Sponsors Link

12 Cara Membersihkan Cermin Yang Buram Agar Kinclong Kembali

Cara Membersihkan Cermin harus benar-benar anda perhatikan agar cermin anda selalu bersih dan mengkilap. Perempuan tidak bisa lepas dengan sebuah cermin dalam kehidupan sehari-hari. Mereka cenderung ingin  terlihat perfect dalam segala situasi dan kondisi. Oleh karena itu cermin sangat dibutuhkan dan membantu para kaum hawa dalam rangka menata dirinya dan berdandan ria agar terlihat rapi dan menarik dihadapan orang lain. Untuk menunjang itu semua kaum hawa harus pandai-pandai menjaga kebersihan cerminnya tersebut agar saat berdandan tidak ada noda-noda yang mengganggu sehingga dapat menyulitkan mereka.

ads

Baca juga :

Cara Membersihkan Cermin

cara membersihkan cerminCermin merupakan benda padat yang bisa memantulkan cahaya sehingga saat kita berada di depan cermin, maka badan kita akan terpantulkan dan terlihat di bagian dalam cermin tersebut. Jika badan kita ingin terlihat sempurna di dalam cermin, maka anda harus menjaga kebersihan cermin agar bisa melihat bagian tubuh anda secara jelas.

Selain itu, sekarang ini cermin seringkali digunakan sebagai hiasan dinding yang dianggap mempunyai nilai seni dan estetika yang tinggi. Jika anda tidak rutin membersihkan cermin yang anda punya, maka lama kelamaan cermin akan terlihat kusam, buram serta tidak enak dipandang lagi. Jadi hal apa yang perlu anda lakukan? Anda hanya perlu mempunyai sedikit rasa peduli terhadap barang-barang pribadi anda, agar penggunaannya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Pembersihannya pun tidak hanya dilakukan menggunakan air saja, karena air tidak dapat membersihkan permukaan cermin secara sempurna. Apabila kotoran dan debu dibiarkan sampai membentuk kerak, hal tersebut menjadikan proses pembersihan menjadi lebih sulit lagi. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk membersihkan cermin. Yuk kita simak penjelasannya! (baca juga : cara menanam bunga di pot)

Berikut beberapa cara membersihkan cermin, penjelasannya sebagai berikut :

1. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca Pada Cermin

Penggunaan cairan pembersih kaca pada umumnya sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas. Cukup bersihkan cermin dengan menggunakan lap setengah basah terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa mengaplikasikan cairan permbersih kaca. Masukkan cairan pembersih kaca ke dalam botol penyemprot yang sudah dibersihkan. Kemudian semprotkan cairan tersebut ke cermin secara merata. Anda bisa menggunakan alat pembersih kaca ataupun lap kering. Lakukan pengelapan secara menyeluruh sampai dirasa cermin sudah cukup bersih dan kering. (baca juga : cara merawat kolam renang di rumah)

2. Menggunakan Alkohol

Selain digunakan sebagai pembersih kuman-kuman, alkohol juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih cermin. Anda bisa membeli alkohol di apotek terdekat. Cara pengaplikasiannya cenderung sangat mudah. Anda bisa menuangkan sedikit alkohol ke lap kering. Kemudian gosok-gosokkan lap tersebut secara menyeluruh. Setelah dirasa cukup, lakukan pengelapan kembali menggunakan lap kering dan bersih gunanya untuk memaksimalkan kebersihan cermin anda. (baca juga : cara memasang handle pintu)

Sponsors Link

3. Menggunakan Cairan Pemutih Pakaian

Selain digunakan sebagai pemutih pakaian anda, cairan pemutih juga bisa digunakan membantu dalam upaya membersihkan cermin anda di rumah. Jadi bisa lebih berhemat dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah. Cara pengaplikasiannya juga sama dengan penggunaan alkohol. Tuangkan secukupnya cairan pemutih ke lap kering yang bersih. Gosok-gosokkan ke cermin anda secara merata. Kemudian bersihkan kembali dengan lap lain yan kering dan bersih agar kebersihan cermin anda bisa sempurna dan terlihat kinclong. (baca juga : cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel)

4. Menggunakan Face Tonic Pada Cermin

Face tonic biasa digunakan oleh para kaum hawa untuk membersihkan wajah mereka yang telah terpapar debu ataupun sinar matahari setelah melakukan aktivitas. Ternyata face tonic juga bisa digunakan untuk membersihkan cermin di rumah anda. Jadi bisa lebih hemat karena memanfaatkan barang yang ada di rumah. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni tuangkan secukupnya face tonic ke kapas dan kemudian oles-oleskan ke bagian permukaan cermin secara merata. Selanjutnya anda bisa mengelapnya dengan menggunakan lap kering dan bersih untuk menyempurnakan kebersihannya.

