Sponsors Link

8 Tips Memilih TV LED Berkualitas Terbaik yang Harus Diketahui

Untuk sebagian orang, tv kerap menjadi sebuah perabotan yang wajib dan harus selalu dimiliki. Intensitas penggunaan tv terbilang sangat tinggi, meskipun saat ini ada banyak perangkat elektronik lainnya yang bisa digunakan sebagai sarana untuk menonton dan mendapatkan beragam informasi. Internet tentu telah memudahkan kita untuk melakukan lebih banyak hal, termasuk menonton dan mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Namun di luar sana, ada banyak sekali orang yang masih dan tetap setia menggunakan tv dan menjadikan perangkat tersebut sebagai salah satu perangkat elektronik favorit mereka. Hingga tak jarang tv kemudian dijadikan sebagai item perabotan wajib yang harus dimiliki.

ads

Baca juga:

Tips Memilih TV LED

Tips Memilih TV LEDSelama bertahun-tahun, perkembangan teknologi tentu telah membawa banya sekali perubahan di dalam bentuk serta fitur tv. Dari ukurannya yang besar dan bahkan terbilang cukup menghabiskan banyak tempat, saat ini tv telah bertransformasi menjadi lebih ramping dan simpel. Gererasi tv LED merupakan salah satu yang paling banyak mengalami perubahan.

Bukan hanya simpel, tv led tentu dilengkapi degan beragam fitur yang mumpuni, sehingga tak heran jika hampir semua pengguna tv berharap untuk bisa menggunakan jenis tv yang satu ini. Hal ini berbanding lurus dengan pamor led yang semakin lama semakin tinggi, sebab bagaimanapun juga, semua orang tentu selalu mengiginkan berbagai produk keluaran terbaru yang dilengkapi dengan baragam fitur terbaik di dalamnya.

Jika melihat banyaknya minat masyarakat untuk membeli dan menggunakan tv LED, maka jelas peluang bisnis untuk produk ini memang terbilang sangat luas. Jadi wajar saja, jika saat ini ada banyak sekali pabrikan yang mengeluarkan tv LED sebagai salah satu produk andalan mereka. Hal ini tentu sangat wajar, sebab bagaimanapun juga semua perusahaan tentu mengharapkan pasar yang luas dan keuntungan yang paling besar di dalam bisnis mereka.

Namun bagi kita calon konsumen, hal ini kerap menjadi tantangan tersendiri, sebab memilih salah satu tv LED yang paling tepat tentu akan membutuhkan pertimbangan yang sangat matang. Jangan sampai salah membeli, di mana justru kita mengalami kerugian setelah melakukannya. Lakukan pembelian tv LED dengan pertimbangan yang baik sejak awal, agar pembelian tersebut bisa memberi manfaat yang maksimal. Simak tips memilih tv LED berikut ini, agar pembelian tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

1. Kenali TV LED Lebih Dalam

Ada banyak jenis tv LED yang beredar di pasaran, mulai dari yang harganya jutaan, hingga yang puluhan juta juga tersedia. Hal ini tentu dibarengi dengan fitur serta berbagai teknologi lainnya yang diusung di dalam masing-masing produk tersebut. Lalu, sudah kenalkah kita pada jenis LED yang paling tepat dengan kebutuhan kita sendiri?

Penting untuk selalu memahami dengan baik, apa saja fitur yang terdapat di dalam tv LED yang akan kita beli. Hal ini sangat penting, agar kita tidak sampai salah membeli tv dan pada akhirnya tidak bisa menggunakannya sesuai dengan yang kita inginkan. Berbagai fitur di dalam tv LED memungkinkan kita untuk lebih mudah dan nyaman dalam menonton, termasuk untuk merekam dan memutar berbagai video dan gambar yang kita inginkan. Hal-hal seperti inilah yang wajib menjadi pertimbangan. Lihat juga spesifikasi tv yang akan kita beli secara detail, seperti kualitas gambar, suara dan yang lainnya. Pemahaman yang baik sejak awal, akan membuat kita bisa mendapatkan tv LED terbaik yang kita butuhkan.

