Sponsors Link

8 Cara Memasang Antena TV Di Rumah Yang Benar Untuk Hasil Jernih

Cara Memasang Antena TV Di Rumah bisa anda pelajari agar dapat memasang sendiri tanpa bantuan teknisi. Saat ini perkembangan kemajuan di dunia teknologi sangatlah pesat. Banyak bermunculan media masa baru dari yang paling lama kita kenal seperti koran, majalah, radio, kemudian terus berkembang dengan adanya televisi bahkan internet pun juga salah satu media masa bagi masyarakat. Tentunya dengan seiring berjalannya era modern ini diharapkan masyarakat tidak ketinggalan zaman. Salah satu alat elektronik di masa ini paling sering digunakan untuk mencari berita disamping munculnya internet adalah televisi atau biasanya disingkat dengan TV.

Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang dibekali teknologi audio visual dan biasanya digunakan sebagai salah satu alat media guna mendapatkan informasi berita atau bisa juga digunakan untuk menonton hiburan. Sebelum televisi diciptakan, media yang sering digunakan dalam mencari informasi adalah radio. Radio hanya dapat menampilkan suara dengan sinyal yang didapatkan.

Tidak seperti radio, televisi sangat mudah di fahami oleh manusia dengan tampilan pada gambarnya. Kehadiran televisi ini membawakan dampak positif bagi semua orang, karena dengan menonton acara oleh beberapa stasiun di televisi kita bisa sedikit merefres otak disela lelahnya bekerja. Dalam tiap tiap rumah sekarang rata rata pasti sudah mempunyai televisi. Tentunya jika kita berbicara soal televisi, tidak lepas dengan yang namanya antena TV. Antena televisi sendiri berfungsi untuk menstabilkan sinyal yang ada pada televisi agar gambar yang ditampilkan lebih bagus.

Baca juga :

Cara Memasang Antena TV Di Rumah

Cara Memasang Antena TV Di RumahDi zaman dahulu televisi hanya bisa menampilkan suara dan gambar hitam putih saja. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi ini televisi hadir dengan tampilan gambar yang elegan dan pastinya akan lebih menarik untuk ditonton. Tetapi hal itu juga membutuhkan satu alat lagi yaitu antena TV. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap tampilan pada gambar yang di tampilkan oleh TV.

Antena TV sebenarnya berfungsi sebagai penerima sinyal yang dipancarkan dari stasiun TV, lalu sinyal tersebut disalurkan ke dalam televisi sehingga muncul gambar pada monitor. Tanpa adanya suatu alat yang satu ini yaitu antena TV, televisi tidak akan bisa menampilkan gambar. Hampir dalam setiap hari kita menonton acara televisi seperti sport, entertaiment, sinetron dan lain-lain dengan syarat gambar televisi yang jernih. Sehingga tidak kaget juga bahwa banyak orang yang bertanya bahkan ingin mengetahui cara memasang antena TV dengan baik dan benar supaya bisa menampilkan gambar yang jernih.

Syarat utama sebelum kita kaji lebih jauh adalah wajib mempunyai televisi di rumah. Karena kalau tidak ada televisi akan sia sia memasang antenanya. Dibawah ini nanti akan kita bahas cara mamasang antena yang baik dan benar agar tampilan gambar pada televisi kita dirumah masing masing semakin elegan dan nyaman ditonton. Sebenarnya boleh memasang dengan asal memasang, akan tetapi itu nanti akan memberikan hasil yang kurang memuaskan alias televisi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. (baca juga : cara memilih warna cat rumah)

1. Memilih Antena

Langkah awal sebelum kita melakukan perancangan dan pemasangan antena TV adalah adalah memillih antena TV yang akan digunakan. Ketahui dahulu antena jenis manakah yang akan dipakai dalam kebutuhan televisi kita. Secara umum antena TV terdiri dari antena indoor dan antena outdoor. Kedua antena tersebut memiliki perbedaan yaitu dari segi bentuknya dan penempatannya. Bentuk dari antena indoor biasanya kebanyakan bulat dan bisa di pindah pindah atau ditarik tarik. Antena ini biasanya sudah ada pada bawaan televisinya.

Untuk penempatan antena indoor pastinya didalam rungan dan diletakkan diatas televisi. Berbeda dengan antena outdoor, antena ini bentuknya lebih besar dari pada antena indoor. Penempatannya pun biasanya ditempatkan diatas genteng rumah, karena antena jenis ini dalam pemasangannya membutuhkan tiang penyangga guna mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Ada juga jenis antena outdoor yaitu antena parabola. Antena ini dalam peletakannya tidak harus secara horisontal, melainkan mengarahkan ke satelit langsung tanpa melalui relay pemancar televisi lagi. Sebenarnya untuk peletakan antena outdoor maupun indoor tergantung dari jarak dan juga posisi letak antena. (baca juga :  cara membuka rolling door yang terkunci)

Sebaiknya kita juga harus jeli memilih antena TV yang akan kita gunakan. Contoh saja lokasi rumah kita berada di dekat stasiun TV, tentunya memakai antena indoor bisa dijadikan pilihan. Kalau rumah kita jauh dari stasiun TV, antena outdoor lebih tepat untuk dipakai. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih antena adalah melihat driver main board yang terpasang pada badan antena dan juga memerhatikan jenis kabel yang dipakainya agar tidak salah dalam memilih antena TV.

