Sponsors Link

4 Cara Memperbaiki Jam Dinding Mati dan Macet dengan Mudah

Jam dinding merupakan salah satu perabotan rumah yang terlihat sepele namun keberadaannya sangat penting dan tentunya wajib untuk dipenuhi. Sebagai penanda waktu, jam dinding terlihat banyak diaplikasikan untuk dipasang dan juga digunakan di lingkungan kantor, sekolah, rumah, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya yang bersifat umum atau pun bersifat pribadi. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam menunjukkan kapan waktu untuk belajar, bekerja, bermain, beribadah, makan, istirahat dan lain sebagainya, sehingga dapat terstruktur dengan baik.

ads

Baca juga :

Cara Memperbaiki Jam Dinding

Cara Memperbaiki Jam DindingTanpa adanya jam dinding rumah menjadi terasa aneh dan kurang pas. Setiap kali akan melakukan aktivitas kebanyakan orang selalu melihat jam dinding terlebih dahulu, meskipun mereka sudah mengenakan jam tangan. Mungkin hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang setiap hari dilakukan. (baca juga : cara membasmi laba laba)

Jam dinding seolah-olah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Perabotan rumah tangga yang satu ini sangat berguna untuk memanagemen kegiatan dan dapat digunakan untuk melakukan estimasi ataupun rencana terhadap suatu pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari sehingga bisa tersusun dengan rapi dan tentunya baik. (baca juga : cara memasang tabung gas)

Perbaikan yang dilakukan pada jam dinding memang terlihat mudah namun kenyataannya jika kita tidak paham dengan karakteristik dari jam dinding tersebut mungkin akan terasa sulit. Diperlukan ketelitian pada saat pembongkaran, karena bagian-bagian yang menyusun jam dinding kebanyakan bersifat rentan dan rapuh serta kondisi fisiknya kecil mungil. Jadi anda wajib teliti dan berhati-hati sebelum memutuskan untuk melakukan pembongkaran. (baca juga cara merawat kolam renang di rumah)

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki jam dinding, yuk kita simak bersama-sama! Berikut beberapa cara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi yang tepat saat menghadapi masalah ataupun kendala pada saat mencoba melakukan perbaikan jam dinding anda di rumah, penjelasan lengkapnya sebagai berikut. (baca juga : cara membersihkan kipas angin)

1. Ganti Baterai Jam Dinding Dengan Yang Baru

Jika anda dihadapkan dengan masalah pada jam dinding yang tiba-tiba mati, anda jangan langsung menganggap dan berfikir bahwa jam dinding anda tersebut mengalami kerusakan. Biasanya jam dinding yang tiba-tiba mati bisa jadi disebabkan oleh kondisi baterai yang memang sudah habis dayanya. Jadi anda bisa mencoba mengganti baterai yang lama dengan yang baru terlebih dahulu atau melakukan pengecekan daya baterai menggunakan alat khusus. (baca juga : cara merawat bunga)

Jika sudah diganti ternyata masih tidak bisa berfungsi, maka anda bisa mencoba memakaikan baterai tersebut ke peralatan lain yang sama halnya dengan jam dinding hanya bisa berfungsi ketika dipasang dengan menggunakan baterai. Apabila dipasangkan ke peralatan lain ternyata bisa, berarti jam dinding anda memang sedang bermasalah. (baca juga : cara memperbaiki tv)

Untuk mendapatkan baterai jam juga tidaklah sulit anda bisa memilih dari yang murah sampai yang mahal dijual bebas di toko-toko minimarket bahkan supermarket. Jika anda memilih yang mempunyai harga murah, maka baterai hanya bisa digunakan dalam satu kali pemakaian saja. (baca juga : cara menurunkan ph air kolam renang)

Sedangkan yang sedikit agak mahal, biasanya bisa digunakan berulang kali karena bisa dilakukan pengecasan dengan alat khusus yang memang sudah disediakan. Jadi anda bebas memilih mau yang sekali pakai dengan harga murah, tapi harus beli lagi dan lagi atau mau yang sedikit agak mahal, tapi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. (baca juga : cara membersihkan kompor)

Sponsors Link

2. Bersihkan Bagian Konektor Jam Dinding

Bagian Konektor Jam DindingCara memperbaiki jam dinding bisa juga dilakukan pengecekan pada bagian konektor. Konektor merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan baterai dan berfungsi menyambungkan sumber daya yakni baterai dengan bagian mesin agar bisa bekerja dengan baik. Konektor yang tidak dirawat sehingga keadaannya berdebu kemudian lama-kelamaan berkarat akan membuat peforma dari jam dinding menjadi kurang baik. (baca juga : cara membuat taman di rumah)

Seringkali ditemukan konektor pada jam dinding sebagai tempat baterai terlihat berkarat. Jika hal itu terjadi bisa saja menjadi salah satu penyebab yang menjadikan jam dinding menjadi mati. Karat yang ada akan mengganggu koneksi antara batu baterai dengan konektor. (baca juga : cara membasmi gulma)