Baca juga :

5. Menggunakan Pasta Gigi

Pasti gigi biasanya digunakan untuk gosok gigi, tapi disini pasta gigi juga bisa bermanfaat dalam upaya membantu membersihakan cermin anda di rumah. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada kain lap kering. Oleskan hingga merata pada permukaan cermin anda. Setelah itu diamkan sejenak agar pasta gigi yang menempel pada permukaan cermin mengering. Apabila sudah kering, anda bisa membilasnya dengan kain lap setengah basah dan melanjutkannya membersikan dengan kain lap kering agar terlihat kinclong. (baca juga : cara menghilangkan cat)

6. Menggunakan Larutan Bubuk Kaporit

Bubut kaporit biasanya digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada sumur dan kolam renang. Namun disini bubuk kaporit bisa digunakan untuk membersihkan cermin. Ternyata bubuk kaporit sangat efekti digunakan, anda hanya perlu mencampurkan bubuk kaporit dengan sedikit air dan aduk sampai merata sampai menjadi larutan yang kental.

Setelah mengental, anda bisa mengoleskannya ke permukaan cermin hingga merata. Biarkan sampai mengering terlebih dahulu. Kemudian jika sudah mengering, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air. Lalu lap dengan menggunakan kain lap kering dan bersih agar kebersihan bisa sempurna. Pastikan melakukan pengelapan sampai kering agar tidak ada noda bekas air yang mengering sehingga tidak timbul bercak-bercak pada cermin anda. (baca juga : cara merawat kaktus)

ads

7. Menggunakan Perasan Lemon

Lemon merupakan bahan yang sering digunakan untuk pembuatan sabun pencuci piring karena kandungan yang ada dalam lemon bisa menghilangkan lemak-lemak bekas makanan. Lemon ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan cermin. Peras lemon dalam suatu wadah, bisa juga dengan gelas. Oleskan secara merata lemon dengan menggunakan kapas ke permukaan cermin. Lakukan pengelapan menggunakan lap kering dan bersih secara menyeluruh. Pastikan sampai kering agar cermin anda tampak lebih kinclong. (baca juga : cara perawatan dapur)

8. Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan pembersih cermin. Caranya cuku mudah, anda hanya perlu campurkan cuka putih dengan air hangat. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada cermin anda. Oleskan sampai merata dan lap menggunakan kain lap kering dan bersih sampai mengering. (baca juga : cara memilih warna cat rumah)

9. Menggunakan Koran Bekas

Gunakan koran untuk membersihakn cermin di rumah anda ketika debunya terlihat tebal. Anda bisa menyemprotkan air secara menyeluruh dan gosok-gosokkan dengan sedikit tekanan agar debu menempel pada koran tersebut. Cara ini dulu sering saya gunakan saat kegiatan rutin kebersihan di bangku sekolahan. (baca juga : cara membuat taman di rumah)

10. Menggunakan Larutan Asam Sitrat Untuk Membersihkan Cermin

Larutan asam sitrat juga bisa anda manfaatkan dalam upaya membersihkan cermin yang ada di rumah anda. Oleskan larutan asam sitrat secara merata dan biarkan sampai mengering. Setelah mengering anda bisa lakukan pengelapan dengan lap setengah basah yang sudah di celupkan di air hangat. Hal ini selain berguna membersihkan permukaan supaya kinclong, bisa juga untuk membunuh kuman yang menempel. Lakukan pengelapan lagi dengan lap kering dan bersih sampai benar-benar kering. (baca juga : hiasan dinding dari barang bekas)

11. Menggunakan Kertas Penyaring (Filter) Kopi

Cara ini juga cukup efektif untuk digunakan. Saya juga sering mempraktekkan pada saat cermin terciprat oleh air. Anda bisa gunakan dengan cara menggosokkan searah secara perlahan karena kertas penyaring kopi punya daya serap yang bagus namun tidak cepat rusak seperti halnya tisu. Jadi anda tidak perlu khawatir jika kertasnya akan tertempel di cermin. (baca juga : cara membuat hiasan dinding dari kertas)

12. Menggunakan Spon Yang Lembut Untuk Membersihkan Kaca

Cara ini juga cukup simpel untuk dilakukan. Siapkan spons yang mempunyai bahan yang lembut agar kaca anda tidak timbul goresan setelah dibersihkan. Jika banyak debu dan noda yang menempel anda bisa gunakan spons dengan sedikit air. Kemudian gosok-gosokkan secara perlahan sampai cermin anda bersih dan mengering.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa membersihkan cermin pun harus dilakukan secara rutin dan teratur agar cermin tidak timbul kerak-kerak yang susah untuk dibersihkan. Cara-cara di atas bisa anda jadikan list referensi saat anda membersihkan cermin di rumah anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara untuk membersihkan cermin. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kebersihan