Sponsors Link

5 Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis

Sponsors Link

Membangun rumah dengan Desain Rumah Minimalis dari kayu merupakan desain yang unik dan berbeda di zaman sekarang. Karena berbagai perumahan yang sudah ada lebih memilih desain Rumah Minimalis Sederhana sebagai desain rumah untuk ditawarkan. Namun, bila Anda memang memiliki kesempatan dalam membangun rumah impian tidak ada salahnya dengan mencoba sesuatu yang berbeda. Desain rumah minimalis saat ini memang sudah biasa. Namun, Anda bisa memadukannya menjadi desain rumah kayu minimalis yang masih belum banyak ditemukan dengan berbagai  Cara Menata Rumah Minimalis, seperti Desain Ruang Tamu MinimalisTips Memilih Furniture untuk rumah kayu minimalis,

ads

Rumah impian pada dasarnya dibangun dengan imajinasi yang disesuaikan dengan realita. Keberadaan rumah berbahan dasar kayu ini bukan belum pernah ada sebelumnya. Kalau melihat tipe rumah nenek moyang dahulu masih menggunakan kayu untuk tempat tinggalnya. Karena mereka belum mengenal bahan bangunan seperti semen, pasir dan lainnya. Walaupun begitu, mereka masih bisa tinggal di tempat dengan berbahan kayu tersebut. Apalagi di zaman teknologi tinggi seperti sekarang gaya arsitektur dari halaman depan rumah kayu hingga desain pintu geser bisa menjadi suatu model yang menarik dan unik.

Tahapan Dalam Membuat Rumah Kayu Minimalis

Cara yang paling sederhana untuk membangun rumah kayu minimalis adalah dengan menyewa arsitek dan juga tukang bangunannya. Namun, hal ini juga tentu akan memerlukan biaya yang cukup besar. Apalagi rumah yang akan dibangun ini memiliki lebih dari satu lantai. Hal ini tentunya akan membutuhkan lebih banyak bahan material kayu dalam proses pembangunan. Maka dari itu, tahapan yang penting dalam membuat rumah kayu minimalis adalah memilih Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah yaitu kayu. Apalagi dengan bahan kayu yang harganya bisa dibilang tidak lebih murah dibanding bahan baku bangunan lainnya. Walaupun ada material lainnya yang digunakan, material kayu ini akan menjadi material yang dominan di antara material lainnya. Maka dari itu untuk pemilihan kayu sendiri perlu diperhatikan dan lebih dicermati. (Baca : Cara Menjaga Kebersihan Rumah).

Baca juga :

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan Tips Membuat Rumah Sederhana dan Unik dengan cara membuat Rumah Kayu Minimalis Sederhana seperti berikut ini :

1. Menentukan Lokasi

Memiliki rumah idaman pada umumnya akan semakin sempurna apabila pemilihan lokasinya sangat tepat. Untuk rumah yang memiliki konstruksi dari kayu tidak bisa dibangun di lokasi yang sembarangan. Maksudnya adalah ketika lokasi sudah ada namun tidak cocok untuk bangunan berkonstruksi kayu maka sebaiknya memilih lokasi lainnya. Lokasi yang perlu dihindari ketika ingin membangun rumah kayu minimalis adalah daerah tepi laut. Karena pembangunan rumah kayu di daerah ini memiliki potensi untuk rusak di kemudian hari.(Baca : Tips Memilih Rumah Di PerumahanBahaya Rumah Dekat Gardu Listrik)

2. Memperhitungkan Kebutuhan Kayu

Bahan bangunan kayu yang dibutuhkan ini perlu dihitung. Karena hal ini akan berpengaruh pada anggaran yang sudah Anda sediakan. Apabila Anda memilih untuk membangun rumah dengan seluruhnya konstruksi kayu tentu memerlukan detail dan rinciannya. Apabila Anda ingin membuat kombinasi dalam membangun rumah kayu ini juga tidak apa – apa. Bahan pendukung yang bisa digunakan bisa seperti bambu atau rotan yang bisa dijadikan bahan pendukung atau variasi untuk pembangunan rumah.(Baca : Cara Membuat Kusen Kayu)

3. Memiliki Rencana Anggaran

Biaya yang muncul dalam membangun rumah tentu tidak hanya hanya sebatas bahan baku saja. Untuk Anda yang tidak memiliki desain atau gambar sendiri maka Anda perlu seseorang untuk membuat desain dari rumah kayu minimalis impian Anda. Selain itu, ada biaya – biaya untuk memperkuat konstruksi bangunan yang dominan akan kayu. Maka, Anda perlu menyiapkan rencana anggaran yang lebih rinci untuk menghadapi situasi pada saat membuat rumah tersebut.

4. Membuat Sketsa Atau Gambar Rumah

Sketsa atau gambar adalah bagian yang penting pada saat membangun rumah. Karena sketsa atau gambar ini akan menjadi acuan pada saat realisasi pembangunan. Maka dari itu, sketsa atau gambar ini perlu dibuat sangat dan jelas. Dari sketsa atau gambar ini juga akan menjadi acuan untuk anggaran dan ketersediaan material kayu yang dibutuhkan.