Untuk mengatasinya sebaiknya anda bersihkan karat tersebut terlebih dahulu agar konektor bisa bekerja kembali seperti sedia kala. Bersihkan pada kedua sisinya, kemudian jangan lupa lakukan pengelapan pada kedua kutub baterai sebelum dipasang kembali. (baca juga : cara memperbaiki genset)

Hal ini diperlukan untuk menghemat penggunaan baterai, yang sebenarnya masih bisa digunakan justru kebanyakan orang membuangnya karena tidak mau menyala akibat serpihan-serpihan karat yang menempel pada baterai tersebut. (baca juga : cara membersihkan akuarium)

Baca juga :

ads

3. Periksalah Bagian Roda Giginya

Bagian Roda Gigi jam dindingBagian roda gigi dijumpai pada kebanyakan kasus memang seringkali menjadi penyebab utama jam dinding tidak mau berjalan lagi alias mati. Bagian ini wajib anda periksa juga ketika anda menghadapi masalah dan gangguan pada jam dinding anda di rumah. (baca juga : tips memilih cat yang bagus untuk kamar tidur)

Gangguan pada bagian ini biasanya mengalami masalah karena adanya kawanan semut yang berhasil masuk ke bagian mesin dan memakan bagian-bagian dari roda gigi tersebut. Roda gigi pada jam dinding memang dirancang khusus dengan kondisi yang lentur dan ringan agar nyaman saat dipasang. Namun sifat tersebut justru dimanfaakan oleh semut karena memang kondisinya akan cepat rapuh. (baca juga : cara mengusir kelelawar di atap rumah)

Roda gigi ini terletak di bagian dalam mesin, jadi anda harus melakukan pembongkaran terlebih dahulu. Roda gigi kebanyakan terbuat dari bahan plastik yang seringkali menjadi tempat bersarangnya debu sehingga dapat mengakibatkan peforma dan kinerja dari jam dinding menjadi kurang baik (seringkali mati nyala dan bahkan bergerak melambat). (baca juga : cara menghilangkan bau lemari baru)

Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka anda bisa membersihkannya terlebih dahulu menggunakan kuas kecil dengan mengusap-usapkannya ke seluruh bagian dari roda gigi tersebut. Kemudian tiup-tiup dengan kencang untuk menerbangkan sisa-sisa debu yang masih menempel disela-sela roda gigi. (baca juga : warna cat rumah agar terlihat luas)

Selanjutnya untuk memaksimalkan kebersihannya, anda bisa melakukan pengelapan dengan menggunakan lap kering yang bersih. Cobalah rapikan kembali jam dinding tersebut dan pasang baterainya kembali. Lihatlah perbedaan kinerja dari jam dinding pada saat sebelum dan sesudah dibersihkan, apakah masih sering mati nyala atau tidak. ( baca juga : tips memilih kipas angin)

4. Mengganti Dengan Mesin Yang Baru

Apabila anda sudah mencoba semua cara namun masih saja jam dinding anda tidak dapat berfungsi dengan baik, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengganti total bagian mesin tersebut agar jam dinding anda sehat kembali. (baca juga : jenis bunga untuk taman)

Anda bisa membongkarnya terlebih dahulu, lepaskan semua bagian yang tertutup rapat oleh baut dengan menggunakan obeng satu persatu. Jangan lupa lepaskan juga bagian penutup depan yang biasanya dilapisi menggunakan kaca. (baca juga : cara membersihkan oven listrik)

Kemudian anda bisa melepaskan bagian jarum-jarumnya secara perlahan agar tidak patah. Bukalah bagian yang terpasang baut pada mesin. Letakkanlah jarum-jarum tersebut dan juga baut pada satu wadah agar tidak tercecer dimana-mana untuk memudahkan anda pada saat pemasangan kembali. Copot mesin jam dinding karena sudah tidak bisa digunakan lagi untuk diganti dengan yang baru. (baca juga : cara menghilangkan karat)

Untuk mendapatkan mesin jam dinding tidaklah sulit. Jam dinding banyak dijual di pasar dan toko-toko lainnya. Harga mesin jam dinding yang ditawarkan pun relatif sangat murah. Bahkan harganya tidak beda jauh dengan harga baterai. Kisaran harga antara 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah saja. (baca juga : cara memasang kwh meter)

Kebanyakan orang yang malas memperbaiki jam dinding yang mati langsung saja mengambil jalan pintas yakni mengganti mesin jam dinding dan baterainya, masalah dianggap selesai. Namun bagi mereka yang tekun dan ingin tahu terhadap persoalan baru, memilih untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu agar nantinya dapat ilmu baru dari permasalahan yang mereka hadapi. (baca juga : tips memilih genset)

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara memperbaiki jam dinding yang sudah saya jelaskan di atas mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi ketika anda mengalami kesulitan pada saat mencoba memperbaiki jam dinding anda sendiri di rumah. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai cara untuk memperbaiki jam dinding. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 10:13 Oleh :
Kategori : Perabot