Sponsors Link

8 Tips Memilih Granit yang Bagus untuk Rumah

tips-memilih-granitGranit kini kian diminati masyarakat untuk menghiasi rumah-rumah mereka. Kebanyakan yang memanfaatkan granit adalah dalam hal pembuatan rumah yang memakai desain minimalis. Ada yang mengaplikasikannya untuk lantai dan ada juga yang memanfaatkannya untuk dinding. Tergantung selera pemilik runah tersebut. Dengan menggunakan granit, rumah jadi terlihat lebih bersih, menarik, elegan dan tentunya sedap dipandang mata. Granit sendiri mempunyai harga yang tergolong masih mahal, jadi untuk membelinya diperlukan budget khusus.

ads

Tips memilih granit bisa dikatakan susah-susah gampang, karena dalam proses pemilihannya diperlukan pengetahuan sehingga akan memperoleh hasil yang tentunya maksimal dan sesuai dengan keinginan dengan kualitas yang baik. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilih granit. Yuk kita simak bersama-sama!

1. Pastikan Granit dengan Warna Yang Seragam

Jika melihat dari segi harga, granit tergolong masih mahal, untuk itu anda harus memastikan terlebih dahulu kebutuhan granit yang akan anda beli. Ukur terlebih dahulu ruangan yang akan anda pasang granit. Selanjutnya konsultasikan hal tersebut pada toko yang menjual granit. Jangan sampai anda sudah membeli dan melakukan pemasangan granit ternyata stocknya tidak cukup sehingga hasilnya menjadi kurang baik. Karena pada dasarnya granit sangat sulit untuk memperoleh keseragaman warna, jika memang stocknya sudah tidak ada lagi. Mau tidak mau anda harus menggunakan warna dan motif granit lainnya untuk mengkombinasikannya.

Baca juga :

2. Pola Dan Warna Granit harus Sama

Hal ini sangat perlu anda perhatikan dan pahami karena granit di alam tersedia dengan stock yang terbatas, sesuai dengan bahan yang di dapatkan. Jika mendapatkan satu warna dan satu pola dalam jumlah banyak, segeralah booking agar tidak kehabisan. Namun jika terpaksa pola dan warna yang ada tidak memenuhi kebutuhan anda, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan dan mengaplikasikan bahan-bahan lain yang memang bisa digunakan.

Baca juga :

3. Gunakan Jasa Tenaga Profesional Untuk Membantu Memilih Dan Memotong Granit

Jika anda sangat awam terhadap granit, namun menginginkan untuk menggunakannya. Sebaiknya anda cari jasa tenaga professional untuk membantu memilihkan granit untuk anda. Agar didapatkan granit yang berkualitas baik. Selanjutnya jika memperoleh warna dan pola yang seragam, maka secara otomatis harga granit akan menjadi lebih murah. Kemudian untuk proses pemotongan tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus dilakukan oleh tenaga yang biasa berkecimpung dibidang tersebut. Jangan sampai granit yang sudah diperoleh susah-susah malah salah dalam proses pemotongannya. Sehingga akan membuat anda menjadi rugi. Tau sendiri harga granit tergolong mahal.

Baca juga :

4. Pertimbangkan Luas Ruangannya Yang Akan Dipasang Granit

Tips memilih granit kali ini juga cukup penting. Luas ruangan yang akan anda pasang granit sebaiknya juga dipertimbangkan dengan baik. Semakin luas ruangan yang akan anda pasang granit, berarti semakin banyak granit yang dibutuhkan. Berarti anda juga harus memperhatikan kebutuhan granitnya. Tidak mungkin menggunakan satu warna granit saja, melainkan kemungkinan besar menggunakan beberapa warna. Tentunya dibutuhkan pertimbangan yang tepat agar warna yang dipakai masih senada dan juga menciptakan suasana yang nyaman.

Baca juga :

Sponsors Link

5. Perlunya Pengetahuan Mengenai Asal Granit Yang Dijual

Pengetahuan memang sangat diperlukan dalam hal sepele sekalipun, seperti halnya dalam proses memilih granit. Carilah informasi mengenai granit terbaik berasal dari negara mana. Nah setelah itu anda bisa menanyakan harganya terlebih dahulu ke penjual.

