Sponsors Link

6 Cara Membersihkan Dispenser Air Minum Yang Benar Dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan Dispenser bisa membantu anda untuk mendapatkan dispenser yang bersih dan juga air minum yang bersih. Dispenser merupakan tempat utama untuk menyimpan air galon sebagai konsumsi minuman sehari – hari Anda dan sekeluarga di rumah. Itulah sebabnya, dispenser ini masuk pada daftar peralatan rumah tangga yang harus dimiliki oleh pasangan muda yang baru menikah. Yup, sebab menggunakan dispenser akan dirasa besar sekali manfaatnya. Terutama bila Anda menggunakan dispenser untuk air panas atupun dingin. Dari pada Anda repot menyalakan kompor gas untuk menghangatkan air membuat kopi atau teh panas, lebih praktis sekali bila tinggal menyalakan kran dispenser, bukan?

ads

Akan tetapi, bukannya Anda asal – asalan  menggunakan dispenser terus tanpa memperhatikan kebersihannya. Jangan sampai dispenser Anda menjadi salah satu ciri – ciri rumah tidak sehat. Dalam rangkaian membersihkan perabotan rumah, Anda mungkin sering kali melupakan bagian vital ini untuk dibersihkan. Tabung dispenser yang berat karena seringkali berbahan keramik tentu membuatmu males – malesan untuk membersihkan dispenser. Iya, dispenser Anda harus dibersihkan secara tepat dan teratur. Kenapa? Dispenser yang tidak pernah dicuci mengandung bakteri kotoran bahkan lumut ketika lama sekali tidak dibersihkan.

Cara Membersihkan Dispenser

cara membersihkan dispenserBahkan, air yang mengandung bakteri itu menjadi tidak sehat dan bisa menimbulkan penyakit. Diare atau tipus bisa disebabkan oleh air minum yang kurang bersih. Sehingga membutuhkan proses pebersihan yang tepat, agar sisa bakteri yang ditinggalkan oleh bekas air galon yang lama bisa hilang. Hal sepele itulah yang menyebabkan rumah Anda menjadi kotor dan tidak sehat, sehingga tips merawat peralatan rumah tangga harus dilakukan dengan rajin.

Nah, kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan dispenser?  Waktu yang tepat adalah ketika air dispenser habis dan Anda akan mengganti galon dengan yang baru. Disaat dispenser dalam keadaan kosong, maka disaat itulah Anda seharusnya membersihkan galon mulai dari tabung, kran dan bagian luarnya.

Akan tetapi waktu maksimal untuk membersihkan dispenser adalah 3 – 6 bulan sekali. Untuk menjaga air minum agar selalu bersih dan sehat maka Anda sekurang – kurangnya harus membersihkan dispenser dengan waktu yang tertulis diatas.

Nah, selain dispenser Anda juga harus melakukan cara menjaga kebersihan rumah ini secara teratur agar rumah tetap terjaga kebersihannya. Sebelum membersihkan dispenser, peralatan yang perlu Anda siapkan meliputi:

  • sarung tangan karet
  • cuka
  • pemutih
  • sabun cuci piring
  • jeruk nipis
  • sikat gigi bekas
  • air bersih
  • cutton buds
  • kain
  • sponge
Sponsors Link

Untuk Cara Membersihkan Dispenser bisa disimak pada ulasan berikut:

1.Tahap Awal

Tahap awal sebelum Anda memulai membersihkan dispenser adalah cabut aliran listrik yang terhubung pada dispenser. Hal ini perlu dilakukan agar ketika Anda membersihkan dispenser, tidak terjadi kesetrum atau hal lain yang tidak Anda inginkan. Lalu, copot dan angkat galon dari tabung dispenser. Apabila masih ada sisa air dalam tabung, buanglah air itu dengan menyalakan kran dispenser agar airnya bisa keluar.

