Sponsors Link

6 Cara Memperbaiki DVD Player Dirumah Yang Rusak Dengan Mudah

Sponsors Link

Cara memperbaiki DVD bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan mudah, apabila anda mau mempelajari karakteristik dari DVD anda tersebut. DVD merupakan alat elektronik yang keberadaannya sekarang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya DVD, anda bisa terhibur dengan film-film dan juga musik yang anda putar. Daripada harus ke bioskop dan membayar lumayan mahal, DVD bisa menjadi solusi yang tepat bagi anda.

ads

Baca juga :

Cara Memperbaiki DVD

cara-memperbaiki-DVDPerawatan DVD merupakan salah satu cara untuk mencegah kerusakan sehingga perbaikan pun tidak perlu dilakukan. Jika perawatan dianggap remeh dan selalu diabaikan, maka DVD lama-kelamaan akan mengalami penurunan kinerja dan pada akhirnya membutuhkan suatu proses perbaikan. (baca juga : cara menjual rumah dengan cepat)

Untuk itu hal sepele seperti perawatan pun, seharusnya lebih diperhatikan untuk mencegah kerusakan-kerusakan parah yang bisa menimpa DVD anda di rumah. Misalnya saja debu, dengan banyaknya debu yang menempel, apalagi jika menempel pada tempat piringan CD, maka akan membuat kinerja CD menjadi tidak baik. Kemudian waktu penggunaan yang cukup lama karena seiring berjalannya waktu juga bisa mempengaruhi performa dan kinerja DVD anda. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki DVD. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : cara membeli tanah)

Berikut cara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat akan memperbaiki DVD anda di rumah secara mandiri, penjelasannya sebagai berikut :

1. Kerusakan Karena DVD Tidak Memunculkan Gambar Dan Suara Di TV

Pada umumnya jika ditemukan masalah semacam ini, kebanyakan orang menganggap bahwa bagian MPEG terjadi kerusakan sehingga gambar dan suara tidak lagi muncul saat di On kan. Tapi sebaiknya anda jangan terburu-buru terlebih dahulu menganggap bahwa MPEG nya benar-benar rusak. (baca juga : cara membeli rumah)

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian supply 5 volt nya. Gunakan alat tester untuk mengeceknya. Lepaskan socket supply 5 voltnya terlebih dahulu. Jika setelah anda cek dan pastikan ternyata masih bekerja secara normal, berarti bagian MPEG nya memang benar-benar rusak. Namun saat dicek ternyata voltasenya mengalami drop berarti kerusakan terjadi pada bagian IC nya. (baca juga : cara mengurus sertifikat tanah)

Untuk mengganti bagian IC, harganya masih terbilang terjangkau, namun untuk mengganti MPEG, anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Pasalnya harga MPEG lumayan mahal. Jadi disarankan jika terjadi kerusakan pada MPEG, sebaiknya belilah DVD yang baru saja, karena harga MPEG dan DVD baru tidak jauh berbeda. (baca juga : prosedur jual beli rumah)

Masalah seperti ini biasanya ditandai oleh bagian optik tidak memunculkan cahayanya. Bisa juga hanya terbaca kaset VCD saja, namun kaset DVD tidak bisa terbaca. Jika lebih parah lagi kedua-duanya tidak bisa terbaca. (baca juga : cara memasang cctv di rumah)

2. Kerusakan Yang Terjadi Karena Bagian Mekanik Tidak Mau Terbuka

Jika anda menghadapi masalah semacam ini, tindakan pertama yang perlu anda lakukan adalah mengecek pada bagian karet pada mekanik DVD. Karena bagian ini rentan mengalami kelonggaran sehingga menyebabkan sedikit gangguan. (baca juga : cara menata ruang tamu minimalis)

Penanganannya yakni dengan cara mengganti karet mekanik dengan yang baru. Kemudian kemungkinan lain yang bisa terjadi seperti halnya motor yang berfungsi untuk open dan closenya. Periksalah bagian switch limiter nya, biasanya pada bagian gearnya (roda gigi) terdapat ganjalan, entah karena debu yang menumpuk ataupun kotoran-kotoran lainnya. (baca juga : cara membuat surat tanah)

Selanjutnya anda bisa mencoba untuk membersihkannya terlebih dahulu. Lakukan pengecekan pada tombol open closenya, apakah masih bisa bekerja dengan baik. Selain itu karet juga perlu dilakukan pengecekan karena bagian ini sangat rentan terjadi pengendoran. Jika masih tidak bisa berfungsi coba ganti motor open close nya. Karena bagian ini yang menjadi komponen utama pergerakan buka dan tutup pada mekanik. (baca juga : cara memasang instalasi listrik rumah)

Sponsors Link

3. Kerusakan Yang Terjadi Karena DVD Lama Loading

Cara memperbaiki DVD pada masalah seperti ini biasa terjadi dan banyak dialami oleh masyarakat pada umumnya. Jika anda mengalami kesulitan seperti ini, maka hal yang pertama harus anda lakukan adalah menyalakan DVD tanpa adanya kepingan CD di dalamnya alias kosongan. (baca juga : cara memasang meteran listrik)