Untuk melihat kabel sendiri adalah dengan cara melihat bagian dari kabel tersebut. Banyak tipe kabel beserta jenisnya, misalnya saja kabel bertembaga serabut dan tidak serabut. Pastinya kabel yang berkualitas bagus memiliki tembaga yang tebal karena juga menentukan tegangan listrik yang dimilikinya. Memilih jenis antena TV yang baik dan berkualitas adalah hal yang mutlak sebelum melakukan perancangan sistem dan proses pemasangannya. Selain itu dengan memilih kabel yang bagus dan driver antena yang berkualitas akan semakin bagus kinerja gambar secara visual yang di tampilkan pada televisi.

Baca juga :

2. Memasang Antena

Setelah kita mengetahui cara memilih antena, berikut akan kita bahas cara memasang antena dengan baik dan benar. Berikut cara memasang antena TV di rumah :

  • Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya seperti kabel, tang potong, gunting, antena TV, obeng dan lain-lain.
  • Kupaslah secara perlahan kulit kabel bagian luarnya sekitar 1,5 cm dengan menggunakan cutter atau gunting dan lakukanlah secara hati hati agar tidak tergores pada tangan kita.
  • Selanjutnya setelah proses pengupasan kabel, kita akan melihat serabut kabel dan kertas aluminium foil serta  kabel tengah. Jadikan satu ketiga komponen tersebut sehingga dapat menyatu. Jangan sampai ada yang terpisah bagiannya.
  • Kemudian setelah dijadikan satu, saatnya mengendurkan baut yang terletak pada port jack yang nantinya akan dihubungkan dengan lubang port antena TV.
  • Tahapan berikutnya adalah memasukkan kabel atau kawat tengah serta isolatornya.
  • Lilitlah kabel serabut atau bisa juga dipelintir lalu rekatkan dengan menggunakan solder. Kabel tembaga jangan sampi menyatu dengan kabel serabut tersebut.
  • Jika semua kabel sudah beres dan terpasang rapi masukkan menjadi satu kesatuan. Masukkan pada rumah Jack tersebut dan colokkan kabel antena TV. Biasanya colokannya terletak pada belakang TV. (baca juga :  cara membasmi rayap di atap rumah   )

Langkah demi langkah sebaiknya dilakukan dengan hati hati. Jangan sampai salah menyambungkan kabel agar tidak terjadi konsleting  pada listrik di rumah kita. Sebenarnya dengan mempelajari cara memasang antena TV ini secara tidak langsung kita juga belajar ilmu elektronika dan kelistrikan. Televisi tidak akan bisa menampilkan gambar kalaupun tidak ada listriknya. Melanjutkan proses cara memasang antena TV dengan baik dan benar. Selanjutnya adalah mengecek hasil perakitan yang sudah terselesaikan.

Ketika sudah siap semua saatnya untuk mencari arah sinyal yang stabil. Putarlah antena secara perlahan lahan untuk menampilkan gambar yang bagus pada televisi. Didalam proses perancangan yang sudah dibahas, fungsi kabel sebenarnya sangat penting. Gunakan kabel yang panjang karena akan lebih memudahkan kita untuk pencarian sinyal. Kabel yang panjang memiliki jangkauan sinyal yang luas pada antena TV terutama pada antena jenis indoor. Untuk antena outdoor biasanya memiliki daya yang lebih kuat dibandingkan antena indoor. Pastinya kita cukup memerlukan tiang panjang dalam pemasangannya.

Baca juga :

Begitulah sedikit informasi tentang cara memasang antena TV yang baik dan benar. Sebenarnya proses dari awal sampai akhir sangatlah mudah, tinggal kita mau mempelajarinya atau tidak. Tidak sesulit yang biasanya ada dalam fikiran kita tentang memilih dan cara memasang antena TV dengan baik dan benar.

Ikutilah langkah dari awal sampai akhir sehingga jika diterapkan secara urut maka hasil gambar pada layar kaca kita akan terlihat sangat bagus. Demikian sedikit informasi yang sudah dijabarkan dengan luas mengenai cara memasang antena TV di rumah dengan bak dan benar. Semoga bermanfaat bagi kita semua!

, , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik