Sponsors Link

11 Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar Dengan Mudah

Cara membersihkan kipas angin dapat dilakukan dengan sangat mudah jika kita tekun melakukannya. Kipas angin merupakan elektronik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya khususnya di daerah perkotaan yang mempunyai tingkat polusi tinggi dan kurangnya ruang terbuka hijau sehingga membuat udara menjadi panas sehingga kipas angin sangat diperlukan. Selain murah, setidaknya kipas angin bisa mengurangi kegerahan yang melanda.

ads

Baca juga :

Cara Membersihkan Kipas Angin

Cara Membersihkan Kipas AnginDaerah tropis seperti Negara Indonesia tentunya seringkali udara yang ada di lingkungan sekitar akan terasa panas dan tentunya membuat keringat bercucuran karena kondisi tersebut. Keadaan seperti ini akan memicu kebutuhan masyarakat untuk memiliki dan menggunakan kipas angin guna mengurangi rasa panas yang ada. (baca juga : cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel)

Kipas angin banyak ditemukan di setiap rumah karena memang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga cara-cara pembersihannya pun perlu diperhatikan dan dipahami agar kipas angin bisa awet dan tahan lama.

Dalam upaya pembersihannya pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada cara tersendiri untuk membersihkannya sehingga hasil maksimal bisa anda dapatkan dan nikmati.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara untuk membersihkan kipas angin. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : cara membersihkan closet)

Berikut cara membersihkan kipas angin yang bisa anda jadikan sebagai referensi, penjelasannya sebagai berikut :

1. Diamkan Kipas Angin Beberapa Saat Setelah Digunakan

Cara ini perlu dilakukan agar saat melakukan pembongkaran, mesin kipas anda sudah tidak terasa panas lagi. Sebelum melakukan pembongkaran, hendaknya anda memastikan terlebih dahulu kipas angin anda sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Diamkan beberapa saat agar panas yang ditimbulkan oleh mesin bisa hilang dengan sendirinya. (baca juga : cara membersihkan freezer)

Jika rasa panas masih terasa, maka akan mempersulit anda saat pembongkaran. Seringkali rasa panas terasa pada baut-baut pada bagian pengunci penutup kipas anginnya. Selanjutnya anda sudah bisa mulai pembongkaran dengan mengawalinya dengan membuka bautnya secara perlahan agar penutupnya tidak jatuh dan membuatnya menjadi penyok. (baca juga : cara membersihkan setrika)

2. Siapkan Obeng Untuk Membuka Bautnya

Selanjutnya anda bisa melakukan pembongkaran dengan menggunakan obeng untuk membuka ringnya terlebih dahulu. Lakukan secara perlahan-lahan agar ring dan juga penutup kipas anginnya tidak jatuh sehingga akan menyebabkan bagian penutup kipas angin yang terbentur dengan lantai menjadi penyok. (baca juga : cara memasang cctv di rumah)

Setelah ring mulai kendor anda bisa melepas penutup kipasnya. Sebaiknya saat anda membuka baut pada ring jangan sampai ringnya lepas. Cukup putar baut sampai dirasa penutup kipas angina bisa dibuka, namun ringnya tetap menempel pada bagian penutup belakang yang memang sudah terpasang secara permanen. Hal ini berguna untuk mempermudah anda pada saat pemasangan penutup kipas angin anda yang sudah dibersihkan. (baca juga : cara membersihkan karpet)

ads

3. Bersihkan Penutup Kipas Angin

Bersihkan Penutup Kipas AnginUntuk membersihkan bagian penutup kipas angin dengan debu yang sudah menumpuk, anda bisa menggunakan sapu kecil yang sering digunakan di mobil.

