Sponsors Link

6 Cara Membasmi Rayap Di Atap Rumah Secara Cepat dan Super Ampuh

Cara Membasmi Rayap Di Atap Rumah harus benar benar anda perhatikan agar hewan penganggu ini tidak berkeliaran di rumah anda. Rumah yang nyaman adalah tempat tinggal yang menjadi impian bagi semua orang. Maka dari itu untuk mewujudkan hunian yang nyaman kita harus pandai-pandai merawatnya. Terutama rumah yang berbahan baku kayu harus ditangani secara khusus dan baik. Kayu rentan didatangi dan diserang oleh rayap apabila kurang tepat dalam penanganannya. Rayap adalah hewan yang dianggap sangat mengganggu dan merugikan karena keberadaanya secara tidak langsung merusak seperti halnya hama. Atap rumah merupakan bagian yang susah dijangkau untuk dibersihkan sehingga rayap lebih senang bermukim di bagian atap yang dianggap lebih aman dan lebih nyaman agar terhindar dari gangguan manusia. (Baca Juga :  Hiasan Dinding Dari Barang Bekas )

ads

Cara Membasmi Rayap Di Atap Rumah

Cara Membasmi Rayap Di Atap RumahIngat kalimat mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Dalam topik ini cocoknya kalimat seperti ini, mecegah lebih baik daripada membasmi. Nah, kalimat itu pun bisa diterapkan dalam penanganan kayu untuk bahan baku atap rumah agar tidak mudah didatangi oleh rayap. Jika rayap sudah bermukim di atap rumah anda, jangan dianggap hal ini adalah hal yang tidak penting dan sepele.

Justru hal ini bisa dikatakan suatu hal yang serius dan harus ditangani sedini mungkin dan sesegera mungkin agar hal buruk tidak menimpa rumah kita dan diri kita. (Baca Juga :  Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas )

Rayap yang sudah bermukim dan membentuk koloni yang besar di atap rumah dalam jangka waktu yang lama tentu saja sangat membahayakan bagi penghuni rumah itu sendiri. Karena dalam jangka waktu yang lama rayap akan terus menggerogoti kayu-kayu atap rumah dan lama-kelamaan kayu akan lapuk. Dampak yang ditimbulkan tanpa anda sadari adalah atap bisa roboh sewaktu-waktu. Itu sangat mengancam dan juga membahayakan sekali bagi penghuni rumah tersebut. Tidak mau hal tersebut terjadi pada rumah anda bukan? Ayo simak sedikit tips untuk menghindari dan membasmi rayap di bagian atap rumah.

Baca juga :

1. Pengaplikasian Tinner Pada Kayu

Pengaplikasian tinner pada kayu yang akan dipakai sebagai bahan baku pembuatan atap rumah ternyata cukup efektif untuk menghindari dan mencegah datangnya rayap. Kenapa demikian? karena aroma tinner yang sangat menyengat dan tajam itu adalah penyebab mengapa tinner tidak disukai oleh rayap. Caranya tinggal olesi saja kayu dengan menggunakan kuas yang sudah dicelupkan ke tinner.

Pastikan dalam proses pengolesan tinner pada kayu sudah dilakukan secara merata dan menyeluruh di setiap bagian kayu yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan atap rumah. Setelah dirasa cukup, kayu bisa dijemur terlebih dahulu sampai tinner mengering dan bisa meresap dengan maksimal dan sempurna sebelum dipasang sebagai bahan atap rumah. (Baca Juga :  Cara Membuat Hiasan Dinding )


2. Pengaplikasian Air Cucian Beras Pada Atap Berbahan Kayu

Cara kali ini juga tidak jauh berbeda seperti cara-cara sebelumnya. Cara pengaplikasian air cucian beras yaitu dengan mengoleskan secara menyeluruh dan merata pada bagian kayu atap rumah. Tak ada yang menyangka jika air cucian beras yang selama ini dirasa tidak berguna dan selalu dibuang percuma ternyata punya manfaat besar yang bisa digunakan dan bisa membantu anda untuk membasmi rayap yang sudah bersarang di atap rumah. (Baca Juga :  Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci )

3. Pengaplikasian Minyak Tanah Pada Atap Berbahan Kayu

Dalam proses pengaplikasian minyak tanah tidak jauh berbeda dengan pengaplikasian tinner pada atap rumah. Apabila hal ini sudah terjadi, sesegera mungkin melakukan penanganan dengan baik dan cek setiap sudut bagian atap rumah anda. Jika keadaannya belum parah anda bisa mengaplikasikan minyak tanah dengan cara mengolesi semua bagian-bagian kayu menggunakan kuas.

