Sponsors Link

Cara Mengelupas Cat Tembok dengan Cepat

Mendekorasi rumah tentu adalah salah satu hal yang menyenangkan. Memiliki desain rumah minimalis  yang sesuai dengan keinginan tentu membuat rumah akan semakin nyaman. Dekorasi rumah bisa dimulai dari area rumah yang sering digunakan seperti kamar hingga yang paling jarang digunakan seperti area loteng atau gudang. Hal ini bisa disesuaikan oleh Anda sebagai pemilik dan penghuni rumah. Salah satu bagian yang paling mudah dan sering menjadi bagian untuk didekorasi ulang adalah dinding atau biasa disebut dengan tembok.

Walaupun terkadang tembok rumah dilapisi wallpaper untuk mempercantik suasana di rumah. Fungsi wallpaper rumah juga bisa untuk memperindah bagian rumah. Namun, mengganti warna tembok adalah salah satu cara yang paling bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah selain penggunaan . Karena dengan mengganti warna tembok di rumah terutama di area – area tertentu bisa memberi kesan dan suasana yang berbeda. Namun, sebelum mengecat tembok dengan warna yang baru, tembok rumah perlu dikelupas  terlebih dahulu supaya cat yang akan diaplikasikan bisa tampak lebih bagus dan tahan lama. Berikut cara mengelupas cat tembok yang bisa dilakukan :

1.  Siapkan Peralatan Terlebih Dahulu

Mempersiapkan peralatan untuk mengelupas cat tentu tidak sulit. Apabila Anda menyewa orang seperti tukang bangunan untuk melakukan hal ini tentu Anda tidak perlu menyiapkan peralatannya sendiri. Anda juga perlu mengetahui bagaimana bahaya tembok rumah retak yang mungkin bisa terjadi di rumah. Apabila Anda sudah siap mengelupas tembok rumah Anda sendiri maka ada beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti berikut :

  •  Paint Remover

Sesuai dengan namanya, paint remover ini untuk menghapuskan cat yang sebelumnya telah ada pada tembok rumah Anda. Karena paint remover ini mengandung bahan kimia sehingga penggunaannya harus dengan hati – hati.  Karena apabila mengenai kulit bisa menyebabkan gatal – gatal. Dan apabila cairan ini tidak sengaja terkena kulit, maka sebaiknya segera dibersihkan dengan air bersih. (Baca : Cara Menjaga Kebersihan Rumah ).

  • Kuas Cat

Kuas cat tentu bisa dengan mudah ditemukan. Kuas cat yang digunakan untuk mengaplikasikan paint remover atau thinner ini ada baiknya yang cukup besar. Karena ukuran kuas yang besar ini akan membantu mempercepat pengaplikasian thinner pada tembok yang akan dikelupas nantinya. ( Baca : Bahaya Tembok Rumah Retak ).

  • Thinner

Thinner ini bisa menjadi peralatan pengganti dari paint remover. Harga paint remover mungkin memang lebih mahal. Thinner ini bisa menjadi alternatif apabila harga paint remover dirasa kurang terjangkau untuk kantong. Fungsi thinner ini kurang lebih sama dengan paint remover sehingga bisa dijadikan pengganti paint remover.

  • Ampelas

Ampelas untuk tembok sangat mudah ditemukan. Karena, pada umumnya ampelas ini biasanya digunakan untuk menghaluskan bagian tembok.  Namun, untuk mengelupas cat tembok pun ampelas ini pun bisa menjadi peralatan yang sangat membantu membuat tembok menjadi terlihat lebih rapi.

  •  Sarung Tangan

Sarung tangan yang bisa digunakan ini bebas. Boleh berbahan kain atau pun berbahan karet. Penggunaan sarung tangan ini sebenarnya untuk menghindari tangan supaya tidak memiliki kontak langsung pada cairan – cairan yang mengandung bahan kimia seperti paint remover atau thinner. (Baca : Cara Membersihkan Rumah Dari Energi Negatif ).