Tunggu beberapa saat, apabila muncul pemberitahuan pada layar televisi anda No Disc, berarti masih bisa bekerja dengan normal. Langkah selanjutnya yakni masukkan kepingan / kaset VCD ke dalamnya, dengarkan dengan seksama, apakah terdengar suara mekanik saat berputar dan juga kepingan / kaset VCD berputar dengan baik. Jika terdapat masalah berarti bagian mekaniknya memang mengalami kerusakan dan disarankan untuk segera diperbaiki. (baca juga :cara memasang saklar lampu)

Selanjutnya cek bagian optiknya. Perhatikan saat kepingan / kaset VCD dimasukkan apakah bagian optiknya mengeluarkan cahaya. Cahaya pada optik berfungsi mengambil data yang ada pada kepingan / kaset VCD. Jika tidak menyala berarti optik DVD anda mengalami kerusakan dan segera lakukan perbaikan. (baca juga : cara menghemat listrik)

Langkah terakhir adalah mengecek kondisi fisik dari kepingan / kaset VCD anda. Jika terdapat banyak debu segera bersihkan dengan menggunakan kapas yang lembut. Namun, jika terdapat goresan kemungkinan kepingan / kaset VCD anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Anda bisa mencobanya dengan kepingan / kaset VCD yang lainnya. (baca juga : cara menyambung kabel listrik)

Baca juga :

ads

4. Kerusakan Yang Terjadi Karena Power Supply Ataupun Regulator

Kerusakan seperti ini biasanya diawali dan ditandai dengan adanya gangguan pada player DVD terlebih dahulu dan disusul dengan kejadian mati totalnya DVD. Jika anda mengalami gangguan pada player DVD berarti anda harus siaga dan segera mengambil tindakan lebih cepat. (baca juga : cara pasang otomatis pompa air)

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek bagian voltase DVD anda. Karena jika salah satu bagian ini tidak berfungsi maka akan mengakibatkan komponen-komponen lain menjadi tidak bisa berfungsi dan bekerja dengan baik. (baca juga : cara membuat listrik tenaga surya)

Gunakan tester untuk membantu anda memastikan bagian voltase terjadi masalah atau tidak. Biasanya pada DVD terdapat  output seperti 5 volt dan juga 12 volt. Solusi yang tepat yang bisa anda pilih adalah mengganti bagian elco dan transistornya. (baca juga : cara memasang kabel listrik)

5. Kerusakan Yang Terjadi Pada Optik Dan Dinamo DVD Player

Masalah yang terjadi seperti ini bisa diatasi hanya dengan mengganti optiknya. Seiring berjalannya waktu lama kelamaan peformanya akan semakin meurun karena sering digunakan. Nah, untuk itu perawatan secara rutin pun perlu dilakukan untuk menjaga keawetan dari bagian optik. Cukup membersihkannya dari debu-debu yang menempel akan mengurangi tingkat kerusakannya. (baca juga : cara membasmi nyamuk)

Kerusakan pada bagian ini biasanya ditandai dengan hanya bisa terbaca kaset VCD saja, sedangkan kaset DVD tidak bisa terbaca, bisa juga kedua-duanya tidak terbaca semua. Kemudian pada bagian dinamo yang berfungsi memutar tidak berputar dengan baik, sebentar berputar lalu tiba-tiba berhenti. Bisa juga lampu yang ada pada optik tidak mengeluarkan cahaya. (baca juga : cara memperbaiki genset)

Selanjutnya untuk melakukan pengecekan terhadap peforma dan kinerja dari bagian dinamo anda bisa memanfaatkan alat yang bernama AVO meter. Sebelum melakukan pengecekan menggunakan alat ini sebaiknya anda harus memastikan terlebih dahulu dinamo tidak terdapat beban. (baca juga :cara merawat bunga)

Kondisi dinamo masih bagus ditandai dengan perputaran dinamo dan pergerakan jarum yang hanya sedikit, hal itu artinya dinamo masih bisa bekerja dengan baik. Sedangkan dinamo dalam kondisi melemah apabila ditandai dengan perputaran dinamo namun pergerakan jarumnya terlalu jauh. (baca juga : cara memperbaiki kulkas tidak dingin)

6. Kerusakan Yang Terjadi Pada AC Matic

Pada bagian ini jika terjadi kerusakan biasanya ditandai dengan ikut rusaknya bagian power supply dan juga regulatornya. Jadi anda juga harus mengecek kedua bagian tersebut untuk lebih memastikan lagi penyebab kerusakannya. (baca juga : cara membasmi laba laba)

Selanjutnya cek juga bagian elko-elko pada power supply. Jika memang terjadi kerusakan, anda bisa menggantinya dengan yang baru, karena bagian-bagian tersebut banyak dijual dipasaran secara bebas sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya. Untuk harga jika anda memutuskan mengganti bagian AC matic masih relatif terjangkau. Biasanya di pasaran pada umumnya hanya ditawarkan dengan kisaran harga dua puluh lima ribu rupiah sampai tiga puluh ribu rupiah. (cara memasang antena tv di rumah)

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara memperbaiki DVD di atas bisa anda jadikan sebagai bahan referensi bagi anda saat terjadi masalah pada DVD anda di rumah secara mandiri sehingga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Sampai disini dulu artikel kali ini yang membahas mengenai cara memperbaiki DVD. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 07th, July 2017 / 07:32 Oleh :
Kategori : Elektronik