Sponsors Link

5. Memperhatikan Konstruksi Kayu

Karena konstruksi bangunan ini akan dibuat dari kayu maka sebelumnya kayu – kayu yang akan diolah ini perlu diawetkan dengan cara direndam atau dicat pada permukaan kayu terlebih dahulu sehingga kayu yang akan digunakan dalam proses pembangunan menjadi lebih aman dari gangguan serangga seperti rayap maupun pelapukan.

Cara – cara di atas adalah persiapan sebelum membangun rumah kayu minimalis. Dan cara tersebut bisa ditambahkan sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat membangun nantinya. Maka dari itu, selain mempersiapkan perencanaan sebelum membangun perlu ada persiapan pembelian bahan baku yang paling utama yaitu kayu. Memilih kayu sebagai bahan baku tidak bisa sembarangan. Karena rumah kayu minimalis ini berarti mencakup semua area rumah termasuk pondasi maka Anda perlu memerhatikan pemilihan kayu yang akan digunakan dalam proses pembuatan nantinya.

Baca juga :

Tips Memilih Bahan Material Kayu

Berikut tips memilih bahan material kayu untuk membangun rumah :

  • Memilih Jenis Kayu yang Sesuai

Secara awam, mungkin semua kayu terlihat sama. Namun, ternyata ada banyak jenis kayu yang berbeda dan memiliki fungsinya masing – masing termasuk dalam hal bangunan. Ada beberapa jenis kayu yang bisa menjadi pilihan untuk dijadikan bahan bangunan seperti kayu Bayam, kayu Besi, atau kayu Merbau. Karena kualitas masing – masing kayu pun akan memiliki keunggulannya sendiri. Apalagi kayu –  kayu tersebut adalah jenis kayu terbaik di kelasnya seperti kayu Merbau. Jenis kayu ini sangat cocok untuk dijadikan kusen pintu. Karena jenis kayu ini sangat kuat, tahan lama dan juga tahan terhadap rayap.

Sponsors Link

  • Memerhatikan Tekstur Kayu

Dari kayu – kayu yang sudah ada tentunya memiliki serat atau tekstur pada bagiannya. Memilih kayu yang bebas rayap adalah pilihan yang tepat. Karena jenis – jenis kayu semacam itu memiliki zat ekstraktif yang bisa menjadi racun untuk jamur dan juga rayap. Dan akan semakin tepat apabila pemilihan kayu untuk membangun rumah kayu minimalis ini juga diikuti dengan pemilihan tekstur kayu yang keras yang memiliki warna merah kecokelatan. Untuk mengenali tekstur kayu semacam ini bisa dengan melihat kayu tersebut pada saat terkena air. Karena kayu tersebut bisa mengeluarkan getah berwarna merah.

  • Menghindari Kayu yang Memiliki Belang

Selain bagian tekstur kayu yang perlu dicermati ada bagian lainnya yang perlu menjadi perhatian saat memilih kayu. Anda perlu memerhatikan bahan kayu apabila Anda berniat membeli daun pintu untuk rumah Anda. Perhatikan apakah ada warna belang putih atau tidak. Warna belang putih yang biasanya terdapat pada bagian pinggir kayu bisa menjadi target rayap untuk menghancurkannya. ( Baca : Cara Membuat Kusen Alumunium).

  • Menggunakan Obat Anti Rayap

Material kayu pada rumah tidak jarang menjadi sasaran empuk rayap. Maka dari itu, kita harus tahu bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang menggunakan bahan kayu. Hal tersebut perlu diperhatikan seperti penggunaan obat anti rayap. Obat anti rayap ini bisa diaplikasikan pada tanah sebelum fondasi rumah mulai dibangun. Selain itu, aplikasikan obat anti rayap pada permukaan kayu bangunan. Anda perlu melakukan pengaplikasian obat anti rayap ini secara rutin ke perabotan atau material yang berbahan kayu di rumah. (Baca : Cara Membasmi Rayap Di Atap RumahCara Membasmi Rayap Di Lemari).

  • Bertanya Pada Orang Yang Berpengalaman

Walaupun perencanaan yang Anda miliki sudah sangat matang. Tidak ada salahnya untuk tetap bertanya pada orang yang berpengalaman dalam membangun rumah yang berbahan dasar kayu. Sehingga, segala persiapan yang sudah Anda siapkan jauh – jauh hari bisa terlaksana dengan baik. (Baca : Tips Mengecat Rumah Sendiri).

Cara menata rumah  supaya tampak rapi bisa menjadi kombinasi yang tepat antara rumah kayu minimalis hingga cara membuat alarm rumah sendiri. Akan ada rasa puas dan bangga apabila sebuah rumah yang memiliki desain kamar tidur yang memiliki bahan dasar kayu. Apalagi dari lokasi tempat rumah yang akan dibangun nanti memiliki lingkungan yang asri tentu akan semakin menambah kesan “back to nature” pada rumah semakin terasa.  Dan hal ini akan membuat rumah semakin nyaman apalagi rumah tersebut termasuk dalam kriteria rumah sehat. (Baca : Pengertian KPR)

Artikel Lainnya :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 13th, November 2016 / 16:37 Oleh :
Kategori : Minimalis