Setelah debu yang bersarang pada jaring-jaring penutup kipas angin lumayan hilang, maka anda bisa menyiramnya dengan air bersih, dan mencucinya dengan menggunakan sabun pencuci piring. Cuci secara menyeluruh agar sisa-sisa debu yang masih menempel bisa terangkat. (baca juga : cara membersihkan dispenser)

Jika sudah selesai proses pencucian, maka anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih sampai busa-busa sabun tidak tersisa lagi. Keringkan dan tiriskan penutup kipas anginnya terlebih dahulu. Siapkan lap kering yang bersih untuk mengelap penutup kipas angin agar bisa kering dengan sempurna. (baca juga : cara membersihkan mesin cuci)

4. Lepas Penutup Kincir Sekaligus Kincir Anginnya

Proses selanjutnya anda bisa melepaskan bagian penutup kincir dan juga kincir anginnya. Bersihkan kedua bagian tersebut dengan menggunakan sapu kecil. Jika sudah, siram menggunakan air sampai debunya larut dan juga cuci dengan menggunakan sabun pencuci piring secara menyeluruh. Kemudian anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu. (baca juga : cara membersihkan cermin)

Jangan lupa lap dengan menggunakan lap kering bersih agar sisa-sisa air yang masih ada bisa terserap oleh lap tersebut. Pastikan semua bagian sudah benar-benar kering untuk menghindari kerusakan akibat sisa-sisa air masuk ke dalam mesin, karena posisi kincir angina dekat dengan mesin. (baca juga : cara membersihkan kulkas)

5. Bersihkan Bagian Penutup Belakang Kipas Angin

Bersihkan Bagian Penutup Belakang Kipas AnginCaranya membersihkan kipas angin pada bagian penutup belakang kipas angin sama dengan cara membersihkan bagian penutup depan. Anda bisa melepas bagian penutup belakang terlebih dahulu. Bersihkan menggunakan sapu kecil sampai debunya tidak ada lagi. Untuk lebih membuat bersih, maka anda bisa melakukan pencucian dengan menggunakan sabun pencuci piring. (baca juga : cara memasang antena tv di rumah)

Sebelum dicuci, sebaiknya disiram dengan menggunakan air bersih, agar saat proses pencucian sisa-sisa debu sebagiannya sudah larut bersama air.

Dan proses pencucian merupakan proses penyempurnaan dari upaya melakukan pembersihan penutup belakang kipas angin anda. Jangan sampai lupa untuk mengeringkan terlebih dahulu dan mengakhirinya dengan mengelap menggunakan lap kering agar sisa-sisa air bisa terserap oleh lap tersebut. (baca juga : cara mengusir tikus di rumah)

6. Bersihkan Bagian Kepala Kipas Angin

Bagian kepala kipas angin merupakan tempat dimana mesin penggerak kipas angin diletakkan. Jadi untuk membersihkan nya anda bisa memanfaatkan kemoceng untuk membersihkannya. Kemudian dilanjutkan dengan mengelapnya menggunakan lap lembab (kanebo lembab) agar debu bisa menempel  pada lap / kanebo tersebut. (baca juga : cara membasmi cicak)

Untuk memaksimalkan kebersihannya, anda bisa mengelap ulang dengan menggunakan lap kering agar kelembabannya bisa tertangani dan tidak beresiko merusak bagian mesin kipas angin anda. Karena uap air yang tertinggal bisa masuk ke dalam mesin melalui lubang-lubang sirkulasi dan jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan mesin kipas angin menjadi terganggu. (baca juga : cara mengusir lalat di dalam rumah)

7. Bersihkan Bagian Tiang Penyangga Kipas Angin

Untuk membersihkan bagian tiang penyangga kipas angin anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kemoceng terlebih dahulu. Kemudian lakukan proses pengelapan dengan menggunakan lap / kanebo setengah basah agar debu-debu yang masih ada bisa menempel pada lap / kanebo tersebut. (baca juga : cara memasang baja ringan pada atap rumah)

