanan rumah. Sekarag ini telah banyak jenis-jenis pintu rumah contohnya saja seperti Pintu Rumah Minimalis dengan desain yang unik dan menarik. Salah satunya pintu geser. Pintu geser memang belum banyak digunakan, namun bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menampilkan kesan unik pada rumah.

ads

Berikut akan dirangkum Jenis-Jenis Pintu geser beserta desain pintu geser  yang sesuai untuk rumah minimalis berbagai type milik Anda.

1. Pintu Geser Klasik

gambar-desain-pintu-geserDesain pintu geser yang pertama adalah pintu geser yang mengambil tema klasik.Disebut pintu geser klasik karena pintu geser jenis ini terdiri atas dua lapisan.

Pada lapisan pertama ada pintu yang dibuat dari kaca untuk mengurangi penyebab semut banyak di rumah. Pada lapisan kedua ada pintu yang terbuat dari kayu, dimana Cara Membuat Pintu Geser Kayu ini sangat berbeda dengan pintu geser klasik.

Desain pintu geser jenis klasik ini cocok sekali dipasang pada:

  • Area depan rumah.
  • Pintu yang mengarah ke halaman samping atau belakang rumah.

2. Pintu Geser Triplek

lemari-pakaian-minimalis-terbaruAkhir-akhir ini, cara membuat pintu geser dari triplek banyak dilirik oleh orang-orang. Anda pun bisa menggunakan pintu geser jenis ini untuk rumah Anda. Umumnya, mendesain pintu geser ini harus bisa digeser sejauh ukuran pintu. Minimal dalam jarak dua kali lipat.

Pintu geser triplek juga umumnya menggunakan kayu balok dengan permukaan kasar sebagai dasar atau kerangka. Kayu balok dengan permukaan kasar dipilih sebagai dasar atau kerangka dari pintu geser jenis ini untuk memperkuat efek fleksibel yang dimiliki oleh pintu geser.

Menggunakan pintu geser triplek dapat mempercantik rumah dan membuat tampilan depan rumah Anda terlihat apik dan unik, dan juga terlihat tidak biasa dibandingkan dengan rumah-rumah lain pada umumnya.

Tampilan rumah jadi terlihat tidak biasa dan unik karena pada umumnya, rumah-rumah lain jarang menggunakan pintu geser, terutama sekali pintu geser dari triplek ini.

Selain itu, pintu geser triplek ini juga memiliki tiga kelebihan menarik lainnya jika digunakan sebagai pintu di rumah Anda.

  • Membuat ruangan di area pintu bisa digunakan dengan baik.
  • Sebagai solusi untuk ruangan sempit di dalam rumah.
  • Dapat digunakan sebagai pintu lemari.

Artikel info minimalis :

3. Pintu Geser Kayu

desain-pintu-geser-kayuDesain pintu geser yang ketiga adalah pintu geser dengan bahan dasar kayu. Sama halnya seperti pintu geser triplek, akhir-akhir ini banyak orang mulai mencari tahu tentang cara membuat pintu geser kayu hemat tempat.

Membuat sendiri pintu geser kayu tidaklah sulit, apalagi jika Anda sudah tahu langkah-langkahnya. Pengerjaannya pun termasuk cepat dan tidak menghabiskan banyak dana untuk membeli bahan-bahan dalam membangun rumah.

Pintu geser kayu termasuk unik karena beberapa desainnya menggunakan lintasan dan dipasangi roda agar pintu bisa didorong. Untuk membuat pintu ini, Anda tidak perlu cemas pintu ini akan memakan banyak ruang. Pintu geser kayu termasuk hemat dalam penggunaan ruang.

Pintu geser kayu sendiri memiliki beberapa kelebihan.

  • Tidak membutuhkan area yang besar.
  • Dapat diletakkan di ruang sempit.
  • Menghemat ruang.
  • Dapat digunakan sebagai pintu kamar mandi.

4. Pintu Geser Gaya Jepang

sliding-door-model-minimalis-ala-jepangDesain pintu geser keempat yang cocok dan sesuai untuk desain rumah minimalis berbagai type berikutnya adalah pintu geser gaya Jepang. Orang Jepang memang terkenal akan konsistensinya dalam hal-hal tradisional. Begitu juga dengan penggunaan pintu geser, yang tetap dipertahankan.

Anda dapat menggunakan pintu geser jenis ini, karena tampilannya yang unik dan tergolong tidak biasa pada rumah-rumah di Indonesia.

Ada beberapa kelebihan unik dan menarik yang dimiliki pintu geser gaya Jepang.

Baca artikel lainnya :

Sponsors Link

5. Pintu Geser Lipat

img_0763-300x225Desain pintu geser kelima yang cocok dan sesuai untuk digunakan di rumah Anda adalah pintu geser lipat. Pintu geser jenis ini biasanya ditemukan pada garasi rumah, karena desainnya yang gampang dibuka.

