Sponsors Link

Rumah Kayu Minimalis Sederhana Beserta Pembuatannya

Zaman dulu, rumah dengan bahan material kayu merupakan rumah yang akrab bagi kehidupan masyarakat. Di Indonesia dan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, rumah-rumah adatnya sebagian besar terbuat dari kayu. Di benua Eropa juga begitu. Tetapi seiring perkembangannya, bahan material rumah menjadi semakin beragam. Desain berbau minimalis terutama lebih banyak digandrungi.

ads

Seiring perkembangan zaman dan mengikuti kebutuhan, rumah orang-orang modern kebanyakan terbuat dari batu bata atau batako. Anggapan kebanyakan orang, rumah bertembok batu bata lebih terkesan kokoh dan mewah. Selain itu, rumah kayu memang memakan biaya lebih mahal jika dibandingkan pembuatan rumah berdinding bata apabila bahan kayu yang digunakan kuat dan berkualitas bagus. Namun, apabila mengetahui Bahaya Tembok Rumah Retak mungkin kita akan berpikir lagi. Dan meskipun kita tahu Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab dan Berjamur, jika dinding tembok sudah terlanjur berjamur tentu tidak akan sehat.

Namun demikian, akhir-akhir ini rumah bergaya klasik kembali disukai kalangan masyarakat, termasuk rumah kayu. Filosofi Rumah Minimalis Sederhana dengan desain rumah minimalis yang memberi kesan modern dan hemat lahan, rumah kayu minimalis akan menjadi bangunan apik yang unik dan artistik. Sementara itu, Tips Membuat Rumah Minimalis Modern gaya klasik dipadu dengan warna eksotis dari kayu membuat rumah kayu terkesan hangat dan elegan. Rumah kayu juga bisa sangat menarik dan kuat jika bahan material kayu yang digunakan berkualitas, serta desainnya diaplikasikan secara tepat.

Kelebihan Rumah Kayu Minimalis

Bagi Anda yang berkeinginan membangun sebuah hunian yang unik dan berseni dilihat dari desain dan suasana. Rumah Minimalis Sederhana atau rumah kayu adalah pilihan yang baik yang memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri, antara lain:

  1. Waktu pembangunan lebih cepat

Pembangunan Rumah Kayu Minimalis Sederhana memakan waktu yang relatif cepat karena terdapat beberapa pengusaha kontraktor yang menawarkan pembangunan rumah kayu sistem knock down atau bongkar pasang sehingga pembuatan bisa dilakukan di pabrik, selanjutnya dirangkai di lokasi pembangunan rumah dalam waktu beberapa hari saja.

Baca juga :

  1. Terkesan natural

Dari segi keindahan, Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis di desain khusus dengan memberikan kesan natural yang menyatu dengan alam. Ini disebabkan oleh sifat tekstur kayu berupa garis-garis alam dari pepohonan.

  1. Hemat biaya

Untuk daerah tertentu yang memiliki sumber daya alam atas hutan dan pepohonan yang berlimpah, pembangunan rumah kayu akan menghemat biaya pengeluaran karena bahan baku bisa diambil dari hutan atau pepohonan yang terdapat di sekitar lokasi pembangunan. Selain itu, rumah kayu minimalis juga menghemat biaya karena hemat lahan dan bahan kayu.

  1. Sistem bongkar pasang

Salah satu kelebihan rumah kayu yang tidak dimiliki oleh rumah dengan bahan material selain kayu, yaitu rumah kayu dapat dibuat dengan sistem knock down sehingga dapat dibongkar pasang apabila pemilik ingin pindah alamat lokasi rumah.

Kekurangan Rumah Kayu Minimalis

Selain beberapa kelebihan, bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah bermaterial kayu, perlu diketahui pula jika rumah berbahan kayu memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Sulit memperoleh pohon

Sekarang ini sangat sulit menemukan pohon yang cocok diambil kayunya untuk pembangunan sebuah rumah kayu. Hal ini akibat kelangkaan pohon. Penebangan pohon terlalu banyak tanpa dilakukan penanaman kembali. Kelangkaan pohon ini merupakan ancaman pemanasan global yang bisa berakibat fatal bagi masa depan bumi. Menebang pohon tanpa diimbangi dengan penanaman kembali berarti telah turut serta memperbanyak kegiatan penebangan liar.

  1. Biaya mahal untuk kayu yang bagus

Bila Anda tinggal di wilayah dengan sumber daya pohon yang sedikit, pembangunan rumah kayu justru akan memakan biaya yang mahal. Ini dikarenakan sulitnya mencari sumber daya kayu yang berkualitas bagus, sehingga kayu-kayu tersebut harus didatangkan dari wilayah lain penghasil kayu. Untuk mendapatkannya tentu memakan ongkos yang lebih besar.

  1. Tukang bangunan harus memahami hal perkayuan

Untuk membangun sebuah rumah kayu, Anda tidak boleh sembarangan memilih tukang bangunan. Tukang bangunan yang nantinya bekerja membangun rumah Anda harus benar-benar mengerti dan memahami Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah terutama dalam hal perkayuan. Contohnya saja seperti memilih Jenis-Jenis Atap Rumah yang tentunya mengutamakan bahan kayu yang bagus untuk menompang atap rumah agar tetap kuat dan tahan lama.