Cara ini cukup efektif untuk membasmi dan mengusir rayap dari atap rumah anda. Jika keadaan kayu sudah terlihat parah (lapuk), alangkah baiknya segera ganti kayu lama anda dengan yang baru guna mencegah kemungkinan terburuk yang akan menimpa anda sewaktu-waktu yaitu robohnya atap rumah anda. Jangan sampai hal yang tidak di inginkan terjadi pada keluarga anda. (Baca Juga :  Cara Mengatasi Tembok Retak )

4. Pengaplikasian Air Kapur Sirih Pada Atap Berbahan Kayu

Cara kali ini juga tidak jauh berbeda seperti cara-cara sebelumnya. Cara pengaplikasian air kapur sirih yaitu dengan pengolesan atau penyemprotan secara menyeluruh pada bagian kayu atap rumah anda. Khususnya pada bagian yang dicurigai terdapat banyak rayap yang bersarang dan itu harus lebih banyak kadar pengolesan dan penyemprotan air kapur sirih. Kulit rayap yang yang sensitif (lembut dan tipis) akan lebih mudah berinteraksi, terpapar panas yang merupakan sifat yang dimiliki oleh kapur sendiri. Dengan demikian rayap mau tidak mau akan mudah mati karena paparan panas dari kapur. (Baca Juga :  Pendingin Ruangan Pengganti AC )


5. Pengaplikasian Air Larutan Garam Pada Atap Berbahan Kayu

Cara kali ini juga tidak jauh berbeda seperti cara-cara sebelumnya. Cara pengaplikasian air larutan garam yaitu dengan cara pengolesan atau penyemprotan secara menyeluruh pada bagian kayu atap rumah anda, khususnya pada bagian yang dicurigai terdapat banyak rayap yang bersarang dan itu harus lebih banyak kadar pengolesan dan penyemprotannya. Agar rayap benar-benar hilang, alangkah baiknya melakukan cara ini berulang-ulang dan rajin membersihkan pada bagian atap rumah anda. (Baca Juga :  Penyerap Lembab Ruangan )

6. Membasmi Rayap Dengan Menggunakan Insektisida dan Busa Racun

Dewasa ini, produk yang populer dan umum digunakan di kalangan masyarakat luas adalah insektisida dan busa racun yang merupakan salah satu produk yang sangat bermanfaat dalam proses pembasmian rayap sampai ke akar-akarnya. Namun saat menggunakan insektisida dan busa racun, maka anda harus mengosongkan rumah anda terlebih dahulu untuk jangka waktu tertentu guna mencegah efek buruk dari insektisida dan busa racun jika terhirup oleh pernafasan kita.

Bentuk Insektisida yang sekarang ini terjual bebas di pasaran adalah dalam bentuk gas dan cairan. Lain halnya dengan busa racun, dalam proses membasmi dan membunuh rayap, busa racun bisa diaplikasikan dengan cara mengusap-usapkan atau menempelkannya pada kayu secara menyeluruh sehingga bisa meresap ke kayu secara maksimal dan rayap pun akan mati. Penggunaan insektisida ataupun busa racun bisa dijadikan salah satu referensi bagi anda dalam upaya pembasmian rayap dengan sangat mudah, cepat, dan efektif dalam tempo atau rentang waktu lama. Hal yang perlu juga anda perhatikan adalah kebersihan menjadi salah satu faktor utama guna pencegahan datangnya kembali rayap di rumah anda.

Baca juga :

Sampai disini dulu, itulah sedikit pembahasan mengenai cara membasmi rayap di atap rumah. Ini juga menjadikan kita agar lebih memperhatikan dan merawat rumah. Sapu rumah dengan menggunakan sapu dua kali dalam sehari. Lalu bersihkan juga bagian atap rumah menggunakan sapu yang berukuran panjang minimal 1 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,



Oleh :
Kategori : PEST