Setelah memperoleh informasi, anda bisa tahu granit yang ditawarkan tersebut terlalu mahal atau tidak. Semakin jauh Negara tempat granit berasal maka akan semakin mahal. Anda juga tidak bisa ditipu kalau penjual asal-asalan menyebutkan asal granit tersebut didatangkan. Jadi anda sudah mempunyai patokan perkiraan harga.

Namun alangkah baiknya anda memilih granit yang didatangkan dari produk lokal agar mendapatkan harga yang lebih murah. Indonesia juga merupakan salah satu produsen granit terbaik di dunia yang tersebar di pulau Jawa seperti Tulung Agung, Yogyakarta, sebagian dari Sumatera, Sulawesi dan Papua. Dari beberapa daerah tersebut yang terkenal paling baik berasal dari Sulawesi Selatan.

Baca juga :

6. Pelajari Cara Perawatannya Terlebih Dahulu

Sebelum memutuskan untuk membeli granit alangkah baiknya mengetahui bagaimana cara perawatannya terlebih dahulu, agar nantinya diharapkan anda tidak kaget. Granit memang terkenal mempunyai cara perawatan yang cukup rumit.

Seperti halnya jika anda menumpahkan teh ataupun kopi secara tidak sengaja, maka anda harus segera membersihkannya dan jangan sampai noda tersebut mengering, karena jika sudah mengering warna yang dihasilkan oleh teh ataupun kopi tidak akan bisa hilang.

Perawatan tahunan juga sangat diperlukan seperti halnya membersihkan granit dengan menggunakan lapisan ataupun coating khusus yang fungsinya untuk menjaga kondisi granit agar terlihat lebih bersih dan juga mengkilat. Namun untuk jenis granit local cukup membersihkannya dengan air dan pembersih lantai biasa sudah bisa.

Baca juga :

Sponsors Link

7. Lihatlah Motif Yang Ada Pada Granit Dengan Baik

Setelah mendapatkan warna yang sama, selanjutnya anda harus memperhatikan motif yang dihasilkan oleh batu granit tersebut. Perhatikan apakah motif yang dihasilkan terlihat natural ataupun tidak. Disarankan untuk memilih yang natural agar terlihat lebih indah.

Terkadang ada guratan motif yang terkesan dibuat-buat sehingga hasilnya kurang begitu menarik dan menawan saat sudah dipasang. Pada akhirnya kita akan ada rasa penyesalan karena sudah memutuskan untuk menggunakan granit dengan mengeluarkan budget yang tidak sedikit tentunya.

Baca juga :

8. Lihatlah Retakan Yang Ditimbulkan Setelah Granit Dipotong

Dalam hal memilih granit, hal satu ini juga wajib anda pertimbangkan dan perhatikan dengan baik. Biasanya tak jarang banyak granit yang terlihat adanya sedikit retakan-retakan yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata karena akibat proses pemotongan yang kurang baik.

Hal ini patut anda jadikan sebagai acuan dalam memilih granit. Lakukan pengecekan secara menyeluruh dan dengan seksama apakah granit yang akan anda beli tersebut terdapat keretakan di beberapa bagiannya. Jika anda hanya ingin memastikan, maka bisa lakukan pengecekan dengan cara sampling saja. Maksudnya disini mengecek beberapa granit yang diambil secara acak. Jika hasilnya baik, kemungkinan semuanya akan baik.

Namun apabila anda merasa ragu-ragu, tidak ada salahnya anda melakukan pengecekan satu persatu secara menyeluruh dengan catatan pembeliannya tidak terlalu banyak. Sedangkan pembelian dalam jumlah yang banyak, alangkah baiknya lakukan pengecekan dengan cara sampling saja. Selanjutnya anda bisa membuat kesepakatan dengan penjualnya, jika nantinya ditemukan kecacatan produk, maka anda boleh melakukan komplain untuk bisa diganti produknya ataupun mendapatkan potongan harga.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa tips memilih granit di atas yang sudah saya ulas dan jelaskan secara detail diharapkan bisa memudahkan anda dalam mempelajari dan memahami lebih dalam lagi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai referensi. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips memilih granit. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 01st, September 2017 / 15:52 Oleh :
Kategori : Tips & Trik