Baca juga:

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Saat akan membeli sesuatu, penting bagi kita untuk selalu memahami dengan baik kebutuhan kita terlebih dahulu. Jangan sampai kita membeli sesuatu yang tidak begitu kita butuhkan, sebab hal ini akan membuat pembelian tersebut tidak memberikan manfaat maksimal bagi kita. Jika berniat untuk membeli tv LED, selalu sesuaikan kebutuhan kita akan tv tersebut dengan jenis dan ukuran tv yang akan kita beli. Hal ini sangat penting, untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang. (Baca juga: Cara memperbaiki speaker aktif )

Tidak perlu membeli tv LED dalam ukuran yang luar bisa besar, jika ternyata kita hanya memiliki area yang sempit untuk perangkat tersebut. Membeli tv LED dengan resolusi gambar terbaik adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan, namun jika kita hanya akan menggunakan tv ini untuk sekedar memantau CCTV saja, rasanya pembelian tersebut akan mubazir, bukan?

Sponsors Link

3. Perhitungkan Konsumsi Listrik

Agar bisa berfungsi, semua perangkat elektronik tentu akan membutuhkan asupan listrik, termasuk tv LED. Hal ini juga patut menjadi pertimbangan sejak awal, terutama bagi kita yang memang hanya memiliki kapasitas listrik yang terbatas. Jangan sampai kita membeli tv LED yang membutuhkan konsumsi listrik yang besar, sementara di rumah kita hanya memiliki daya listrik yang hampir terpakai seluruhnya untuk berbagai perangkat lain. Jika begini, maka sudah pasti tv yang kita beli tidak bisa digunakan dengan baik, bukan?

Hitung dan pertimbangkan dengan baik konsumsi listrik yang akan dibutuhkan tv LED, sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan kapasitas listrik di rumah. Pastikan kapasitas listrik memang mencukupi untuk penambahan konsumsi listrik tv tersebut. Artinya, jika kelak tv LED dibeli, maka penggunaanya tidak akan mengganggu berbagai perangkat listrik yang sudah ada sebelumnya, terutama perangkat listrik yang wajib digunakan, seperti: rice cooker, pompa air, dan yang lainnya. Hal ini penting untuk dicermati sejak awal, agar berbagai kegiatan di rumah tidak akan terganggu akibat kurangnya asupan listrik.

Baca juga:

4. Sesuaikan Dengan Keuangan

Semua orang tentu ingin membeli berbagai produk terbaik yang mereka  butuhkan, namun tindakan ini pasti akan membutuhkan dana yang juga terbilang besar. Yang terbaik untuk kita, bukan berarti yang termahal. Artinya, tidak perlu memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang berada di luar kemampuan keuangan kita, termasuk saat kita menginginkan sebuah tv LED yang baru.

Lihat kondisi keuangan dan pastikan kita memang memiliki dana yang cukup untuk membeli tv LED yang kita inginkan. Tindakan ini akan membantu kita menghindari berbagai masalah di kemudian hari, terutama jika ternyata dana yang kita miliki memang hanya pas-pasan saja. Lakukan simulasi awal untuk pembelian tersebut, sehingga kita bisa menyesuaikan kondisi keuangan kita dengan kebutuhan pembelian yang akan kita lakukan. Jika pembelian ini memang terlalu membebani keuangan, maka upayakan untuk membeli tv LED yang harganya lebih terjangkau saja. Namun, jika ternyata kondisi keuangan juga tidak memungkinkan untuk hal tersebut, maka menunda sementara pembelian tersebut adalah pilihan yang paling tepat. Jangan terburu-buru dalam membeli, selalu lakukan perhitungan yang baik sejak awal dan sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Baca juga:

ads

5. Pastikan Produk Bergaransi

Tips Memilih TV LED selanjutnya adalah memastikan bahwa produk memiliki garansi. Setiap pembelian perangkat elektronik, tentu akan dibarengi dengan sejumlah resiko di dalamnya. Selalu ada kemungkinan produk tersebut rusak, cacat, atau bahkan tidak bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Jika hal seperti ini sampai kita alami saat membeli sebuah tv LED, maka bisa dipastikan kita akan mengalami kerugian yang cukup besar, bukan?

