Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Layar TV LED Yang Baik dan Tepat

Sponsors Link

Cara membersihkan layar tv LED sangat mudah untuk dipraktekkan jika anda rajin untuk mencoba melakukannya. Tv LED merupakan tv yang mempunyai layar datar dan cenderung lebih terlihat ramping dibandingkan dengan jenis tv lainnya. Tentunya dalam proses perawatan dan pembersihannya akan lebih mudah karena bentuknya yang tidak terlalu besar.

ads

Baca juga :

Cara Membersihkan Layar TV LED

Cara Membersihkan Layar TV LEDTv LED merupakan perkembangan pembaharuan untuk menyempurnakan teknologi yang ada pada tv sebelumnya. Kondisi fisik yang semakin ramping dan tentunya semakin canggih pula. Karena kepiawaiannya terhadap fungsi yang ditawarkan tv LED bisa disebut sebagai smart tv.

Body yang ramping membuat tv jenis ini makin diminati oleh masyarakat pada umumnya. Selain itu juga penghematan tempat juga menjadi pertimbangan saat pembelian. (baca juga : tips memilih wallpaper untuk kamar tidur)

Tv LED bisa diletakkan tanpa harus tersedia meja khusus untuk meletakkannya. Tv LED bisa dipasang menempel di dinding dengan bantuan breket dalam pemasangannya. Ruangan jadi terlihat rapi dengan keberadaan tv LED. Untuk menjaga ketahanan dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka diperlukan perawatan dan pembersihan secara rutin dan teratur. Pada artikel kali ini akan membahas cara membersihkan layar tv LED. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : tips memilih antena tv)

Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam menjaga kebersihan layar tv LED anda, penjelasannya sebagai berikut :

1. Menggunakan Cairan Screen clean

Cairan Screen cleanSebelum melakukan pembersihan terhadap layar tv LED anda, sebaiknya anda melepaskan sambungan arus listrik agar tidak beresiko. Karena pada dasarnya arus listrik sangat berbahaya jika terkena air. Setelah dicabut, diamkan beberapa saat sampai panas yang dihasilkan oleh tv bisa hilang. Kondisi panas apabila terkena air juga akan memicu kerusakan pada tv anda. Secara tidak sengaja panas yang terkena air berarti memaksa suhu panas tersebut untuk menjadi dingin. Nah, hal ini yang bisa memicu kerusakan tersebut. (baca juga : cara membasmi rayap di atap rumah)

Cairan Screenclean merupakan cairan yang khusus berfungsi untuk membersihkan layar monitor pada tv ataupun laptop. Untuk membersihkan layar tv LED anda, yang harus disiapkan adalah lap bersih atau kanebo. Celupkan lap atau kanebo ke air bersih, kemudian peras sampai benar-benar kering. Semprotkan cairan screenclean ke bagian permukaan layar tv LED. (baca juga : tips memilih wallpaper dinding pada ruang tamu)

Selanjutnya lakukan pengelapan secara menyeluruh. Perlu diingat saat proses pengelapan berlangsung sebaiknya dilakukan dengan satu arah, jangan berlawanan arah ataupun berputar-putar. Kenapa demikian? dengan mengelap berlawanan arah dan berputar-putar akan merusak dan menggores bagian permukaan tv anda. Setelah selesai, jangan lupa lakukan pengelapan kembali dengan menggunakan lap kering untuk memaksimalkan kebersihannya. (baca juga : tips memilih freezer)

ads

2. Menggunakan Larutan Cuka Dan Air

Sebelum melakukan pembersihan terhadap televisi LED anda, sebaiknya matikan terlebih dahulu sambungannya dari listrik agar lebih aman dan leluasa. Penggunaan larutan cuka dan air merupakan salah satu cara yang cukup efektif digunakan dalam upaya membantu membersihkan layar tv LED anda. Pertama anda bisa siapkan cuka dan air. Masukkan air ke dalam wadah yang ukurannya cukup besar agar memudahkan saat menyelupkan kain lap. (baca juga : tips memilih keramik kamar mandi)

Celupkan lap (dianjurkan berbahan microfiber) ke larutan air cuka dan air, peras sampai kering. Saat melakukan pengelapan sebaiknya dilakukan searah seperti dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah atau pun bawah ke atas. Lakukan pengelapan dengan perlahan-lahan agar tidak tergores secara menyeluruh. Jangan biarkan layar tv LED anda dalam keadaan lembab, karena jika mengering akan meninggalkan bekas. Lakukan pengelapan kembali dengan menggunakan lap kering untuk mengeringkannya dan hasilnya akan kinclong. (baca juga : tips memilih rumah di perumahan)

Jangan lupa bersihkan bagian bingkai layarnya yang seringkali menjadi sarang debu khususnya bingkai yang terbuat dari bahan plastik. Anda bisa menggunakan kertas untuk membersihkannya. Celupkan beberapa bagian kertas tersebut ke larutan cuka. Lakukan pengusapan dengan sedikit menekan-nekan agar debu bisa terangkat. Proses terakhir ulangi pengelapan dengan menggunakan lap kering agar diperoleh hasil yang maksimal. (baca juga : tips memilih rice cooker)

3. Menempatkan Tv LED Jauh Dari Tempat Yang Memicu Terjadinya Penumpukan Debu

Cara ini bisa anda gunakan agar tidak terlalu sering melakukan proses pembersihan dan mungkin bisa menyebabkan timbulnya goresan pada tv LED anda di rumah. Poin yang paling penting adalah meletakkannya sebisa mungkin jauh dari lokasi yang rawan dengan hadirnya debu. Seperti contohnya, dekat dengan ventilasi udara yakni jendela atau lubang ventilasi. (baca juga : tips memilih furniture)