Dalam upaya memaksimalkan kebersihan kipas angin, anda bisa melanjutkan dengan melakukan pengelapan dengan menggunakan lap kering agar kelembaban yang ada bisa mengering dan tidak meninggalkan bekas-bekas uap air. (baca juga : cara membasmi semut api)

8. Bersihkan Bagian Tombol Kipas Angin

Tombol kipas angin merupakan bagian yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan kipas angin. Bagian ini sangat perlu diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Tombol kipas angin yang kotor akan memicu bakteri karena akan berhubungan langsung dengan tangan anda. Jadi anda perlu menjaga kebersihannya agar tetap terjaga kesehatan tubuh anda. (baca juga : peralatan rumah tangga yang harus dimiliki)

Cara yang perlu dilakukan adalah bersihkan dengan menggunakan kemoceng terlebih dahulu, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap / kanebo setengah basah agar debu yang tersisa bisa terangkat. Selanjutnya bersihkan ulang dengan menggunakan lap kering untuk menghilangkan uap air dan kelembaban yang nantinya jika mengering akan meninggalkan noda bercak-bercak bekas uap air yang mengering. (baca juga : cara membasmi rayap di atap rumah)

Sponsors Link

9. Bersihkan Pada Bagian Kaki Kipas Angin

Bagian kaki pun sangat perlu untuk dibersihkan untuk memaksimalkan kebersihan semua bagian agar terlihat sempurna. Cara membersihkan bagian ini juga tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan bagian-bagian sebelumya. Bersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan tumpukan debu sehingga bisa mengurangi kadar debu yang ada. (baca juga : cara pengolahan limbah rumah tangga)

Selanjutnya bersihkan dengan memakai lap / kanebo setengah basah agar sisa-sisa debu yang ada bisa terangkat karena debu akan menempel pada lap / kanebo tersebut. Proses terakhirnya lakukan pengelapan dengan memakai lap kering agar uap air yang ada bisa terserap dan tidak mengering sendiri sehingga menimbulkan noda bercak-bercak yang akan terlihat semakin kotor. (baca juga : pembersih lantai kamar mandi)

10. Bersihkan Kabel Kipas Angin

Kabel kipas angin yang kotor juga sangat tidak enak untuk dipandang mata. Maka sangat perlu untuk menjaga kebersihan kabel tersebut. Membersihkannya pun juga tidak repot dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa membersihkannya dengan lap / kanebo setengah basah sehingga debu dapat terangkat.

Lakukan proses tersebut beberapa kali dan sesekali mencelupkan lap / kanebo ke air untuk merontokkan debu yang menempel pada lap / kanebo kemudian baru mengulangi proses pengelapan sampai kabel benar-benar bersih.

Baca Juga :

11. Pemasangan Kembali Semua Bagian Dari Kipas Angin

Setelah semua bagian pada kipas angin anda sudah benar-benar bersih maka anda bisa melakukan pemasangan kembali mulai dari bagian  paling akhir yang anda lepas sampai bagian paling awal. Pasang bagian penutup belakang, kemudian bagian kincir angin dan penutupnya. Setelah itu baru lakukan proses pemasangan penutup bagian depan. Saat memasang penutup bagian depan, pastikan bagian pinggirnya yang melingkar masuk ke dalam ring agar bisa terkunci dan tidak jatuh.(baca juga : cara membuat alat penghemat listrik)

Sponsors Link

Jika sudah benar-benar pas dan klop antara kedua penutupnya, anda bisa memulai untuk melakukan pengencangan ada bautnya menggunakan obeng agar bisa terpasang seperti semula. Perlu diperhatikan saat proses ini jangan terlalu kencang pada pemasangan bautnya agar nantinya mudah jika anda ingin membukanya kembali untuk melakukan pembersihan kipas angin anda.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara membersihkan kipas angin di atas bisa anda gunakan sebagai referensi dalam upaya membersihkan kipas angin anda di rumah. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara untuk membersihkan kipas angin. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 08:29 Oleh :
Kategori : Kebersihan