  1. Cenderung tidak tahan rayap dan cuaca

Selain kekurangan-kekurangan sebelumnya, rumah kayu juga cenderung lebih tidak tahan rayap dan cuaca lembap. (Baca juga : Cara Mengatasi Rumah Lembab)

Sponsors Link

Pembuatan Rumah Kayu Minimalis

Image result for rumah kayu minimalis

Berkonsultasi mengenai Desain Rumah Minimalis dari kayu kepada desainer interior merupakan pilihan yang bijak agar dapat memperoleh desain rumah yang bagus. Kebanyakan orang berpikir jika menggunakan jasa desainer interior dalam membangun rumah kayu minimalis akan memakan biaya lebih banyak. Padahal kenyataan justru mengatakan sebaliknya. Desainer interior akan memberikan pengeluaran anggaran biaya sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang telah disepakati, sehingga nantinya tidak ada biaya tak terduga, biaya kesalahan pembangunan, dan biaya lainnya.

Keberadaan rumah kayu pada saat ini memang agaknya sulit untuk ditemui. Hal ini disebabkan oleh sulitnya bahan material kayu untuk pembuatan rumah di samping harga kayu yang kian melambung. Selain mahal, penggunaan kayu sebagai bahan baku rumah juga dikhawatirkan akan mendorong peningkatan risiko terjadinya pemanasan global. Namun demikian, untuk rumah dengan konsep minimalis yang memiliki luas lahan yang tidak terlalu besar bisa menjadi pilihan alternatif bagi pencinta rumah klasik yang minimalis.

Pembangunan rumah kayu dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana namun menghasilkan desain bangunan yang kokoh, nyaman, bernilai artistik, dan tentu saja dengan biaya ekonomis. Berikut beberapa tahapan pembuatan rumah kayu minimalis:

  1. Ada lahan dan daftar rencana untuk pembuatan dan pengerjaan rumah kayu minimalis.
  2. Menentukan bentuk atau struktur rumah kayu dalam bentuk gambar ataupun sketsa.
  3. Menghitung struktur kayu sesuai keperluan untuk menentukan dimensi serta kualitas kayu. Kualitas kayu yang dimaksud yaitu apakah kayu itu termasuk jenis kayu yang aman dan ekonomis.
  4. Menggambar sketsa atau gambar detail struktur rumah kayu minimalis sesuai dengan hasil perhitungan sebelumnya.
  5. Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  6. Mengadakan bahan bangunan rumah kayu keseluruhan dan mengupayakan pelestarian.
  7. Memproses pembuatan rumah kayu minimalis menggunakan sistem kerja terbaik sesuai gambar desain yang telah dibuat.
  8. Memelihara dan merawat rumah kayu minimalis dari hal-hal yang dapat merusak.

Baca juga :

Sponsors Link

Untuk melengkapi desain rumah kayu minimalis, perlu diperhatikan Cara Membuat Pintu Geser Kayu Hemat Tempat. Pembuatan rumah kayu minimalis yang sesuai dengan persyaratan akan membuat kita nyaman menempatinya.  Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga juga perlu diperhatikan, namun sebaiknya terlebih dahulu menjaga bangunan rumah kayu minimalis dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Lokasi

Lokasi pembangunan rumah kayu harus terbebas dari unsur-unsur yang dapat merusak material kayu sehingga rumah dapat lebih awet dan tahan lama. Sebagai contoh, tidak seharusnya rumah kayu minimalis dibangun di tepi atau dekat laut, sebab air laut memiliki kandungan yang dapat merusak bahan kayu. Selain itu, Bahaya Rumah Dekat Gardu Listrik juga tidak dianjurkan karena itu bisa beresiko besar.

  1. Pemilihan jenis kayu

Jenis kayu yang berkualitas baik akan mempengaruhi kekuatan dan kekokohan bangunan rumah kayu minimalis. Oleh karena itu, jenis kayu yang dipakai harus sesuai dengan nilai-nilai fungsi di samping dapat diaplikasikan untuk arsitektur yang indah dari rumah kayu minimalis. Contoh kayu berkualitas baik yaitu kayu jati. Memilih kayu jati akan menjadikan bagunan rumah lebih kuat. Selain itu, kayu dengan tekstur lembut dan menarik agar rumah terlihat indah juga dapat dipilih untuk pembuatan dinding rumah.

Biasanya, rumah minimalis untuk pembuatan pintu memilih desain pintu geser. untuk Cara Membuat Pintu geser kayu hemat tempat banyak yang menggunakan kayu jati sebagai bahan utama dalam membuat pintu geser.(baca : Cara Membuat Kusen Kayu)

Proses pengawetan

Hal yang penting untuk dilakukan pada rumah kayu minimalis adalah proses pengawetan. Kegiatan ini, selain terkait dengan menjaga kekokohan konstruksi bangunan rumah kayu minimalis, juga berguna untuk mempertahankan kekuatan kayu sehingga kayu tidak mudah rusak. Proses pengawetan kayu harus dilakukan sebelum pemasangan kayu pada proses pembangunan rumah. Proses ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan pencelupan atau mengecat permukaan kayu sebelum digunakan untuk pembuatan rumah. Proses pengecatan bertujuan agar kayu tidak dimakan serangga seperti rayap. Pengecatan juga berguna melindungi kayu sehingga kayu tidak mudah lapuk.

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 13:08 Oleh :
Kategori : Minimalis