Jendela dan lubang ventilasi merupakan celah khusus yang sengaja dibuat untuk pertukaran udara di area rumah agar tidak pengap. Nah, kedua celah ini yang memungkinkan adanya debu yang beterbangan dari daerah luar dan masuk ke dalam rumah sehingga sering ditemukan perabotan yang diletakkan di dekatnya akan menempel banyak debu di permukaannya. Walaupun setiap hari dibersihkan, tetap saja debu menempel lagi dan lagi. Maka sebaiknya jangan letakkan tv LED anda didekat kedua celah ini. (baca juga : tips memilih gorden)

Kemudian anda bisa menghindarkan tv LED anda terhadap interaksi langsung dengan kipas angin. Jika kipas angin bergerak-gerak mengarah ke tv LED anda, maka tiupan yang dihasilkan bisa membawa debu yang ada di dalam rumah anda dan mungkin akan cepat sekali menempel di tv LED anda. Jadi sebisa mungkin menghindarkannya. (baca juga : tips memilih kompor gas)

Selain itu anda bisa menjauhkan dari paparan bulu-bulu yang sangat mudah beterbangan dan mungkin akan terbang ke arah tv LED anda berada. Biasanya bulu-bulu yang ada pada sofa ataupun karpet bulu yang lembut yang rentan sekali beterbangan dan akhirnya hinggap ke perabotan-perabotan anda tidak terkecuali tv LED anda. (baca juga : tips memilih kasur)

Selanjutnya sering bersihkan bantal-bantal kecil di sofa dan jemur, karena bantal sofa seringkali menjadi tempat debu bersarang. Pukul-pukul bantal tersebut di luar rumah untuk merontokkan debu yang sudah menumpuk. Jika tidak rutin dibersihkan, saat dipegang debu akan beterbangan dan tanpa disadari akan menyumbang debu yang menempel pada layar tv LED anda. (baca juga : peralatan rumah tangga yang harus dimiliki)

Sponsors Link

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang mempunyai banyak manfaat, salah satunya yakni dalam membantu membersihkan layar tv LED anda. Caranya pun sangat mudah, untuk memulai membersihkannya, anda bisa mematikan tv LED anda terlebih dahulu dan melepaskan kabelnya dari sambungan langsung dengan listrik. (baca juga : tips memilih keramik)

Biarkan beberapa saat agar panas yang dihasilkan bisa menghilang dan tidak beresiko merusak tv LED anda. Gunakan tissue yang lembut untuk membersihkannya. Sebelumnya anda bisa meneteskan minyak kayu putih terlebih dahulu. (baca juga : tips memilih tv)

Usapkan secara perlahan ke seluruh bagian permukaannya. Lakukan proses ini dengan satu arah saja agar tidak beresiko menimbulkan goresan-goresan yang dapat merusak permukaan tv LED tersebut. Bisa dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, dan juga bawah ke atas. Sesuai dengan selera dan kenyamanan yang anda rasakan.(baca juga : tips memilih mesin cuci)

Setelah debu terangkat anda bisa melanjutkannya dengan mengelap menggunakan microfiber yang kering. Untuk memaksimalkan kebersihan anda bisa mengelap kembali dengan menggunakan microfiber setengah basah. Dan proses terakhir anda bisa mengulangi pengelapan dengan menggunakan microfiber kering, dan terbukti hasilnya akan kinclong dan bersih. (baca juga : tips memilih lampu rumah)

5. Menggunakan Air Non Mineral Yang Bersih

Penggunaan air saja ternyata juga cukup membantu mengangkat debu yang ada dalam upaya proses membersihkan layar tv LED. Namun perlu diperhatikan karakteristik air yang tidak bisa berinteraksi langsung dengan sumber arus listrik yang bisa membahayakan bagi siapa saja. (baca juga : cara membersihkan kipas angin)

Nah untuk menghindari resiko yang ada, sebaiknya anda melepaskan penghubung tv LED yang masih tersambung dengan sumber arus listrik agar tidak beresiko nantinya. Setelah itu bisa anda biarkan beberapa saat agar rasa panas yang dihasilkan bisa hilang terlebih dahulu. (baca juga : cara membersihkan akuarium)

Siapkan air non mineral dalam wadah baskom dan lap microfiber yang lembut. Celupkan lap microfiber ke dalam wadah yang berisi air tersebut. Jangan lupa peras sampai lap tersebut benar-benar kering tapi masih terasa lembab. Jika anda sudah yakin, maka bisa lakukan pengelapan dengan satu arah vertikal atau pun horizontal (kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, dan juga bawah ke atas) sesuai dengan selera dan kenyamanan anda. (baca juga : cara menghilangkan bau lemari baru)

Lakukan pengelapan secara menyeluruh dan hindari pengelapan dengan melakukan penekanan agar tidak menimbulkan goresan karena layar tv LED terbuat dari bahan yang rentan rusak. Jangan lupa untuk melakukan pengelapan ulang dengan menggunakan lap microfiber agar tidak timbul bercak-bercak uap air yang mengering.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara yang dibahas di atas tersebut bisa anda jadikan sebagai referensi dalam upaya membantu membersihkan layar tv LED anda di rumah yang sangat mudah dan tepat untuk dilakukan secara alami tentunya. Sampai disini dulu ya pembahasan artikel kali ini yang menjelaskan mengenai cara membersihkan layar tv LED. Semoga bermanfaat dan terima kasih




Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 02nd, June 2017 / 03:04 Oleh :
Kategori : Kebersihan