Anda juga bisa menggunakan pintu ini di bagian lain dalam rumah Anda, misalnya pada desain kamar tidur anak dan dewasa.

Kebanyakan, pintu geser jenis ini terbuat dari kayu untuk memudahkan proses membuka pintu. Kayu cocok karena tidak perlu memakai roda di bagian bawah.

Pintu geser lipat, tentu saja, memiliki beberapa kelebihan jika dipakai di rumah Anda.

  • Transparansi ruang bertambah.
  • Fleksibilitas ruang bertambah.
  • Tidak membutuhkan lintasan roda.
  • Mudah digerakkan.
  • Warna beragam.
  • Cocok untuk desain rumah jenis apa saja.

6. Pintu Geser Fiber Glass

harga-pintu-kaca-geser-kamar-mandiDesain pintu geser keenam yang cocok digunakan pada rumah sederhana dan unik milik Anda berikutnya adalah pintu geser fiber glass. Sama seperti pintu geser kayu, pintu geser fiber glass juga cocok  sebagai pintu kamar mandi.

Pintu geser fiber glass juga cocok dijadikan pintu pembatas rumah dan halaman. Hal ini dikarenakan karena pintu geser ini fleksibel dan mudah digunakan. Pintu geser fiberglass memang tergolong pintu geser jenis baru dan belum banyak digunakan dalam rumah.

Pada beberapa desain rumah, pintu geser fiber glass dilengkapi juga dengan lintasan roda untuk lebih memudahkan Anda dalam membuka dan menutup pintu. Anda harus tetap hati-hati dalam menggeser pintu fiber glass yang memiliki lintasan ini.

Kehati-hatian dalam membuka dan menutup pintu geser fiber glass harus benar-benar Anda perhatikan. Ini dilakukan agar resiko railing atau roda pada lintasan aus dan menyebabkan pintu menjadi macet dan sulit dibuka.

Walaupun masih belum banyak orang yang menggunakan pintu geser fiber glass, namun ada kelebihan yang dimiliki pintu ini jika Anda gunakan sebagai pintu ruangan di dalam rumah.

  • Dapat digunakan sebagai pintu kamar mandi.
  • Mudah digunakan.
  • Dapat digunakan di area rumah luas maupun sempit.
  • Tidak perlu memakai lintasan roda.
  • Membuat cahaya ruangan semakin baik, bahkan tanpa lampu.
  • Memiliki penumpu di bagian bawah pintu.
Sponsors Link

7. Pintu Geser Gantung

desain-pintu-geser-kamar-mandiDesain pintu geser ketujuh dan terakhir yang cocok dan sesuai digunakan pada rumah Anda adalah pintu geser gantung. Pintu geser gantung merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki rumah minimalis. Umumnya, pintu ini berbahan dasar kayu tipis atau kayu ukuran sedang/medium.

Mengapa dinamakan pintu geser gantung? Hal ini dikarenakan desain pintu ini yang menggantung pada rol yang diletakkan di area atas pintu.

Rol yang ada di area atas pintu tersebut kemudian dihubungkan dengan lintasan agar pintu dapat digeser menutup dan membuka dengan mudah.

Menggunakan desain pintu geser gantung ini memiliki beberapa keuntungan tersendiri.

  • Dapat digunakan baik di ruangan luas maupun sempit.
  • Cocok untuk rumah minimalis maupun yang bukan minimalis.
  • Dapat menghemat penggunaan ruang.

Dalam membuat desain pintu geser untuk rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, terutama mengenai perawatannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, desain pintu geser haruslah disesuaikan dengan jenis rumah; minimalis atau non – minimalis.

Lalu, berikutnya adalah masalah pada pintu geser, yaitu pintu geser yang mulai atau mudah seret (macet). Pintu geser yang seret biasanya memiliki masalah pada railing/roda.(baca : Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci)

  • Bersihkan railing atau roda yang kotor.
  • Bersihkan roda pintu dengan sabun cair atau deterjen.
  • Bersihkan railing/roda pintu setidaknya sebulan sekali.

Pembersihkan railing/roda pintu geser sebulan sekali secara rutin dapat membuat pintu geser bebas dari seret. Lakukan pula pengecekan roda dan sekrup pintu geser sebulan sekali. Bila sekrup mulai longgar, segera kencangkan dengan obeng.

Biasanya, saat semakin lama digunakan pintu geser akan menjadi kurang awet dan berisik saat dibuka dan ditutup.

  • Biasakan menutup pintu geser dengan pelan.
  • Gunakan penahan yang dibuat dari busa atau karet.
  • Rekatkan penahan di sepanjang tepi pintu geser.
  • Rekatkan juga pada frame pintu untuk proteksi ganda.
  • Gunakan pelapis berbulu untuk meredam getaran.
  • Bisa juga pelapis karet agar benturan pintu dapat ditahan.

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 07:08 Oleh :
Kategori : Desain