  • Sekrap Tangan

Sekrap adalah salah satu alat yang biasa digunakan pada saat membangun atau merenovasi bagian rumah. Dan selain digunakan untuk mengelupas cat yang ada pada tembok. Sekrap tangan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran pada keramik. Biasanya untuk membersihkan sisa semen kering yang ada pada keramik. (Baca : Cara Membuat Keramik )

2. Mengaplikasikan Pada Tembok

Setelah semua peralatan tersedia maka saatnya mengaplikasikannya ke tembok. Berikut rincian pengaplikasiannya :

  • Siapkan sarung tangan untuk dipasangkan ke bagian kedua tangan. Bisa memilih sarung tangan karet atau sarung tangan lainnya yang bisa melindungi tangan dari kontak langsung pada cairan yang mengandung bahan kimia seperti paint remover atau thinner.
  • Ambil kuas yang telah disiapkan kemudian oleskan cairan paint remover (pilih salah satu saja) pada bagian tembok yang akan dikelupas. Cobalah lakukan hal ini secara bertahap pada bagian tembok yang siap untuk dikelupas. (Baca : Tips Membuat Rumah Sederhana )
  • Diamkan bagian tembok yang sudah diberi cairan paint remover atau thinner selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Bagian tembok yang bereaksi setelah diberikan cairan ini biasanya akan berubah bentuk menjadi gelembung udara. Jangan diamkan cairan yang menempel pada tembok ini terlalu lama. Karena hal ini akan membuat tembok menjadi lebih sulit untuk dikelupas karena menjadi keras.
  • Setelah muncul gelembung, ambil sekrap tangan lalu mulailah mengelupas bagian tembok tersebut. Lakukan hal tersebut ke bagian tembok lainnya yang ingin dikelupas catnya. (Baca : Ciri – Ciri Rumah Sehat).
  •  Setelah semua dinding berhasil dikelupas, Anda perlu menyiram permukaan tembok tersebut dengan air. Air ini akan membersihkan tembok dari cairan yang mengandung bahan kimia yang berasal dari paint remover atau thinner tadi.
  • Permukaan tembok yang sudah disiram oleh air tadi bisa ditunggu hingga mengering atau bisa dibantu pengeringannya supaya lebih cepat dengan menggunakan kain lap.
  • Setelah bagian tembok mengering, maka inilah saatnya Anda menggosok bagian tembok tersebut dengan ampelas. Untuk pertama kalinya mungkin suara dari ampelas ini bisa membuat terasa ngilu. Namun, lama – kelamaan gesekan ampelas ke tembok ini pun akan mereda sehingga tidak terasa ngilu lagi untuk pendengaran. ( Baca : Cara Membuat Jendela Bersekat Enam)
  • Setelah selesai diampelas, maka bagian tembok perlu dibersihkan dengan kain lap sehingga debu bekas ampelas bisa hilang. Setelah itu, tembok pun siap untuk dicat ulang.

Tips Lainnya Untuk Mengelupas Cat Tembok

Alasan untuk mengelupas cat tembok di rumah mungkin berbeda – beda untuk setiap penghuni rumah. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan pada saat ingin mengelupas cat tembok. Paint remover atau thinner adalah cairan yang bisa digunakan untuk membantu proses pengelupasan cat. Maka dari itu, aroma dari bahan kimia yang keluar dari kaleng kedua bahan ini jangan sampai terhirup.

Karena reaksi di dalam bahan kimia tersebut cukup besar maka, apabila tidak sengaja terkena bagian tubuh dan menimbulkan reaksi maka sebaiknya segera dibersihkan dan dicuci dengan air yang bersih. Dan, hal yang tak kalah penting lainnya adalah membersihkan peralatan yang digunakan setelah digunakan.



Artikel Lainnya


, , , , ,



Oleh :
Kategori : Perawatan