Hindari berbagai resiko di dalam pembelian yang kita lakukan, termasuk ketika kita akan membeli sebuah tv LED. Pastikan kita hanya akan membeli tv LED yang memiliki jamianan garansi, baik itu jaminan perbaikan atau bahkan jaminan pengiriman serta pemasangan juga. Garansi ini sangat penting, sebab hal ini akan membantu kita untuk menghindari berbagai kerugian yang bisa saja timbul akibat kerusakan tv LED yang kita beli. Jika pembelian dilakukan dengan jaminan garansi, maka berbagai resiko yang bisa terjadi pada tv LED yang kita beli akan dialihkan kepada perusahaan asuransi.

6. Pastikan Dekat Dengan Lokasi Service Center

Bukan hanya garansi saja, namun lokasi service center yang dimiliki oleh tv LED tersebut juga patut menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai kita membeli sebuah tv yang service centernya hanya ada 2 saja di seluruh Indonesia, sebab hal ini akan menyulitkan kita jika sewaktu-waktu tv tersebut mengalami masalah / kerusakan.

Layanan service center yang dekat, akan mempermudah dan sangat membantu kita untuk selalu bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi pada tv LED yang kita beli. Jika sewaktu-waktu tv tersebut mengalami kerusakan, maka kita dengan mudah bisa memperbaikinya di service center terdekat. Jarak yang dekat ini juga memungkinkan kita untuk bisa lebih cepat dan lebih mudah dalam mengajukan klaim perbaikan. Bayangkan bagaimana sulitnya untuk mengajukan klaim, jika ternyata service center tv yang kita beli hanya ada di Jakarta saja, sementara kita sendiri tinggal di Makassar. Waktu perbaikan yang dibutuhkan tentu akan jauh lebih panjang lagi, mengingat tv tersebut mungkin harus dikirimkan terlebih dahulu ke Jakarta. Kondisi seperti ini tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Baca juga:

7. Dapatkan Harga Terbaik di Pasaran

Bila keputusan untuk membeli tv LED yang baru telah fix dan akan segera dilakukan, maka mulailah untuk mencari penawaran terbaik yang bisa kita dapatkan. Pembelian haruslah dengan harga terbaik, agar kita bisa lebih diuntungkan. Selalu ada kemungkinan untuk mendapatkan harga tv yang termurah, jika saja kita jeli dan selektif dalam memilih dan melihat toko yang memiliki penawaran terbaik. Ada banyak toko yang akan memberikan penawaran paling murah, baik itu toko online atau pun toko konvensional.

Selalu lakukan perbandingan harga terlebih dahulu, yakni dengan mendatangi beberapa toko dan mendapatkan informasi harga yang paling akurat dari mereka. Pertimbangkan untuk menggunakan program diskon atau penawaran khusus yang banyak dilakukan oleh toko, misalnya: potongan harga jika membeli dengan kartu kredit / debit dari bank tertentu, diskon pembelian jika belanja dalam nominal tertentu. Semua ini akan membuat pembelian menjadi lebih murah dan menguntungkan.

8. Memahami Perbedaan Jenis TV

Tips Memilih TV LED yang terakhir adalah memahami dengan baik jenis TV. Jenis-jenis tv yang beredar dipasaran terdapat 3 macam yaitu tv plasma, tv LCD, dan tv LED. TV plasma adalah jenis TV yang sering dipakai oleh masyarakat dengan alasan harganya yang cukup murah. Namun dengan harga yang cukup murah, anda tidak akan mendapatkan kepuasan saat anda menonton TV dengan keluarga. Kenapa? Karena TV plasma memiliki vitur yang tidak selengkap jenis TV lainnya.

Sedangkan TV LCD dan TV LED dianggap sebagai jenis TV yang sangat berkualitas dan imbang dengan harganya. Namun kedua jenis TV ini pula masih memiliki 1 perbedaan yang sangat mencolok, yaitu pada penggunaan daya listrik. TV LCD termasuk masih menggunakan mesin yang membuat sangat boros terhadap daya listrik anda. Berbeda dengan TV LED yang sangat menghemat daya listrik anda.

Baca Juga :

Membeli tv LED haruslah dilakukan dengan pertimbangan yang matang, mengingat kegiatan ini akan melibatkan sejumlah uang yang cukup besar. Lakukan pembelian dengan hati-hati, agar kita tidak mengalami kerugian atas pembelian yang akan kita lakukan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 05:12 Oleh :
Kategori : Perabot