2. Pembersihan Dasar

Untuk membersihkan tahap awal, cuci tabung menggunakan sponge dan sabun cair untuk mencuci piring. Anda bisa menguras bagian tabung ini menggunakan air hangat yang telah diberi satu sendok teh cuka dicampur dengan sabun cuci piring untuk hasil yang maksimal. Lakukan ini dengan hati – hati seperti cara membersihkan cermin yang harus dilakukan dengan telaten.

3. Membersihkan Tabung Menggunakan Pemutih

Bila Anda menggunakan cairan pemutih, maka tuangkan ke dalam tabung air hangat yang telah dicampur dengan cairan pemutih pakaian dengan ukuran setengah sendok makan. Tunggu hingga kurang lebih 5 menit, lalu usap menggunakan sponge yang sudah dicuci bersih. Bila Anda menggunkan cairan pemutih, maka pembilasan harus dilakukan dengan bersih total tanpa ada sisa. Anda bisa memiringkan tabung dispenser untuk mengeluarkan air sisa sabun atau pemutih. Bilas beberapa kali hingga tidak tersisa bau sabun ataupun cairan pemutih. Hilangkan baunya seperti halnya cara membersihkan kulkas yang berbau dengan maksimal. Pemutih sangat ampuh untuk membunuh bakteri, kuman dan jamur bahkan lumut – lumut yang menempel di tabung dispenser.

Sponsors Link

4. Membersihkan dengan Jeruk Nipis

Apabila Anda ingin yang alami, gunakan jeruk nipis untu membersihkan tabung dispenser. Jeruk nipis mengandung ph yang sangat tinggi sehingga ketika dibuat mebersihkan tabung, kotoran dan bakteri serta kuman akan mati dan terangkat. Enzime yang terdapat pada jeruk akan bekerja sangat baik bila dicampurkan dengan air hangat. Untuk itu, ambil satu atau dua jeruk nipis lalu peras dan masukkan perasan itu pada air hangat kuku. Nah, air hangat yang sudah tercampur jeruk nipis, bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian tabung dispenser menggunakn sponge bersih. Lakukan pembersihan hingga ujung dan sudut bawah dispenser untuk hasil maksimal.

5. Membersihkan Kran Dispenser

Tahap terakhir adalah membersihkan kran dispenser. Nah, bagian ini yang sering luput dalam proses membersihkan dispenser. Kran ini mempunyai bagian yang serng kali dijadikan tempat bersarangnya bakteri dan kuman, serta lumut yang lembut apabila tidak pernah dibersihkan. Karena bagian ini sangat kecil, sehingga Anda perlu sikat gigi bekas untuk mencapai bagian dalamnya. Atau Anda juga bisa menggunkan cutton buds apabila bulu sikat gigi tidak menjangkau bagian dalam.

6. Tahap Akhir

Di tahap akhir, ketika tabung dan kran sudah bersih maka saatnya mengelap menggunakan kain basah pada permukaan luarnya. Bersihkan sisa kopi ataupun cairan susu yang membuat bagian depan dispenser nampak kotor. Bila sudah dilap semua bagiannya, maka saatnya Anda memasang kembali galon yang telah dilepas. Nah, Anda bisa memasang galon yang baru. Jangan lupa mengelap bagian leher galon menggunakan tissue basah yang sudah disediakan oleh agen galon agar selalu terhindar dari bakteri. Tissue yang sudah berisi cairan alkohol itu terbukti ampuh menghilangkan kuman dan bakteri agar tak masuh pada tabung dispenser. Yang terakhir, Anda bisa memasang saluran listrik pada dispenser yang tadi telah dilepas. Untuk tips meletakkan dimana tempat yang pas buat dispenser, Anda bisa menyimak cara menata ruangan.

Demikian ulasan tentang cara membersihkan dispenser secara baik dan benar. Ada beberapa pilihan pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan dispenser agar tetap tejaga higinis. Yuk, sayangi Anda dan keluarga tercinta dengan membersihkan dispenser agar tidak terkena kuman dan bakteri sehingga aman dan sehat sebagai konsumsi minuman sehari – hari.

, , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan